Menengok Fakta Menarik Tren Kecantikan Lokal dalam ZAP Beauty Index 2023

Berbeda dari tahun sebelumnya, laporan ini turut membahas tentang pria dari sudut pandang wanita

Melanjutkan tugas penting yang telah dijalankan sejak tahun 2018, ZAP Clinic meluncurkan ZAP Beauty Index 2023 (ZBI 2023). Disebut tugas penting karena data yang terangkum dalam laporan hasil survei ZAP bersama MarkPlus ini adalah untuk memberikan perspektif segar terhadap industri kecantikan pada tahun mendatang.

Advertisement

Founder sekaligus CEO ZAP Clinic Fadhli Sahab mengatakan ZBI 2023 ini lebih spesial dan komprehensif dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena melibatkan sekitar 9.000 responden wanita berusia 15-56 tahun dari seluruh Indonesia. Angka tersebut meningkat dari pelaksanaan di tahun 2021 yang melibatkan sebanyak 6.000 responden.

Founder & CEO ZAP Clinic Fadhli Sahab | Foto oleh Luthfi/Hipwee

“ZBI 2023 digarap selama tiga bulan. Cukup sulit bagi kami mengumpulkan 9.000 responden. Namun, itu menjadikan tahun ini lebih spesial, (terlebih) kali ini kami juga tidak hanya fokus meng-capture perihal wanita tetapi juga tentang pria,” kata Fadhli dalam peluncuran ZBI 2023, Jakarta, Rabu (7/12).

Penasaran apa saja temuan menarik tentang tren kecantikan lokal dalam ZAP Beauty Index 2023? Yuk, langsung disimak.

Advertisement

Wanita Indonesia mengidamkan pria yang peduli dengan penampilan diri

Menarik untuk diketahui, wanita Indonesia hari ini ternyata menyukai pria yang peduli terhadap penampilan diri. ZBI 2023 mengungkap bahwa sebanyak 95.1 persen wanita mengapresiasi para pria yang rutin menggunakan skincare. Sebanyak 82.9 persen wanita bahkan setuju bahwa penting bagi pria untuk melakukan perawatan kulit di klinik. So, buat para pria, sudah tahu kan harus bagaimana untuk jadi idaman wanita?

Lebih lanjut soal pesona dan fisik, sebanyak 87.5 persen wanita Indonesia paling menyukai pria dengan kepribadian dan sikap yang baik. Menyusul setelahnya pengetahuan yang luas dengan presentase 77.3 persen dan wangi 67.5 persen. Urusan bentuk fisik berada setelah itu semua.

Di tengah gempuran brand dan influencer asing, wanita Indonesia nyatanya tetap cinta produk lokal

COO MarkPlus Institute Yosanova Savitry | Foto oleh Luthfi/Hipwee

Advertisement

Menyusul ragam produk dan inovasi dari brand skincare lokal, ZBI 2023 mengungkap sebanyak 96.8 persen wanita Indonesia menggunakan produk skincare buatan dalam negeri. Bahkan, 19 persen wanita mengaku menggunakan brand lokal secara eksklusif untuk merawat kulit mereka.

Selain itu, ZBI 2023 juga mencatat pada tahun ini produk dan layanan dari klinik kecantikan semakin menjadi favorit wanita Indonesia. COO MarkPlus Institute Yosanova Savitry menjelaskan terdapat peningkatan pembelian skincare dan melakukan perawatan di klinik kecantikan.

“Pada 2021, hanya 17.8 persen wanita Indonesia membeli skincare di klinik kecantikan. Sementara tahun ini meningkat hingga 32.5 persen. Selain itu, melakukan perawatan di klinik kecantikan juga menjadi salah satu kegiatan favorit wanita Indonesia masa kini. Lebih dari 50 persen responden memilih melakukan perawatan kulit dibanding berbelanja pakaian,” terang Yosa.

Terkait memilih produk dan layanan kecantikan, sebanyak 78 persen wanita Indonesia ternyata lebih tertarik dan percaya pada influencer lokal dibandingkan influencer asing seperti dari Korea. Hanya sekitar 16.8 persen wanita yang terpengaruh oleh pemain film Korea, dan 8.5 persen terpengaruh oleh grup musik Korea.

Produk skincare dengan manfaat melembabkan menjadi yang paling banyak dicari

Jika selama beberapa tahun terakhir produk skincare dengan manfaat anti-acne menduduki peringkat teratas yang paling dicari, di tahun ini ZBI 2023 mengungkap bahwa skincare dengan manfaat melembabkan paling banyak dicari sebesar 60 persen.

ZBI 2023 juga mencatat bahwa penuaan dini masih menjadi momok bagi wanita Indonesia di semua kalangan usia, dimana sebanyak 14.4 persen remaja perempuan di bawah 19 tahun sudah mulai mencari skincare dengan khasiat mencegah penuaan.

Sejalan dengan temuan di poin sebelumnya, 3 dari 5 wanita Indonesia memilih treatment kulit wajah di klinik kecantikan sebagai kegiatan pampering yang paling disenangi. Jenis perawatan yang paling disukai oleh lebih 50 persen wanita Indonesia saat ini adalah facial, menyusul concern mereka terhadap kulit kusam.

Talkshow dalam peluncuran ZBI 2023 | Foto oleh Luthfi/Hipwee

Merujuk temuan ZBI 2023, CMO ZAP Clinic Feriani Chung mengatakan saat ini kepercayaan wanita Indonesia terhadap klinik kecantikan semakin meningkat. Oleh karena itu, ia mengatakan ZAP Clinic akan selalu berupaya relevan dengan apa yang menjadi kebutuhan wanita Indonesia.

“Selain menjadi bentuk capaian bagi ZAP, ZBI 2023 juga menjadi masukan bagi kami untuk terus relevan dengan apa yang wanita Indonesia butuhkan dalam mempercantik diri. Kami terus berharap agar ZAP Beauty Index bisa menjadi referensi yang komprehensif dan terpercaya bagi pelaku industri kecantikan dan kesehatan Indonesia, maupun teman-teman jurnalis,” kata Feriani.

Temuan-temuan menarik di atas hanyalah sedikit dari sekian banyak yang terangkum dalam ZBI 2023. Laporan lengkap ZBI 2023 maupun tahun-tahun sebelumnya bisa diakses secara umum melalui tautan zapclinic.com/zapbeautyindex.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

CLOSE