Di Momen-momen ini Sebaiknya Kamu Nggak Pakai Makeup. Malah Mubazir lo, ini Alasannya

when you dont need makeup

Memakai makeup bisa saja menjadi candu tersendiri bagi sebagian besar orang. Bagaimana tidak? Berdandan atau makeup memang menyenangkan, selain untuk kepuasan diri nggak jarang juga make-up bisa menjadi booster agar kita lebih percaya diri.

Advertisement

Yah, walaupun bermain makeup nyatanya memang mengasyikan, namun ada kalanya kulit butuh untuk beristirahat. Selain itu pula, ada waktu dimana sebaiknya memang kita nggak usah ber-makeup, karena bisa menimbulkan efek yang nggak baik. Nah kapan sajakah itu?

1. Memakai makeup saat berolahraga bisa menyebabkan bakteri dan keringat terjebak di bawah riasan. Banyak efek negatifnya!

Olahraga paling penting gunakan tabir surya / Photo by Nathan Cowley from Pexels

Seperti dilansir dari health.com berolahraga menyebabkan pembuluh darah melebar, meningkatkan aliran darah ke kulit, dan membuka pori-pori. Pastikan kamu nggak memakai makeup saat sedang berolahraga, apalagi memakai foundation yang berat. Sehingga kulit bisa mengeluarkan keringat, minyak dan panas dengan benar.

Kalau kamu memakai makeup, akibatnya keringat dan bakteri terperangkap di bawah lapisan riasan. Hasilnya bisa menyebabkan komedo dan jerawat, bikin kulit iritasi, hingga picu reaksi alergi.

Advertisement

2. Nggak hanya olahraga darat, sesudah berenang juga nggak disarankan untuk memakai makeup

Berenang / Photo by Yaroslava Borz from Pexels

Hal ini bisa terjadi karena make-up bisa menyebabkan iritasi pada kulit, apalagi saat make-up mengering bersama kulit. Dilansir dari lamanĀ cosmopolitan.com make-up yang mengering di kulit yang basah bisa menyebabkan iritasi dan bakteri menempel. Iritasi juga bisa semakin parah bila kandungan kaporit menempel pada makeup kamu, SoHip.

3. Jangan memakai makeup saat sedang tidur. Hati-hati yang sering ketiduran tanpa hapus riasan. Big NO NO!

Jangan lupa hapus make-up sebelum tidur / Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Karena kelelahan beraktifitas, bisa jadi kita tertidur tanpa menghapus makeup terlebih dahulu. Kalau kamu seperti ini, sebaiknya jangan dilanjutkan ya SoHip karena makeup bisa menyumbat pori-pori. Selain itu, tidur merupakan waktu istirahat begitu juga dengan kulit maka istirahat bisa terganggu bila kulit kamu masih dibebani make-up.

Akibat dari tertidur memakai makeup adalah wajah bisa muncul komedo serta menjadi sarang pertumbuhan bakteri. Nggak cuma itu, tapi juga risiko infeksi pada mata karena riasan pada area tersebut, wajah berjerawat, hingga risiko kerutan.

Advertisement

4. Terakhir, namun tak boleh dilupakan. Setelah facial wajah sebaiknya tidak langsung mengenakan makeup

Facial wajah/ Photo by Anna Shvets from Pexels

Setelah melakukan serangkaian facial wajah maka sebaiknya tidak mengenakan make-up terlebih dahulu. Apalagi kalau menggunakan teknik micro needling serta hair removal, pastikan beri jeda selama beberapa hari untuk kulit bebas make-up. HaI itu terjadi karena kondisi kulit yang jadi cenderung sensitif, mengenakanĀ makeup bisa menyebabkan iritasi.

Senang memakai make-up itu boleh banget kok SoHip, tapi jangan sampai kita malah mengabaikan kondisi kulit kita sendiri. Membersihkannya secara berkala dan memberikan waktu untuk kulit beristirahat tanpa makeup tentunya nggak boleh dilupakan.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE