Berisikan Fakta Menarik Terkait Tren Kecantikan Saat Ini, ZAP Clinic Resmi Rilis Laporan Lengkap ‘ZAP Beauty Index 2021’

ZAP Beauty Index 2021

Semakin ke sini, semakin banyak yang menyadari pentingnya melakukan perawatan wajah. Baik wanita maupun pria, sedianya memang disarankan untuk melakukan perawatan wajah demi menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Selain karena alasan tersebut, perawatan wajah juga perlu dilakukan karena dapat membantu menunjang penampilan untuk tampil dengan lebih percaya diri.

Advertisement

Berangkat dari alasan-alasan tersebut, ZAP Clinic konsisten melakukan riset tahunan bertajuk ‘ZAP Beauty Index‘ untuk mengetahui perilaku dan pandangan wanita Indonesia terhadap dunia kecantikan, yang mana dalam hal ini erat kaitannya dengan perawatan kulit wajah. Setelah diperkenalkan pada acara pre-launching pada bulan Oktober lalu, ZAP Clinic pun merilis laporan lengkap ‘ZAP Beauty Index 2021’. Seperti apa isinya?

ZAP Beauty Index, riset tahunan untuk kontribusi terhadap dunia kecantikan Indonesia

Peluncuran laporan lengkap ZAP beauty Index 2021 di Hotel Des Indes, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/11) | dok. ZAP Clinic

Buat yang belum tahu, ZAP Beauty Index merupakan publikasi riset tahunan yang dikeluarkan oleh ZAP Clinic bersama Markplus.Inc sejak tahun 2019, berdasarkan survei terhadap ribuan wanita yang merupakan konsumen dari industri kecantikan Indonesia. Pada tahun 2021 ini, survei dilakukan untuk mengetahui perilaku wanita dalam mempercantik diri khususnya di era pandemi ditinjau dari aspek mind, physical, dan behavior.

Survei kecantikan ini disebut sebagai yang pertama dan terlengkap di Indonesia, sekaligus merupakan sebuah bentuk kontribusi terhadap komunitas dan dunia kecantikan Indonesia. Dari tahun ke tahun, ZAP Beauty Index terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan lingkungan dan industri kecantikan Indonesia, dengan harapan dapat membantu industri kecantikan Tanah Air.

Advertisement

Dalam acara launching laporan ZAP Beauty Index 2021 yang dilakukan secara langsung dan terbatas di Hotel Des Indes, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (10/11), Chief Marketing Officer ZAP Feriani Chung mengatakan hasil riset ini akan memiliki dampak untuk digunakan sebagai acuan data penelitian. Sejauh ini pun hasil riset ZAP Beauty Index sudah banyak digunakan sebagai referensi penelitian terkait dunia penelitian.

“ZAP Beauty Index fokus terhadap perilaku generasi muda. Penemuan dari riset ini penting untuk kemajuan dunia kecantikan di masa depan. Hasil riset Beauty Index juga cukup berpengaruh sehingga banyak yang menggunakannya sebagai referensi untuk keperluan tesis atau skripsi yang meneliti mengenai dunia kecantikan,” tutur Feriani.

Advertisement

Senada dengan Feriani, Chief Executive Officer ZAP Fadly Sahab mengatakan ZAP Beauty Index 2021 ini bisa jadi materi yang bermanfaat bagi brand kecantikan untuk memahami kebutuhan konsumen yang dipengaruhi oleh perkembangan tren.

“Tren berubah sangat cepat setiap tahun. Penting bagi brand yang sangat peduli kepada customer seperti ZAP untuk stay relevant, mendengarkan, serta memahami apa yang diinginkan dan dianggap penting oleh para wanita Indonesia. Selain itu, harapannya ZAP Beauty Index dapat menjadi sumber referensi tepercaya bagi pelaku industri kecantikan di Tanah Air maupun teman-teman jurnalis.” ujar Fadly.

ZAP Beauty Index 2021 sajikan beragam fakta menarik yang terbagi menjadi tiga bagian mulai dari mind, physical, dan behaviour

Pemaparan ZAP Beauty Index 2021 | dok. ZAP Clinic

Bekerja sama dengan MarkPlus.Inc, ZAP Clinic melakukan survei untuk ZAP Beauty Index 2021 pada bulan Juni hingga Juli 2021 melalui metode online survey khusus kepada wanita Indonesia. Survei dilakukan terhadap kurang lebih 6.000 responden wanita dengan kriteria usia mulai dari 15 – 65 tahun yang tersebar di beberapa provinsi di Indonesia mulai dari DKI Jakarta hingga Papua.

Pada aspek mind, ZAP Beauty Index mengupas definisi cantik bagi wanita Indonesia, pentingnya kesehatan mental, produk kecantikan eco-friendly, dan juga pendapat wanita mengenai perawatan koreksi wajah. Hasilnya menunjukkan bahwa sebanyak 56 persen wanita Indonesia merasa cantik ketika merasa bahagia, dan 48,9 persennya merasa cantik ketika berpikir positif.

Wanita Indonesia juga merasa cantik dan percaya diri ketika mengonsumsi makanan sehat, sering berkumpul dengan teman dan berbelanja. Selain itu, terungkap kalau sebanyak 25 persen wanita berumur di bawah 25 tahun ingin melakukan perawatan koreksi wajah agar awet muda.

Pada aspek physical, wanita indonesia yang peduli terhadap komposisi produk kecantikan naik tiga kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hasil riset juga menunjukkan bahwa sebanyak 41,7 persen wanita berusia di bawah 25 tahun sudah mulai mencari produk anti-aging, 80,1 persen wanita berusia di atas 40 tahun sangat peduli terhadap kecantikan area intim, dan 98,8 persen wanita Indonesia setuju bahwa pria memerlukan perawatan kulit. Alasan ini juga lah yang mendorong ZAP meluncurkan MEN/O/LOGY by ZAP sebagai klinik ketampanan pria pertama di Indonesia.

Situs resmi brand kecantikan kalah dari e-commerce sebagai platform andalan pembelian produk

Adapun pada aspek behaviour, hampir 40 persen wanita dibawah 25 tahun mempercayakan perawatannya ke klinik kecantikan. Hal ini juga sejalan dengan meningkatnya pembelian skincare melalui klinik kecantikan yang naik 20 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Lebih lanjut, sebanyak 57,1 persen responden memilih e-commerce sebagai platform untuk membeli produk kecantikan.

Chief Operating Officer MarkPlus Institute Yosanova Savitry mengatakan terdapat perbedaan dalam temuan ZAP Beauty Index 2019 dan 2020 terkait tempat pembelian produk kecantikan. Di tahun ini, gerai resmi brand dan drug store menjadi favorit bagi 52,9 persen wanita Indonesia yang ingin belanja produk kecantikan.

“Tidak semua platform online disukai oleh konsumen pada tahun ini. Website dari brand menjadi platform yang paling kurang dipertimbangkan, di mana hanya 0,3 persen yang membeli produk kecantikan mereka dari platform ini,” kata Yosanova.

Banyak sekali fakta menarik yang terungkap melalui hasil ZAP Beauty Index 2021. Melalui hasil riset ini, kita jadi tahu apa yang menjadi fokus para wanita di Indonesia saat ini terkait kecantikan. Nah, buat kamu yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai hasil riset ZAP Beauty Index, informasi lengkap terkait laporan ini bisa diakses melalui laman zapclinic.com atau media sosial @zapcoid.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE