Tips pakai bergo sesuai bentuk wajah

Zaman sekarang, hijab sudah sangat variatif macamnya. Mulai dari hijab segiempat, pasmina, segitiga, rajut, dan banyak lagi model lainnya. Nah, ada satu lagi macam hijab yang langsung tinggal pakai, yakni bergo alias hijab instan. Bukan cuma dipakai saat santai, kini bergo sudah dikreasi menjadi berbagai model yang beragam. Bahkan gaya hijab bertumpuk yang biasanya menggunakan hijab segiempat atau pasmina pun sudah dibikin kreasinya menjadi bergo. Jadi, kamu nggak perlu ribet lagi pasang jarum ini itu, tinggal pakai, langsung kece.

Nah, biar makin cantik lagi, baiknya sesuaikan bergo yang kamu pakai dengan bentuk wajahmu. Jangan bingung, Hipwee sudah sediakan panduannya khusus buatmu.

1. Wajah persegi: tarik bergo ke depan hingga menutupi sebagian pipi untuk memberi kesan oval pada wajah

majukan ke depan sampai ke dagu via id.pinterest.com

Advertisement

Karakter wajah persegi biasanya ditandai dengan bentuk rahang dan tulang pipi yang tegas. Selain itu, panjang dan lebar dahi juga relatif sama. Nah, untuk menyamarkan bentuk rahang yang tegas, kamu bisa tarik maju bergomu hingga menutupi sebagian pipi. Cara ini akan memberikan kesan wajah menjadi lebih oval. Model bergo loose yang dibiarkan menjuntai di bagian sisi wajahnya juga bisa jadi pilihan untuk membantu menyamarkan tulang rahang yang tegas terlihat.

2. Wajah bulat: pilih bergo yang memiliki pad cukup panjang hingga menyentuh rahang, atau dengan menarik bergo hingga menutupi sebagian pipi

pilih yang pad-nya panjang via id.pinterest.com

Saat gunakan bergo, usahakan dimulai dari garis rambut bagian atas dahi kemudian menutup daerah tulang pipi dan berakhir di area dagu. Hindari menggunakan inner ataupun ciput apalagi yang memotong di bagian dahi karena justru bikin wajahmu makin habis. Sebagai variasi, kamu pun bisa kenakan model bergo yang longgar atau dibiarkan jatuh di bagian sisi wajah agar pipimu yang chubby lebih tertutupi.

3. Wajah oval: lebih leluasa pakai bergo model apa saja

cocok pakai model apapun via hipwee.com

Wajah oval punya keistimewaan tersendiri. Jarak dahi, rahang, pelipis, panjang dagu, pipi, semuanya terlihat proposional. Karenanya, kamu bisa menggunakan berbagai macam model bergo. Tinggal sesuaikan saja warna dan motifnya agar lebih senada dengan busana yang kamu pakai, ya!

4. Wajah panjang: sebaiknya hindari pemakaian jilbab yang ditarik ke depan menutupi pipi dan rahang karena akan menambah panjang

pakai ciput dan agak memajukan pad ke depan via id.pinterest.com

Advertisement

Jika kamu punya dahi yang tinggi atau panjang dagu lebih dominan, cobalah menarik pad-nya agak turun ke dahi sehingga memotong beberapa panjang wajahmu. Kamu bisa gunakan inner untuk memberi kesan wajah yang lebih penuh. Sebelumnya, cepol rambut agar kepala terlihat bervolume, tapi jangan terlalu tinggi. Selain itu, kamu juga bisa pilih bergo dengan kerutan di sisi kepala untuk menciptakan ilusi lebar pada wajah.

Sebenarnya memakai bergo apapun sesuai keinginan sah-sah saja. Namun, alangkah lebih baik jika kamu mengenal kelebihan dan kekurangan termasuk juga bentuk wajah yang kamu miliki. Lalu sesuaikan dengan outfit yang akan dipakai nantinya. Selamat mencoba bergomu, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya