Urusan penampilan memang bisa tak sengaja menyita waktumu. Kadang, untuk mendapatkan penampilan yang pas kamu perlu waktu setengah sampai satu jam di depan kaca. Apalagi ketika kamu harus pergi ke acara yang mengharuskanmu tampil lebih rapi dari biasa.

Seringkali kamu pun masih akan direpotkan dengan hal-hal remeh seperti ritsleting celana yang rusak atau noda permen karet di rok. Nah, kalau kamu tak mau lagi ribet demi penampilanmu, tahukah kamu bahwa kamu bisa menerapkan trik-trik “curang” di bawah ini?

1. Saat memakai baju tertentu, tali bra milikmu akan mudah melorot. Daripada sibuk membetulkannya, selipkan saja tali itu di antara kancing jepret pakaianmu!

Mengatasi bra yang terlihat via www.listotic.com

Kamu pasti akan merasa risih jika tali bra yang melorot atau menonjol di pundak. Tampilanmu tak akan terkesan elegan atau rapi jika tali bramu sendiri tak bisa diatur. Nah, supaya kamu tak usah bolak-balik membenarkan tali ini ketika kamu memakai baju-baju tertentu, pasang saja kancing jepret (kancing tekan / kancing hak) di balik bagian pundak bajumu.

Cara memasangnya pun tidak sulit kok. Pasanglah kancing pada guntingan kain berukuran 5 cm x 1 cm di bagian bawah baju bagian pundakmu. Ketika kamu memakai baju ini, “kunci” saja tali bramu dengan kancing jepret. Dengan ini, tali itu akan aman di tempatnya dan kamu pun bisa pergi ke luar rumah dengan nyaman.

2. Manfaatkan cat semprot warna gold untuk membuat sepatu flat-mu jadi terlihat lebih mewah.

Advertisement

Percantik sepatumu dengan cara ini via www.listotic.com

Kamu bosan dengan sepatu flat polos tanpa hiasan? Sekarang kamu bisa membuatnya terlihat jadi lebih mewah dengan cat semprot berwarna emas. Pertama, tutupi bagian depan sepatumu dengan selotip besar (warna biru di gambar di atas). Setelah itu, semprotkan cat secara merata dengan jarak yang tidak terlalu dekat. Simsalabim, sepatu polosmu bisa terlihat lebih mewah dengan cara yang mudah! Berani coba?

3. Supaya kerah kaosmu tidak molor, belajarlah cara menggantung dengan hanger yang benar. Caranya, masukkan tanganmu ke kerah kaos itu.

Pasang hanger yang benar via www.listotic.com

Kaos memang jadi pakaian yang paling nyaman untuk digunakan. Bahkan dari kanak-kanak sampai remaja, kamu pun masih memakainya untuk tampil santai. Namun, seringkali kamu akan memuseumkan kaosmu karena kerahnya yang sudah molor. Gak jarang, hal ini disebabkan oleh cara memasang hanger yang salah. Nah, coba deh mulai sekarang pasang jemuranmu dengan benar. Pertama, masukkanlah bagian kerah baju ke tanganmu (gambar 1). Lalu ambil hanger dengan tangan yang sama (gambar 2), dan turunkan baju (3) hingga terpasang dengan pas di hanger (4). Dengan cara ini dijamin bajumu gak gampang rusak lagi.

4. Untuk mencegah ritsleting melorot, pasang saja ring seperti ini — ring yang sama yang dipakai di gantungan kunci.

Mengatasi  resleting celana yang sering mlorot via www.listotic.com

Masalah paling umum bagi mereka yang gemar memakai celana jeans adalah ritsletingnya yang sering molor. Sekarang kamu bisa mengatasi masalah ini dengan ring, yang biasanya digunakan untuk gantungan kunci. Pilihlah ring yang mempunyai diameter lebih besar dibanding kancing celanamu. Ring ini akan menghubungkan ritsletingmu dengan kancing celana. Dijamin gak ada acara ritsleting melorot lagi, dan kamu pun bisa lebih percaya diri.

5. Sepatu boot memang paling apik untuk tampil menarik. Tapi supaya rapi, lipat dulu jeans-mu seperti ini.

Cara yang tepat buat pake sepatu boot via www.listotic.com

Sepatu boot bisa jadi andalan untuk tampil menarik dan berbeda. Tapi gimana caranya supaya kamu bisa tetap tampil rapi dengan boot dan jeansmu? Nah, agar kamu bisa tampil lebih rapi, terapkan saja tips di atas. Pertama-tama kamu bisa lipat celanamu hingga mata kaki, lalu lipat lagi ke samping sesuai dengan ukuran kaki. “Kunci” lipatan celana ini dengan kaos kaki. Selesai!

6. Sulap juga sepatu kanvas kesayanganmu jadi anti air. Yang kamu butuhkan hanya lilin.

Cara agar sepatu canvasmu jadi anti air via www.listotic.com

Dilema bagi para pengguna sepatu kanvas adalah ketika hujan sepatu akan basah kuyup karena air yang tembus ke dalam sepatu. Jadi gak heran kamu akan menyimpan sepatu kanvasmu di rak saat sedang musim hujan. Tapi eits, tunggu dulu. Sekarang kamu bisa menyulap sepatu kanvasmu menjadi sepatu anti air yang bisa kamu andalkan saat musim hujan tiba.

Caranya gampang kok, kamu hanya cukup mengoleskan beeswax atau lilin yang terbuat dari madu ke seluruh permukaan sepatumu. Setelah itu, hair dryer sepatumu agar lapisan lilinnya bisa lebih meresap. Tunggulah hingga 5 menit dan sepatumu siap melindungi kaki dari cipratan air.

Tenang, meski beeswax masih susah ditemui di supermarket terdekat, kamu bisa mendapatkan produk ini melalui pembelian online. Nah, mau coba? Yang jelas lilin ini gak akan mengubah warna sepatumu kok.

7. Hanya dengan sekantong air putih kamu bisa menjaga bentuk sepatu cantikmu sampai kapanmu.

Cara biar sepatu tetap bagus saat disimpan di rak via www.listotic.com

Selain urusan pakaian, sepatu juga menjadi item penting untuk menunjang penampilan. Jadi gak jarang kamu juga akan mengoleksi sepatu cantik di lemari. Sampai-sampai kamu bingung kapan akan memakainya. Nah, mulai sekarang kamu bisa menyimpan sepatu dengan cara yang tepat agar bentuk sepatumu tetap indah dan pas di kaki seperti saat membelinya. Caranya kamu hanya cukup meletakkan seplastik air putih ke dalam sepatumu. Benda ini akan membantu sepatumu untuk tetap dalam bentuk yang fit selama dalam penyimpanan. Tapi, pastikan plastik airmu gak akan bocor ya.

8. Daripada membuang energi untuk marah saat celana kena permen karet, bergegaslah ambil es batu di kulkas.

Cara membersihkan celana dan permen karet via www.listotic.com

Permen karet yang tertempel di kursi memang bisa membuat mood jadi jelek. Bahkan mungkin kamu harus rela merelakan celana kesayanganmu pensiun hanya gara-gara bekas permen karet yang tidak hilang-hilang setelah berkali-kali dicuci. Nah, sekarang kamu bisa hidup tenang dan ceria walau celanamu gak sengaja menduduki permen karet. Caranya sederhana banget kok. Oleskan saja es batu beberapa saat pada permen karet bekas yang menempel. Lama-kelamaan, permen karet akan terlepas dengan sendirinya. Jika masih ada sisa-sisa yang masih susah untuk dibersihkan, maka kamu bisa gunakan pisau untuk melepas noda yang masih tertempel. Jadi, sekarang kamu gak perlu lagi merasa sial ya jika sudah menemukan solusi seperti ini.

9. Tutup kaleng soda yang selama ini dipatahkan atau dibuang ternyata bisa kamu manfaatkan agar baju-bajumu gak berantakan.

Hanger mu habis, pake saja tutup botol soda via www.listotic.com

Koleksi baju yang semakin banyak sementara luas lemarimu segitu-segitu saja memang kadang menjadi dilema. Padahal kamu bisa memanfaatkan tutup botol soda yang biasanya kamu buang begitu saja. Kamu hanya perlu memasukkan tutup kaleng soda pada tangkai hanger. Setelah itu barulah kamu pasang hanger di lubang tutup kaleng soda yang menggantung. Dengan ini, satu hanger bisa menggantung dua pakaian sekaligus.

Tutup kaleng cukup kuat kok untuk menahan beban satu pakaian. Dengan cara ini maka pakaian akan tetap tersimpan rapi di lemari. Sederhana tapi banyak manfaatnya, ya?

10. Kamu penggemar kaos untuk sehari-hari? Pastikan kaosmu tersimpan seperti ini supaya kamu tak perlu repot menariknya dari lemari.

Cara yang tepat buat merapikan kaos di lemari via www.listotic.com

Punya banyak pakaian memang menyenangkan, tapi gak jarang kamu akan menjadi repot mencari pakaian yang kamu inginkan diantara banyak pilihan. Apalagi saat tempat penyimpanan bajumu berbentuk seperti laci. Sekarang kamu coba tips yang Hipwee berikan. Caranya mudah kok, pertama-tama kamu lipat bajumu secara simetris vertikal, lalu lipat bagian lengan ke dalam. Setelah itu, lipat lagi secara horizontal dan bajumu siap disimpan di laci. Selanjutnya kamu coba menata koleksi kaosmu dengan posisi vertikal. Nah, dengan cara ini kaosmu bisa tersimpan dengan rapi dan kamu juga bisa lebih gampang menarik kaos kesayangan dari lemari.

11. Bukan hanya skripsi yang bisa punya aturan, melipat lengan baju juga ada aturannya lho.

Kalau kamu mau melipat kemejali via www.listotic.com

Tampil rapi dan cantik memang gak melulu harus pakai gaun yang indah. Tapi kamu juga bisa tampil menarik dengan setelan kemeja dan celana jeans lho. Tapi kamu perlu menaati aturan melipat lengan jika ingin tetap bisa tampil menarik secara maksimal. Pertama-tama, buka kancing lengan kemejamu, lalu lipat hingga 3/4 bagian. Setelah itu, baru kamu lipat lagi hingga lenganmu mencapai siku. Nah, dengan taat aturan ini, dijamin lipatan lengamu gak akan lagi berantakan ketika tanganmu harus aktif bergerak.

12. Manfaatkan celana jeans yang sudah sobek untuk menyalurkan kreativitas. Dengan kain motif di sela sobekan celana, penampilanmu justru akan tampak manis.

Mengatasi celana jeans yang sobek via www.listotic.com

Celana jeans yang sobek memang lebih keren. Tapi gak jarang kamu merasa kurang percaya diri untuk memakainya, karena menganggap gaya ini “nggak kamu banget”. Sekarang, tanpat perlu ragu lagi, kamu bisa manfaatkan kain perca bermotif untuk mempercantik celanamu. Caranya mudah kok, kamu hanya perlu memasang kain motifmu di dalam celana jeans dengan jenis tusuk jeruji. Jahitlah dengan membentuk pola bintang. Dengan cara ini, celana sobekmu justru akan terlihat lebih manis!

Sama halnya soal dandanan, gak jarang penampilanmu bisa lebih apik saat kamu mengatasi cela pada hal-hal yang sepele. Maka tips dan trik ini bisa kamu aplikasikan agar urusan berpakaianmu bisa lebih, aman, nyaman, dan menyenangkan. Selamat mencoba ya!