5 Macam Teknik untuk Mempercantik Alis Biar Sekece Punya Selebgram. Mau Coba yang Mana?

Teknik perawatan alis

Semenjak pandemi, kita jadi terbiasa untuk selalu menggunakan masker saat ke luar rumah. Memakai masker akan membuat sebagian wajah kita jadi tertutup dan kurang terekspos. Tapi, memakai masker bukan berarti bikin kamu jadi nggak bisa dandan kok. Kamu tetap bisa merias wajah dengan lebih mempertegas riasan di area mata mulai dari menggunakan eyeliner, eyeshadow, hingga eyebrow pencil. Pensil alis adalah salah satu produk makeup yang hampir pasti selalu digunakan para cewek ketika dandan.

Advertisement

Perlu diakui kalau menggambar alis memang membutuhkan kemampuan yang mumpuni supaya hasilnya natural dan simetris. Nah, buat kamu yang nggak pengin ribet, ternyata ada lo beberapa teknik membentuk alis yang bisa dicoba untuk mempercantik tampilan alis. Kira-kira apa saja, ya? Yuk langsung simak ulasan Hipwee Style berikut ini~

1. Pertama, kamu bisa coba teknik brow lamination dengan menggunakan plastic wrap untuk membungkus rambut alis

Photo via Pinterest – cupcakesandcashmere.com

Teknik mempercantik alis ini menggunakan metode laminasi yaitu menggunakan plastic wrap untuk membungkus rambut alis yang telah diberikan serum. Serum yang digunakan untuk teknik ini bersifat vegan karena terbuat dari bahan-bahan alami sehingga mampu menutrisi rambut dan membuatnya terlihat lebih halus, tebal, lembap, dan sehat. Teknik ini memberikan hasil yang natural, bahkan pemilik alis yang tipis bisa mengisi volume alis dan menata arah tumbuh rambut alis.

Bagi kamu yang berkeinginan untuk mengaplikasikan metode ini, kamu bisa melakukannya di klinik kecantikan. Bahkan, saat ini ada juga yang menjual beberapa produk brow lamination bagi kamu yang ingin melakukannya di rumah karena teknik perawatan ini dinilai sangat minim menimbulkan rasa sakit.

Advertisement

2. Teknik eyebrow embroidery dilakukan menggunakan jarum kecil dengan tinta. Teknik ini cukup populer dikalangan selebritas lo~

Photo by Anthony Shkraba from Pexels

Teknik ini lebih dikenal dengan nama sulam alis yang biasa dilakukan oleh kalangan selebritas. Eyebrow embroidery merupakan sebuah prosedur penambahan pigmen warna pada kulit sesuai dengan warna alami alis. Teknik ini dilakukan dengan mengisi titik-titik kosong pada alis untuk memberikan tampilan alis yang penuh namun tetap terlihat natural.

Pigmen warna hanya diaplikasikan pada jaringan kulit bagian terluar sehingga warna sulaman akan menghilang dalam kurun waktu tertentu. Proses pengerjaannya cukup aman karena sebelum disulam, alis akan diberikan krim khusus untuk menghilangkan rasa sakit. Tinta yang digunakan juga terbuat dari bahan-bahan organik serta nggak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

3. Ada juga teknik eyebrow microblading untuk menciptakan tampilan alis yang lebih halus dan tampak alami

Advertisement

Photo via Pinterest – opmakeup.com

Masih dengan teknik sulam alis, eyebrow microblading merupakan sebuah teknik menyulam alis menggunakan sebuah jarum yang kecil dan halus untuk menyimpan pigmen warna pada bagian alis. Kalau jarum pada teknik eyebrow embroidery hanya di lapisan luar saja, pada teknik microblading jarum bisa menembus hingga lapisan kulit kedua untuk memberikan hasil yang semi permanen.

Dilansir dari laman Cosmo, untuk gambaran sebelum melakukan prosedurnya, penata rambut alis akan menggambar alis sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan. Setelah itu, baru penata rambut alis akan mulai menyisipkan pigmen warna dengan jarum kecil dan halus. Setelah pemberian warna, warna alis akan terlihat lebih gelap dan lama-kelamaan akan memudar dan terlihat lebih alami. Prosedur kecantikan ini bisa bertahan selama 2 – 3 tahun lo!

4. Perawatan nanoblading menggunakan sebuah teknologi jarum berukuran nano dan hasilnya seperti rambut alis sebenarnya

Photo via Pinterest – healthline.com

Sama seperti prosedur sebelumnya, nanoblading juga merupakan bagian dari teknik sulam alis. Tapi, teknik ini memiliki sedikit perbedaan karena menggunakan teknologi ultra-fine nano needles atau menggunakan jarum yang berukuran sangat kecil yaitu 0,18 mm. Berkat ukurannya yang kecil dan sangat detail, jarum nanoblading bisa memberikan hasil alis yang menyerupai rambut alis asli.

Efek rasa sakitnya pun lebih minim dan proses pemulihannya lebih cepat. Teknik mempercantik alis ini juga cukup awet yaitu bisa bertahan hingga 2 – 3 tahun tanpa memerlukan retouch.

5. Terakhir, ada teknik eyebrow tattoo yang prinsipnya sama dengan melukis tato di bagian tubuh lainnya

Photo via Pinterest – freepik.com

Teknik tato pada bagian alis memiliki prinsip yang mirip dengan seni lukis tato yang biasa diaplikasikan ke tubuh. Teknik ini menggunakan jarum tato yang dilengkapi tinta dan dihubungkan ke sumber listrik. Dari semua teknik, teknik tato adalah metode perawatan alis yang paling menimbulkan rasa sakit dan membuat kulit di area alis akan luka dan berdarah.

Proses pemulihannya juga cenderung lebih lama karena kulit harus sembuh dari luka bekas tusukan jarum yang dalam. Hasil akhirnya juga dinilai terlalu gelap sehingga terlihat kurang alami.

Nah itu dia deretan metode atau teknik yang bisa dilakukan untuk mempercantik bentuk alis sesuai dengan keinginan. Kalau kamu tim pakai pensil alis atau sulam alis, nih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE