Kebanyakan dari kita tidak memperhatikan tanggal kadaluarsa saat menggunakan berbagai produk makeup dan kecantikan. Padahal ini juga wajib kamu perhatikan, lho. Salah-salah bukannya wajah cantik yang didapat, tapi masalah kulit maupun kesehatan yang dapat mengganggu penampilan, Karena menggunakan makeup yang sudah kadaluarsa bisa saja membuat kulit iritasi, breakout jerawat, alergi, bahkan kulit yang melepuh. Hal ini karena kandungan pada makeup yang kadaluarsa sudah menjadi beracun dan sudah terkontaminasi oleh banyak bakteri.

Untuk menghindari hal ini, ada baiknya kamu ketahui berapa lama makeup kesayanganmu bisa dipakai. Yuk, simak info dari Hipwee berikut ini!

1. Untuk foundation cair maupun concealer kamu memang bisa memakainya cukup lama, namun perhatikan juga caramu menyimpannya

Perhatikan kadaluarsa foundationmu

Perhatikan kadaluarsa foundationmu via oliviawantstosayhello.blogspot.com

Advertisement

Pelapis kulit wajah yang satu ini, memang sangat populer digunakan jika kamu memakai makeup. Umur pemakaiannya pun terbilang cukup lama, yaitu 2 tahun. Namun memang harus diperhatikan betul bagaimana cara penyimpanannya. Hindari sinar matahari langsung agar foundation dan concealer milikmu akan lebih tahan lama. Kamu harus membuang foundationmu jika mulai berubah warna menjadi pudar dan lebih cerah, serta berbau tidak enak. Jangan ambil resiko kulitmu mengalami iritasi, gatal, atau kemerahan hanya demi menghemat uang ya, girls.

2. Maskara dan eyeliner cair selalu kamu pakai sehari-hari. Tapi jangan sampai memakai alat yang sama lebih dari 3-4 bulan, agar matamu tak bengkak dan iritasi

Maskara dan eyeliner

Maskara dan eyeliner via weheartit.com

Tahukah kamu bahwa bahaya bisa saja datang dari produk makeup favorit kita ini? Pemakaian maskara dan eyeliner yang sudah kadaluarsa bisa membuat mata kita mengalami iritasi dan bengkak. Kalau udah soal urusan kesehatan terutama mata, lebih baik berhati-hati ya, girls. Pastikan kamu tidak memakai maskara atau eyeliner cair maupun gel lebih dari 3-4 bulan, hal ini karena memang maskara dan eyeliner sangat rentan terkena bakteri karena seringnya pemakaian dan karena mengaplikasiannya yang memudahkan bakteri untuk hinggap. Segera ganti maskara dan eyelinermu dengan yang baru jika sudah berbau menyengat dan mudah menggumpal.

3. Segala yang berbentuk powder atau cake seperti eyeshadow, blush on, bedak tabur, dan bedak padat bisa kamu pakai dalam waktu 2 tahun

Kamu bisa lama menikmati manfaat kosmetik ini sampai habis

Kamu bisa lama menikmati manfaat kosmetik ini sampai habis via olsztyn.naszemiasto.pl

Memang cukup lama jangka waktu pemakaian berbagai produk kosmetik seperti eyeshadow, blush on, bedak tabur, maupun bedak padat. Namun jika kamu jarang memakainya, tetap saja jangka waktu ini tetap berlaku untuk kosmetik yang kamu simpan itu. Jika produk kosmetik tersebut yang kamu puna sudah menunjukan tanda-tanda terlihat lebih kering dan pecah-pecah, segera gantu kosmetikmu dengan yang baru. Hal ini untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit wajahmu yang bisa menyebabkan perih, gatal, dan kemerahan. Karena bakteri yang sudah bersarang pada kosmetik kadaluarsa sudah banyak, bisa juga menimbulkan breakout seperti jerawat dan berbagai masalah lainnya.

4. Pemulas bibir seperti gincu dan lipgloss memiliki jangka waktu yang lama. 1-2 tahun bisa kamu pakai asalkan perhatikan kapan produk tersebut kadaluarsa

Gincu favorit

Gincu favorit via www.baomoi.com

Advertisement

Memang gincu dan lipgloss memunyai masa pakai yang lama, yauitu 2 tahun untuk gincu dan 1 tahun untuk lipgloss. Namun kamu juga perlu memperhatikan penyimpanan dari produk ini. Karena jika kamu menyimpannya di suhu yang ekstrim atau terpapar sinar matahari, maka produk kosmetik ini pun bisa jadi memiliki umur yang kurang dari itu. Tanda jika gincu sudah kadaluarsa adalah teksturnya yang terasa kering, tidak menempel sempurna di bibir, dan berbau apek. Sedangkan untuk lipgloss adalah teksturnya yang mulai menggumpal dan lengket. Jika sudah sepeprti ini, artinya kamu harus menggantinya dengan yang baru ya, girls.

5. Kosmetik berbentuk pensil seperti eyeliner pensil, lip liner, ataupun pensil alis merupakan yang paling awet, karena daya tahannya lebih dari 3 tahun

Berbagai kosmetik pensil

Berbagai kosmetik pensil via www.youtube.com

Karena bahannya yang cenderung padat dan keras membuat beberapa kosmetik ini mempunyai waktu pemakaian yang lama. Pensil pun cenderung lebih susah untuk bakteri berkembang biak pada permukaannya sehingga kamu pun bisa menyimpan dan memakainya dengan aman hingga lebih dari 3 tahun. Namun ada baiknya kamu rutin merautnya agar kamu selalu memakai lapisan pensil yang baru agar terhindar dari kotoran dan bakteri yang mungkin menempel.

6.  Lotion kulit badan yang kamu gunakan sehari-hari juga bisa kadaluarsa. Tapi kalau kamu memang memakainya tiap hari, tidak perlu khawatir kapan ia “basi”

Lotion untuk membuat kulitmu cantik

Lotion untuk membuat kulitmu cantik via www.epochtimes.com

Lotion badan atau hand and body lotion memang mempunyai masa kadaluarsa yang lama, yaitu 2 tahun. Hal ini juga tergantung dari cara penyimpanan dan kemasannya. Karena kemasan dalam mangkuk layaknya body butter lebih mudah terkontaminasi bakteri daripada lotion dengan kemasan dalam botol. Mungkin saat di rumah kamu akan terus memakai produk ini sehingga tak akan sampai 2 bulan juga sudah habis kamu gunakan.

Namun yang perlu kamu perhatikan adalah saat kamu membelinya, karena toko (terutama toko kecil atau minimarket) mempunyai stok barang yang banyak yang mungkin sudah tersimpan cukup lama. Pastikan bau dan warnanya sebelum kamu membelinya, jika baunya menyengat dan warnanya tak begitu normal lebih baik kamu beli di tempat lain saja.

Kesehatan dalam memakai makeup juga tetap perlu diperhatikan. Untuk itu mulai perhatikan lamanya pemakaian kosmetik yang kamu gunakan. Umur kosmetik dimulai setelah kamu membuka kemasannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya