Sebagai manusia yang tinggal di daerah tropis, memiliki kulit berminyak itu serba salah. Ketika baru dandan, wajahnya terlihat cerah bersinar bak bidadari. Namun begitu lewat tiga sampai empat jam, keindahan dandanan kamu lekas berubah menjadi lunturan gemerlap minyak di wajah. Iyuhhh. Salah perawatan sedikit saja, jerawat bisa langsung timbul. Belum lagi masalah cepat kusam dan komedo. Rasanya pengen banting-banting muka sendiri.

Eit, jangan buru-buru dibanting itu mukanya. Kalau ditelisik lagi, sebetulnya banyak lho keuntungan memiliki kulit tipe berminyak. Salah satunya adalah terlihat relatif lebih awet muda ketimbang pemilik kulit kering. Keuntungan lainnya adalah jarang memiliki noda-noda menggelap. Nah kan, bersyukurlah kamu pemilik kulit berminyak. Untuk memaksimalkan potensi kulitmu yang berminyak itu, Hipwee sajikan tips-tips di bawah ini agar sinar wajahmu makin memancar.

1. Kulit kamu kan sudah berminyak, maka dari itu, pakailah produk perawatan kulit yang bebas minyak atau ada tulisan ‘oil free‘ di kemasannya.

Pilih produk oil free formula via www.beautyfluff.com

Produk perawatan kulit yang oil free maksudnya adalah bebas dari komposisi minyak yang dapat menambah keadaan minyak di kulit. Biasanya produk ini dibuat dengan bahan dasar air yang lebih nyaman di kulit berminyak. Coba deh, sebelum kamu memutuskan membeli produk perawatan kulit, dicek dulu komposisinya. Kalau ada istilah ‘oil-oil’ sebaiknya kamu urungkan untuk beli. Ganti saja dengan produk lain yang berbahan dasar air.

2. Supaya mudah menghapus minyak berlebih di wajah, sediakan selalu kertas minyak / blotting paper untuk menunjang aktifitasmu sehari-hari.

Hapus minyak berlebih di wajah dengan blotting paper via www.playbuzz.com

Advertisement

Kertas minyak di sini bukanlah kertas pembungkus gado-gado atau nasi padang lho, Girls. Melainkan sebuah kertas berukuran mini yang berfungsi untuk menyerap minyak berlebih di wajah. Cara pakainya gampang banget, tinggal ditempel sambil ditekan lembut ke bagian kulit yang berminyak. Contohnya bagian hidung, pipi, dan dahi. Ajaibnya, kertas minyak ini cuman mengangkat minyak saja tanpa mengangkat makeup kamu, Girls. Bentuknya yang mini pun bisa dengan mudah kamu bawa kemana-mana.

3. Minyak di wajah membuat debu dan radikal bebas mudah menempel. Jangan lupa untuk memersihkan wajah setiap hari ya.

Fresh and lovely woman washing her face via naughtyaccessories.co.id

Kamu pernah melihat bagaimana minyak goreng membuat lengket makanan? Nah, begitu pula dengan minyak di wajah. Ketika kulit terkena debu, ditambah dengan banyaknya minyak di wajah, maka minyak itu turut berperan untuk ‘melekatkan’ debu-debu itu dengan kulit dan pori-pori. Coba kamu bayangkan betapa kotornya kulit wajah berminyak yang seharian nggak dibersihkan? Ada berapa ton kotoran yang berhasil masuk ke pori-pori? Hyiii. Nah, makannya, jangan lupa bersihkan wajah kamu setiap hari dengan teknik pembersihan yang benar ya.

4. Kulit berminyakmu tetap membutuhkan nutrisi agar selalu sehat. Untuk itu, selalu gunakan pelembap yang cocok untukmu.

Skincare. Woman taking care of her dry complexion. Moisturizing cream in female hands isolated. Beauty treatment. via www.tesetturgiyim.com

Kulit berminyak tak butuh pelembap karena sudah lembap? Siapa bilang. Minyak pada wajah tidak memiliki nutrisi-nutrisi pelembap, anti oksidan, dan zat-zat perawat kulit seperti halnya pelembap. Kulitmu yang berminyak itu tetap butuh nutrisi dan pelembap. Pilih pelembap yang bebas minyak dan menyegarkan kulit. Pakailah setiap hari.

5. Hindari produk makeup yang menghambat pori-pori. Daripada pakai bedak padat, coba bedak tabur sajalah.

Pilih bedak tabur yang lebih ramah di kulit berminyak via www.vogue.in

Bedak tabur itu resikonya lebih sedikit untuk menyumbat pori-pori. Namanya kulit berminyak, biasanya pori-porinya cukup besar. Untuk itu hal-hal yang memungkinkan si debu-debu bisa masuk ke pori-pori harus dihindari. Salah satunya adalah menggunakan bedak tabur. Bedak selain tabur, misalnya yang bertekstur padat cenderung lebih mudah menghambat pori-pori dan rentan menimbulkan jerawat.

6. Jangan lupakan sunblock, yaitu produk yang punya kemampuan melindungi kulit dari sinar matahari.

Pilih sunblock via beautynesia.id

Nah, ini adalah trik perawatan kulit yang nggak cuman berlaku untuk si pemilik kulit berminyak saja. Tetapi juga untuk semua kulit yang gemar pergi ke matahari. Pakai sunblock itu investasi jangka panjang lho. Kalau kamu tak membiasakan melindungi kulitmu sedari muda. Terimalah resiko noda gelap, keriput dini dan seabrek problem kulit ketika tua nanti. Nah, untuk memperlambat itu semua, biasakan memakai sunblock yuk.

7. Kamu yang hobi membuat DIY masker. Cobalah masker dari bahan alami ini. Selain rawat kulit berminyak, juga mencegah timbulnya jerawat.

Siapkan bahan-bahan dapur ini via id.pinterest.com

Kamu bisa gunakan bahan-bahan dapur untuk merawat kulitmu lho. Ambil saja 1 bagian madu, 1 bagian bubuk kunyit, 1 bagian bubuk kayu manis, dan 3 bagian tepung beras. Kemudian dicampur dan pakailah sebagai masker. Bilas masker setelah 10 menit. Kulit kamu akan ternutrisi seketika. Jerawat juga mudah kering. Pakailah seminggu 2 kali. Cobalah.

8. Ada lho, trik makeup yang justru memperlihatkan kulit berminyak alami. Namanya dewy look. Mau coba?

Dewy look via id.pinterest.com

Sudah desperate dengan kulit berminyak kamu? Kenapa tidak terima apa adanya saja. Salah satunya adalah mencoba teknik makeup dewy look ini. Terlihat segar dan mengilap alami. Kamu bisa menggunakan ‘minyak’ alami wajahmu untuk mendapatkan look seperti ini lho, Girls. Tetap cantik meskipun kulit berminyak.

Siap dengan pancaran kecantikan kulit berminyakmu?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya