Memiliki kulit yang bersih, mulus dan kinclong tentu menjadi dambaan banyak orang terutama para kaum hawa. Selain menjaga kesehatan kulit dari dalam melalui gaya hidup yang kamu jalani, tentu perawatan dari luar nggak kalah penting, dong. Beragam produk perawatan kulit yang sekarang beredar di pasar bisa jadi pilihanmu, tentunya fungsi dan kandungannya harus disesuaikan dengan jenis kulit kamu, ya.

Dari sekian banyak jenis produk perawatan kulit yang populer seperti pembersih wajah dan krim wajah, serum wajah juga sekarang kian diminati di Indonesia, lho. Terbukti dengan semakin banyak produsen kosmetik lokal Indonesia yang mengeluarkan serum-serum andalannya. Nah, di balik janji-janji manis iklan soal keampuhan serum wajah, sebenarnya serum itu beneran penting nggak sih dalam ritual kecantikan kamu? Ataukah hanya gimmick semata dan fungsinya sama aja dengan krim wajah? Biar nggak bingung, simak sampai habis ulasan Hipwee kali ini, ya!

Sebenarnya serum wajah itu apa sih?

Serum bisa jadi produk yang bikin kulitmu makin kinclong, lho! via intothegloss.com

Advertisement

Serum wajah adalah produk perawatan wajah yang digunakan setelah membersihkan wajah dan sebelum krim pelembap. Serum memiliki molekul yang jauh lebih kecil daripada molekul di pelembap wajah sehingga memungkinkan serum masuk lebih dalam ke pori-pori kulitmu sehingga bisa bekerja lebih efektif.

Faktanya, serum juga mengandung 10 kali lipat kandungan aktif daripada yang ada di pelembap wajah, jadi tentu bisa bekerja lebih optimal untuk merawat kulitmu. Teksturnya juga beragam, ada yang encer seperti air dan ada juga yang berupa minyak yang sedikit lebih  kental tapi tentu nggak sepekat minyak biasa, ya.

Kenapa sih serum penting banget buat ritual kecantikan kamu?

Serum membantu menutrisi kulit sehingga lebih lembab, sehat dan awet muda. via www.avoskinbeauty.com

Serum penting karena krim pelembap wajah biasa nggak bisa masuk lebih dalam daripada serum, jadi otomatis kerjanya nggak seoptimal serum ya. Tentunya agar serum bisa bekerja dengan efektif di wajahmu, kamu harus menggunakan serum yang kandungannya khusus ditargetkan untuk jenis kulitmu. Misalnya kalau berjerawat, kamu bisa menggunakan serum dengan bahan aktif vitamin C, retinol, zinc atau asam salisilat. Kalau kulitmu tipe kering, kamu bisa mencoba serum berbahan aktif vitamin E, niacinamide, glycolic acid dan hyaluronic acid.

Advertisement

Oh, ya serum yang ampuh nggak selalu mahal, kok. Syarat utama kalau mau dapat hasil yang oke dengan penggunaan serum adalah produk itu harus cocok sama kulit kamu dan penggunaannya harus telaten, karena semahal apapun kalau malas dipakai ya sama saja bohong. Meski produk berkualitas biasanya harganya memang relatif lebih mahal, tapi bukan berarti kamu harus beli serum super mahal sampai di luar bujet kamu demi hasil yang oke kok.

Bagaimana cara mengaplikasikan serum agar kamu mendapat hasil yang maksimal?

Menggunakan serum dengan benar dapat membantu serummu berfungsi dengan lebih optimal. via www.avoskinbeauty.com

Serum bisa kamu gunakan sehari sekali sampai dua kali sehari. Terlalu sering juga nggak baik karena kandungan serum kan sudah pekat banget, jadi sebaiknya dipakai secukupnya saja. Urutan pemakaian serum umumnya setelah membersihkan wajah lalu diikuti serum lalu diakhiri dengan krim wajah. Kenapa krim wajah tetap harus digunakan? Agar serum yang sudah masuk ke pori-pori terkunci di kulit, dilindungi oleh lapisan krim pelembapmu. Kulit yang kering wajib menggunakan serum karena serum yang terkunci di pori-pori bisa menghidrasi kulit dengan lebih baik ketimbang hanya menggunakan pelembap wajah saja.

Cara aplikasi serum di wajah simpel, kok. Dengan tangan yang bersih kamu bisa tap tap di beberapa bagian wajah lalu dengan gerakan ringan dan lembut, ratakan di kulit wajah dan lehermu. Jangan lupa untuk selalu mengusapkannya dengan lembut ke arah luar dan atas ya. Jangan terlalu keras atau kasar, biar kulitmu nggak rusak dan malah jadi cepat keriput.

Yang penting kamu ketahui, serum sebagus apapun nggak akan bekerja maksimal kalau sel-sel kulit mati dan kotoran menumpuk di kulit wajah karena hal tersebut akan menghambat penyerapannya ke kulit. Jadi kalau mau hasil serummu maksimal, jangan lupa scrub atau peeling dulu kulit kamu ya!

Apakah akan ada efek samping saat kamu pakai serum?

Serum yang cocok biasanya jarang menimbulkan efek negatif di kulitmu via www.beautyheaven.com.au

Seharusnya sih nggak ada ya karena produk yang cocok di kulitmu pasti nggak akan menimbulkan reaksi alergi atau semacamnya. Kecuali kamu menggunakan produk yang mengandung AHA atau BHA, seharusnya sih serum nggak menimbulkan rekasi negatif di kulitmu. Ingat, serum memiliki kandungan yang kaya sehingga zat aktifnya lebih kuat dibanding pelembap, sehingga penting buatmu untuk tes alergi dulu sebelum benar-benar menggunakan serum dalam rutinitas perawatan kulit harian kamu.

Nah, udah nggak bingung lagi kan, mau pakai serum atau nggak? Sebenarnya nggak wajib untuk menggunakan bermacam-macam langkah perawatan harian kok, demi kulit sehat. Cukup sesuaikan saja dengan bujet dan kebutuhan kulitmu. Tapi dengan penggunaan serum yang tepat, masalah kulitmu dapat teratasi dengan lebih baik mengingat kandungannya yang lebih kuat. Ingat, kulit yang terawat pasti akan lebih sehat dan awet muda. Selamat mencoba, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya