4 Hal Penting Saat Belanja Produk Kecantikan di Online Shop. Jangan Sampai Beli yang Palsu!

trik belanja makeup dan skincare

Beli barang-barang seperti skincare dan make up secara online memang gampang, tapi di sisi lain juga bisa berisiko. Hanya dengan berselancar di internet, pembeli bisa mendapatkan barang yang diinginkan. Namun, transaksi online juga memiliki sisi ‘gelap’ yang perlu diwaspadai.  Pembeli nggak bisa memastikan langsung barang yang diincar. Kalau nggak waspada, pembeli bisa saja membeli barang palsu.

Advertisement

Kasus penipuan secara online itu memang ada dan nyata lo. Tak sedikit orang yang tertipu ketika membeli produk perawatan kulit dan kecantikan. Alhasil mereka harus menelan kecewa lantaran menerima produk palsu. Padahal mereka sudah mengeluarkan bujet yang tentunya tak sedikit. Nah, sebaiknya kamu perhatikan 4 hal ini saat membeli produk seperti skincare dan make up di toko online. 

Telusuri riwayat toko online terlebih dahulu ya. Pastikan punya reputasi yang baik dan terpercaya

Cara belanja skincare online | Preis_King on Pixabay

Semakin hari semakin banyak toko online yang menjual produk kecantikan dan perawatnan kulit. Sebagai calon pembeli, kamu pun dituntut untuk lebih berhati-hati lagi. Sebelum membeli skincare atau make up incaran, pastikan dulu toko online-nya memang terpercaya. Cara termudah, lihat hasil pencarian toko online tersebut di internet. Di zaman serba digital seperti sekarang, rekam jejak toko online bisa ditelusuri dengan gampang. Baca ulasan dari pembeli, media massa, dan informasi lainnya.

Jika sudah menemukan toko online yang tepat, selanjutnya pahami betul produk yang bakal kamu beli

Credit: Photo by Kindel Media from Pexels

Kunci utama membeli produk secara online adalah tidak terburu-buru. Meskipun kamu sudah menemukan toko online yang tepat dengan reputasi baik, usahakan tidak membeli barang dulu. Sebaiknya, kenali da pahami produk yang akan dibeli. Mulai dari merek, nama, kemasan, bentuk, dan harganya. Salah satu trik penipu menjebak pembeli adalah dengan menawarkan harga super murah dan sering kali jauh dari harga pasar. Jika menemukan harga skincare atau make up sangat murah, bahkan terlalu murah… maka kamu patut waspada. Bisa jadi barang tersebut palsu.

Advertisement

Agar nggak terkecoh dengan barang tiruan, siasati dengan cara ini

Perhatikan deskripsi produk | Ben Rose on Flickr

Selain membandingkan harga, pastikan betul barang dan nama produk skincare atau make up yang kamu suka. Saat ini, banyak produk tiruan dengan nama dan bentuk yang mirip sekali dengan produk asli. Jadi, kamu harus ekstra hati-hati supaya nggak gampang dikelabui. Perhatikan nama produk dan kemasan dari foto yang dipampang oleh toko online. Selain itu, baca deskripsi produk dengan cermat. Pastikan deskirpsinya sama dengan deskripsi produk asli dari toko resmi.

Jangan lupa baca ulasan dan testimoni dari pembeli. Cara ini ampuh banget mengidentifikasi  toko online yang bagus dan tidak

Baca ulasan pembeli | Mohamed Hassan on Pxhere

Tips selanjutnya ini dianggap cukup efektif untuk memastikan reputasi toko online. Jadi, baca ulasan dan testimoni pembeli. Dari ulasan mereka, kamu bisa menentukan toko online tersebut memang bagus atau tidak. Pun kamu bisa mengetahui alasan pembeli merasa puas atau malah kecewa. Agar tak tertipu ulasan palsu, cek user tiap pembeli yang memberi ulasan. Setelah mengikuti cara pertama sampai keempat ini, kamu bisa membeli skincare atau make up.

Cara ini mungkin sedikit rumit dan lama namun nggak ada ruginya mengikuti cara ini daripada rugi karena beli barang palsu. Walaupun belanja online memang menggiurkan dengan sisi praktisnya, tapi kamu harus tetap jeli, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE