Tutorial Clean Makeup Look yang Viral di TikTok

tutorial clean makeup look

Tren ‘no makeup’ yang natural kini semakin digemari oleh sebagian besar orang. Setelah glass skin dan mochi skin yang bikin kulit tampak bening dan kenyal, kini muncul istilah clean makeup look yang pastinya bisa banget untuk dicoba.

Advertisement

Clean makeup look bisa dibilang sebagai riasan yang membuat wajah tampak glowing dan sangat natural. Membuat wajah terlihat segar dan alami tanpa terkesan berat maupun tebal karena bedak yang terlalu banyak.

Tentunya makeup ini bisa didapat dengan pemilihan dan cara pengaplikasian produk yang tepat. Nah, berikut ini tutorial clean makeup look!

1. Gunakan skincare dan perbanyak pelembab

tutorial clean makeup look

Wajib skincare-an sebelum make-up / Credit: Photo by Sora Shimazaki from Pexels

Sebenarnya mau make-up model apapun skincare nggak boleh ketinggalan. Termasuk di antaranya, pelembab dan juga tabir surya.

Advertisement

Selain itu, salah satu kunci dari makeup clean look juga ada pada penggunaan moisturizer yang banyak sehingga wajah tampak segar dan lembab. Setelah itu, kunci skincare menggunakan primer untuk mendapatkan hasil yang smooth dan tidak cakey.

2. Pakai tinted moisturizer 

tutorial clean makeup look

Credit: Photo by Ron Lach from Pexels

Tinted moisturizer atau dikenal pula dengan istilah pelembap berwarna mempunyai formula yang lebih ringan dibandingkan foundation dan BB cream. Kamu akan mendapatkan hasil yang natural menggunakan produk tersebut.

Advertisement

Namun, apabila kulit kamu memang sangat berminyak maka kamu bisa menggunakan  foundation maupun BB Cream. Nggak perlu terlalu tebal agar hasilnya natural dan pastikan pilih yang memiliki hasil akhir lembab atau dewy ya!

3. Pakai contour wajah dengan teknik lifting 

Teknik ini bisa membuat wajahmu tampak lebih naik, dengan mengaplikasikan concealer pada inner maupun outer corner bagian mata, tengah dahi, sepanjang tulang hidung, bagian tengah dagu, serta di bawah tulang pipi.

Selain itu, aplikasikan contour stick atau cream di daerah atas dahi dekat anak rambut, bawah tulang pipi, serta di sisi-sisi hidung agar tampak lebih mancung.

4. Pilih blush on dan highlighter berbentuk cream

Agar penampilan terkesan alami, gunakan blush on dengan tekstur cream. Begitu juga dengan contour yang berfungsi membentuk wajah.

Nggak ketinggalan aplikasikan blush-on secukupnya agar wajah berseri. Jangan lupa pakaikan highlighter di bagian dahi, tulang hidung, dagu, tulang pipi.

5. Jangan ketinggalan, maskara untuk riasan mata

tutorial clean makeup look

Gunakan maskara yang buat bulu mata tampak panjang / Credit: Ipsy

Bulu mata yang panjang dan tegak berdiri bisa mempercantik clean look kamu lo. Jepit bulu mata dan pakai sedikit maskara agar terlihat lebih natural. Tahap ini berfungsi menampilkan kesan mata terlihat lebih hidup.

Kamu juga bisa tambahkan riasan mata seperti eye shadow namun pilih yang berwarna natural.

6. Buat alis menjadi alami dan brushy menggunakan brow gel

tutorial clean makeup look

alis yang fluffy atau brushy / Credit: Eyeko

Pertegas bentuk alis dengan eyebrow pencil. Pastikan kamu tidak menekan eyebrow pencil terlalu keras agar warnanya tetap natural dan samar. Setelah itu aplikasikan brow gel pada alis agar alis, sisir ke arah atas dan pastikan alis tampak natural dan brushy. 

7. Lipgloss bisa membuat bibir tampak lembab

tutorial clean makeup look

Credit: Photo by ANTONI SHKRABA from Pexels

Kamu bisa langsung mengaplikasikan lip gloss di bibir. Namun kalau ingin warna bibir lebih rata kamu bisa memakai lipstik berwarna natural terlebih dulu. Pastikan jangan kelupaan pakai pelembab bibir~

8. Terakhir, wajib pakai model rambut slick

Ikat rambut ke arah belakang untuk membuat gaya rambut slick yang rapi dan klimis. Kamu juga bisa menggunakan sedikit hair oil untuk merapikan anak rambut dan membuat rambut keseluruhan terlihat lebih rapi, halus, dan mudah diatur.

Menggunakan step-step di atas maka kamu bisa tampil dengan gaya clean look yang glowing, alami dan berseri. Kuncinya adalah pastikan wajah terlihat lembab dan jangan gunakan terlalu banyak warna untuk riasan.

Penampilan ini cocok jika dilengkapi dengan penampilan busana yang rapi agar kesan “clean” lebih terasa. Selamat mencoba!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE