Apakah kamu sering merasa lelah karena beban kerja yang kamu rasa terlalu besar? Atau jangan-jangan…kamu malah sudah merasa nggak betah di tempat kerjamu yang sekarang?

Jangan putus asa dulu! Sebelum membulatkan tekad untuk keluar dari tempat kerjamu, ada baiknya kamu lakukan beberapa hal di bawah ini. Dengan begitu, siapa tahu kamu bisa kembali menemukan kenyamanan dalam bekerja? Semoga berhasil, ya!

1. Datanglah ke Kantormu Tepat Waktu

Datanglah ke kantor tepat waktu

Datanglah ke kantor tepat waktu via www.thestyleking.com

Advertisement

Terdengar simpel dan gampang. Tapi tunggu dulu, masuk kerja on time itu nggak gampang, lho. Apalagi buat kamu yang harus menerjang dan membelah macet untuk bisa sampai di kantor. Duh, jalan buat ke kantor aja bisa sampai dua jam!

“Masuk kerja tepat waktu memberimu beberapa keuntungan. Salah satunya kamu akan dinilai sebagai seorang profesional yang bertanggung jawab. Sedangkan telat masuk kantor akan meninggalkan kesan yang buruk dan hanya akan merusak hari-harimu. Di samping itu kamu akan terlihat ceroboh dan tidak bisa diandalkan.” ujar Lynn Taylor, penulis buku Tame Your Terrible Office Tyrant.

Kalau udah dianggap profesional dan bertanggung jawab, ditambah dengan kerjaan yang mulus tanpa masalah, tinggal tunggu waktu aja kan buat dapat promosi dan naik jabatan.

2. Jangan Bawa Masalah Pribadimu ke Kantor

Jangan bawa masalah pribadimu ke kantor

Jangan bawa masalah pribadimu ke kantor via www.pacificmortgage.com.au

Advertisement

Jika suatu hari kamu merasa sedang mendapat hari sial, dan kamu gak siap gara-gara masalah pribadi, maka tenangkan dirimu sebelum kamu bergumul dengan semua kerjaan yang menumpuk di hadapanmu. Jika kamu nekat mau kerja sebelum kamu tenang sih ya nggak papa, tapi tentu saja hasilnya tidak bakal maksimal seperti saat kamu udah tenang dan berpikir dengan jernih.

“Menenangkan diri adalah cara yang bagus untuk bisa mengatur mood dan perasaanmu sepanjang hari, luangkan sedikit waktu untuk dirimu sendiri sebelum mulai sibuk dan tenggelam dalam pekerjaanmu,” jelas Michael Woodward, seorang konsultan organisasi dan penulis buku The YOU Plan.

Kamu bisa meluangkan waktu selama 5 menit untuk sekadar berjalan – jalan, memakan makanan favorit dan membuat minuman favorit, mencuci muka atau mendengarkan musik. Pokoknya lakukan hal-hal yang akan membuatmu tenang dengan waktu 5 menit tersebut.

3. Jangan Moody!

Jangan moody

Jangan moody via www.ngf-hope.org

Emosi yang kamu miliki itu sangat berpengaruh terhadap sikap dan performamu di kantor. Tak hanya itu, mood jelekmu bahkan bisa juga mempengaruhi mood rekan-rekan kerjamu.

Jadi penting untuk mengusahakan agar mood-mu selalu oke setiap harinya.

“Satu jam pertama dari jam kerjamu dapat menjadi barometer mood-mu pada hari itu. Dan satu orang dengan mood yang buruk di pagi hari dapat mempengaruhi semua rekan kerjamu yang lain.” jelas Michael Keer, penulis buku Humor at Work.

Nah ‘kan, nggak mau ‘kan jadi public enemy di kantormu?

4. Atur Jadwal Rencana Harianmu

mulai rencanakan harimu

Mulai rencanakan harimu… via torreyshannon.com

Jika kamu nggak terbiasa untuk mengatur jadwal harianmu, mulai sekarang coba deh untuk mengatur jadwal ataupun to-do list yang akan kamu lakukan dalam satu hari itu. Memiliki to-do list ini akan memudahkanmu untuk fokus pada hal-hal penting yang harus terlebih kamu lakukan.

“Banyak orang yang terganggu dengan banyaknya kegiatan yang harus mereka lakukan tiap harinya, namun anehnya mereka justru melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak begitu penting untuk dikerjakan. Kunci suksesnya adalah dengan menggunakan “waktu-waktu emasmu” untuk melakukan hal terpenting yang harus dilakukan pada hari itu.” jelas Anita Attridge, seorang konsultan karir dan hubungan organisasi.

5. Sapa dan Bekerjasamalah Dengan Rekan-Rekan Kerjamu

pupuk hubungan yang baik dengan rekanmu

Pupuk hubungan yang baik dengan rekanmu via i.huffpost.com

Sapaan dan senyuman hangat yang kamu berikan pada rekan kerjamu akan membangun mood yang baik untuk menceriakan harimu dan hari-hari mereka. Cara ini adalah cara yang paling baik untuk membangun kerjasama tim yang solid dan membuatmu lebih enjoy untuk bekerja setiap harinya.

Bahkan Michael Keer menyarankan untuk melakukan meeting pendek selama 5-10 menit untuk saling sharing tujuan dan berbagi informasi penting yang berkaitan dengan proyek-proyek tim kalian. Meeting pendek ini pada akhirnya akan membuat setiap anggota tim merasa terlibat dan merasa lebih dekat satu sama lain.

6. Rapikan Tempat Kerjamu

Coba bandingkan dua tempat kerja di bawah ini deh:

Kantor berantakan

Kantor berantakan via fc07.deviantart.net

Kantor teratur

Kantor teratur via dako.rawrstudios.com

Tempat kerja mana nih yang membuatmu semangat untuk kerja?

Menurut Alexandra Levit, penulis buku Blind Spot: The 10 Business Myths You Can’t Afford to Believe on Your New Path to Success, tempat kerja yang rapi akan membantumu untuk fokus dan memudahkanmu untuk bekerja. Lagipula dengan tempat kerja yang rapi, kamu akan lebih mudah untuk menemukan barang – barang kecil yang sering nyelip, seperti memo dari bos dan rekan kerja tentang deadline kan?!

7. Abaikan Inbox Email, SMS, WhatsApp, Line, Ataupun KakaoTalk-Mu

Abaikan semua hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaanmu

Abaikan semua hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaanmu via cdn1.vox-cdn.com

Tak bisa dipungkiri bahwa email, chat, serta sms itu adalah pengganggu yang sulit untuk ditolak bagi sebagian besar kita.

Namun ternyata para pakar berpendapat agar jangan membuka inboks dan hal-hal lainnya saat kamu ingin fokus bekerja. Jika memang kegiatan ini tidak bisa terhindarkan, maka pastikan untuk membalas pesan yang benar-benar penting sehingga tidak akan mengganggu pekerjaanmu.

8. Hubungi Orang – Orang Yang Perlu Kamu Temui Dan Buat Janji Temu Sepagi Mungkin…

Buat janji temu dengan klien

Buat janji temu dengan klien via www.usnews.com

Jika pada hari itu kamu miliki janji dengan seseorang, maka lakukanlah sepagi mungkin, sehingga kesempatanmu untuk mendapat balasan janji tersebut akan lebih besar. Jika menghubungi orang yang perlu kamu temui ini kamu tunda-tunda, bisa jadi deadline pekerjaanmu akan molor dan hanya akan menambah beban pekerjaanmu.

9. Gunakan Waktu Emasmu Untuk Hal Yang Terpenting

manfaatkan waktu emasmu

Manfaatkan waktu emasmu via img.taopic.com

Waktu emas disini adalah waktu dimana kamu merasa paling produktif, paling oke dan ide cemerlang mulai bermunculan di benakmu. Waktu emas ini bisa berbeda-beda pada tiap orang, namun para pakar menyatakan bahwa waktu emas orang-orang umumnya adalah pada saat pagi hari. Tapi tentu saja tidak menutup kemungkinan, kamu lebih produktif dan lebih kreatif bila malam hari tiba.

Oleh karena itu, gunakan waktu-waktu ini semaksimal mungkin dengan merencanakan dan mempersiapkan ide cemerlangmu. Semakin matang ide ini kamu rencanakan maka tentu saja pekerjaanmu akan lebih lancar daripada sebelumnya.

10. Ambil Sedikit Istirahat di Sela-Sela Pagimu…

Sedikit istirahat

Sedikit istirahat di sela – sela pagi via alliancegroup.net

Tidak salah untuk sedikit mengambil istirahat di sela pagimu, bahkan hal ini sangat dianjurkan oleh Anita Attridge. Menurut konsultan karir ini mengambil sedikit jeda di pagi hari bisa digunakan untuk mengisi kembali energimu serta melihat to-do list milikmu untuk mengecek apa saja yang telah kau lakukan.

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Semoga bisa membuat pekerjaanmu lebih ringan, dan karirmu lebih melesat! Cobain sama-sama, yuk?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya