5 Tanda Kamu Salah Beli Sunscreen yang Berisiko Bikin Rusak Kulit

Berikut ini adalah kesalahan saat memilih sunscreen yang bisa bikin kulitmu bermasalah

Indonesia merupakan negara tropis yang diberkahi sinar matahari nyaris sepanjang tahun, sehingga tak bisa dimungkiri sunscreen merupakan hal yang harus dipakai setiap hari. Memakai perawatan wajah tersebut bisa melindungi kita dari sinar UV yang membuat kulit kusam, penuaan dini bahkan meningkatkan risiko kanker kulit.

Bisa dibilang sunscreen merupakan must have item yang perlu dimiliki semua orang, namun kamu juga perlu berhati-hati dalam memilih sunscreen yang tepat dan sesuai kebutuhan. Jangan sampai sunscreen bukannya melindungi malah membuat kondisi kulit menjadi buruk. Nah, berikut ini ada beberapa tanda-tanda yang bisa menjadi pengingat kalau-kalau kamu salah pilih sunscreen, apa saja itu?

1. Setelah memakai sunscreen kamu merasa wajah gatal dan juga terbakar. Bisa jadi kamu alergi atau iritasi dengan produk tersebut

Wajah gatal akibat alergi

Menggaruk wajah yang gatal / Credit: Medical News Today

Dilansir dari laman Klikdokter bahwa semua produk perawatan kulit bisa saja menimbulkan risiko alergi, termasuk diantaranya sunscreen.  Jika setelah mengoleskan sunscreen kamu merasa kulit wajah menjadi gatal dan timbul sensasi terbakar maka segera bilas produk tersebut dan jangan digunakan lagi. Bisa jadi kulit kamu mengalami reaksi alergi atau iritasi terhadap kandungan produk tersebut.

2. Kamu tetap mengalami sunburn, bahkan penuaan dini walaupun sudah memakai sunscreen. Bisa jadi kamu membutuhkan SPF dan PA yang lebih tinggi

Sunburn di wajah

Sunburn / Credit: Photo by Alexandr Podvalny from Pexels

Hal yang perlu diperhatikan pertama saat memilih sunscreen adalah kandungan SPF dan PA yang nantinya akan berperan banyak dalam melindungi kulit kamu. Kandungan SPF dan PA yang terlalu kecil tidak bisa melindungi kulit kamu secara maksimal.

Kandungan SPF yang terlalu rendah bisa membuat kulit wajah tidak terlindung dari sinar UV B yang membakar kulit. Sementara kandungan PA yang terlalu rendah juga tidak efektif menangkal penuaan dini karena pengaruh sinar UV A yang menerpa kulit. Sebaiknya, pilihlah sunscreen sesuai kebutuhan, kalau kamu banyak beraktivitas di luar ruangan maka pilih tabir surya dengan SPF 50+ PA+++  agar kulit terlindung dari UV A dan UV B.

3. Segera hentikan pemakaian sunscreen jika kulit malah menjadi bruntusan serta muncul jerawat dan komedo

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE