6 Teknik dan Aturan Penting Pakai Foundation. Hasil Rapi, No Belang Blentong~

Teknik memakai foundation

Salah satu benda kosmetik paling penting dan cukup tricky dalam dunia per-makeup-an adalah foundation. Beberapa hal perlu kamu perhatikan untuk menghasilkan riasan yang complexion seperti formula foundation yang sesuai dengan jenis kulit, tekstur, dan shade. Namun, nggak hanya soal produk saja, kamu juga harus tahu teknik pengaplikasian foundation atau alas bedak yang tepat.

Advertisement

Saat memakai foundation, kamu bisa menggunakan beberapa pilihan teknik sesuai kebutuhan dan produk yang kamu gunakan. sebab, nggak semua jenis foundation bisa diaplikasikan dengan teknik yang sama. Nah, supaya lebih paham, simak yuk bagaimana teknik mengaplikasikan foundation yang tepat. Cek yuk!

1. Menggunakan jari menjadi teknik yang paling banyak disukai karena praktis dan hasilnya natural, cocok untuk pemakaian sehari-hari

Menggunakan jari | Credit by Yan Kurkov on Pexels

Buat kamu yang senang menggunakan foundation tiap hari, teknik ini bisa kamu andalkan untuk menghasilkan makeup yang sangat natural. Jari akan membantu meratakan foundation secara terkontrol, sehingga hasilnya cukup tipis dan mudah meresap.

Sebelum menggunakan jari untuk mengaplikasikan foundation, jangan lupa cuci tangan dulu. Tuangkan foundation ke punggung tangan, kemudian ratakan dengan cara menepuk dan menekan foundation menggunakan jari. Jangan menggosok ya, karena akan membuat foundation justru nggak rata dan cakey.

Advertisement

2. Menggunakan beauty blender untuk menghasilkan riasan yang lembut, rata dengan ketebalan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Beauty blender | Credit by Beata Dudov on Pexels

Beauty blender banyak diandalkan untuk mengaplikasikan foundation cair karena hasilnya lebih halus dan mudah dilakukan oleh pemula sekali pun. Teknik ini juga membantu meratakan foundation hingga area yang sulit dijangkau, sehingga lebih rata. Perlu diingat, saat menggunakan teknik ini nggak boleh digosok pada kulit, cukup dipantulkan sembari ditekan perlahan.

Sebelum mengaplikasikan foundation, basahi dulu beauty blender dengan air, lalu peras. Kemudian tuangkan foundation ke punggung tangan, tekan sedikit demi sedikit dengan beauty blender lalu ratakan pada kulit wajah dengan cara menekannya. Jika ingin riasan natural, cukup pakai foundation sedikit saja, jika ingin tebal, maka pakai lebih banyak.

3. Menggunakan brush makeup yang halus untuk meratakan foundation dengan hasil yang rata dan cepat

Advertisement

Brush makeup | Credit by George Milton on Pexels

Selain beauty blender, kamu juga bisa menggunakan brush bedak untuk aplikasi foundation. Namun, brush sering meninggalkan bekas bulu yang rontok saat meratakan foundation, sehingga kamu harus memilih brush yang berkualitas dengan bulu sintetis yang lembut dan tipis. Sebab, bulu yang tebal bisa meninggalkan garis sehingga hasilnya kurang halus.

Saat menggunakan brush, aplikasikan foundation pada wajah berupa titik-titik kecil yang merata menggunakan jari, kemudian sapukan brush untuk meratakan foundation. Lakukan gerakan keluar dan sedikit memutar, tapi jangan terlalu menekan saat menggunakan brush.

4. Menggunakan stippling brush untuk hasil yang sempurna saat menggunakan foundation cair

Stippling brush | Credit by Bukalapak

Stippling brush merupakan jenis brush yang didesain khusus untuk mengaplikasikan foundation cair. teknik ini membuat hasil akhir yang sangat halus dan rata maksimal. Caranya sama dengan teknik brush biasa, hanya saja gerakan stippling brush lebih baik melingkar dan sedikit mengambang supaya lebih rata.

Sayangnya, teknik ini bisa mengeksfoliasi kulit secara ringan sehingga nggak direkomendasikan untuk kulit kering.

5. Menggunakan flat foundation brush, cukup aman untuk kulit kering membantu produk lebih cepat meresap dengan hasil yang rata

Flat foundation brush | Credit by Lazada

Flat foundation ini digunakan dengan cara mengarahkan produk dengan gerakan ke bawah untuk menghindari bekas garis. Kemudian gunakan sisi datar kuas untuk menepuk-nepuk foundation sehingga hasilnya lebih rata dan cepat meresap. Teknik ini cocok untuk mengaplikasikan foundation baik jenis cair maupun padat.

6. Menggunakan powder brush, jenis brush dengan bulu super lembut untuk hasil foundation super halus, rata, dan natural

Powder brush | Credit by Tokopedia

Jika kamu menggunakan foundation dengan cakupan yang sangat tinggi, tapi khawatir riasanmu jadi terlalu tebal, maka gunakanlah powder brush. Mengaplikasikan foundation dengan teknik ini akan membuat riasanmu tetap natural, halus dan rata sempurna. Gunakan powder brush dengan sapuan ke arah bawah dengan cepat untuk riasan yang sangat tipis dan menghindari hasil yang cakey.

Penggunaan teknik di atas bisa kamu sesuaikan sendiri dengan produk foundation yang kamu gunakan, serta hasil riasan yang kamu inginkan ya. Jadi nggak semua produk dan look yang diinginkan hasilnya bisa bagus dengan teknik yang sama. Selamat mencoba!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE