Sebelum kamu membaca lebih jauh tentang tips dan trik hidup frugal yang akan Hipwee ulas kali ini, ada baiknya kamu memahami dengan baik terlebih dulu apa yang dimaksud dengan gaya hidup frugal. Hidup frugal adalah gaya hidup yang dijalani dengan kesadaran penuh untuk mengelola uang dan aset dengan baik, nggak berlebihan dan nggak menyia-nyiakan barang kepunyaan kita.

Gaya hidup frugal membantu kamu menahan diri, lebih disiplin soal keuangan dan tentu saja nggak menumpuk barang sia-sia di rumah.

Advertisement

Nah, kalau kamu tertarik menjalani hidup frugal, kamu bisa banget memulainya hari ini dari hal-hal kecil, seperti mematikan air sebelum meluap di kamar mandi, mematikan listrik yang nggak perlu dan sebagainya. Jangan salah, gaya hidup frugal beda sama pelit atau kikir ya. Asal kamu tahu aja nih, artis tajir seperti Leonardio DiCaprio, Ed Sheeran, Lady Gaga sampai milyuner sekelas Warren Buffet pun menjalani gaya hidup frugal lho! Ini dia 15 tipsnya kalau mau menjalani hidup frugal juga.

1. Atur sistem tabungan dan semua tagihan bulananmu menjadi sistem autodebet. Nggak ada alasan lupa atau ‘males’ setor duit lagi nih!

Kalau semua keunganmu sudah dikelola dengan baik, nggak ada lagi cerita lupa bayar tagihan via www.pexels.com

2. Mulailah berburu resep-resep sehat dan praktis buat menu makanan sehari-harimu. Memangkas ongkos jajan di luar bakal bikin kamu berhemat banyak banget lho

Makan di rumah jauh lebih bersih dan hemat via kreasimamah.blogspot.co.id

3. Kalau selama ini kamu selalu membeli buah-buah import, coba sekali-kali blusukan ke pasar atau toko buah untuk belanja buah lokal. Harganya jauh lebih murah plus minim pengawet lho

Yuk beralih ke buah lokal! via menu-makanan-sehat.blogspot.co.id

4. Penting untuk tahu harga pasaran suatu produk, biar pas belanja kamu tahu mana yang murah dan mana yang mahal. Nggak boleh malas membandingkan harga di satu tempat belanja dengan yang lainnya ya

Harus rajin-rajin membandingkan harga produk~ via www.menaiset.fi

5. Wajib jeli pas ada bahan-bahan makanan segar yang sedang diskon. Jika memungkinkan, kamu bisa beli dalam jumlah banyak untuk kamu bekukan dalam freezer 

Ada banyak bahan makanan yang boleh dibekukan dan bisa tahan lama via www.popsugar.com

6. Mulai bercocok tanam atau urban farming kecil-kecilan di rumah, biar nggak semua bahan makanan harus beli dulu. Misalnya menanam cabe atau tomat, nih

Kalau mau nyambel tinggal metik nih via stayandroam.blog

7.  Ingin punya furnitur atau pernak pernik baru untuk mendekorasi rumah atau kamarmu? Daripada beli, coba deh mulai rajin-rajin cari tutorial DIY project atau proyek membuat sendiri furniturmu dari barang-barang nggak terpakai

Botol-botol bekas jangan dibuang dulu, bisa dimanfaatkan begini lho via yandex.ru

8. Hitung baik-baik saat kamu akan menyewa sesuatu, misalnya menyewa modem, mainan anak dan lainnya. Walau sekilas terlihat murah, jika digunakan dalam jangka waktu lama bisa jadi lebih mahal lho!

Ada kebutuhan tertentu yang lebih baik dibeli saja, lho via www.confused.com

9. Minum air putih daripada es teh atau jus saat makan di luar rumah faktanya bisa membuatmu jauh lebih hemat saat harus makan di luar, lho!

Saat makan di restoran, air putih lebih sehat dan tentunya murah! via www.stylecraze.com

10. Saat kamu berniat membeli sesuatu yang mahal dan bermerk, tahan dulu nafsumu selama sekitar 2 minggu. Lakukan riset dan kaji lagi baik-baik, benar-benar perlu atau cuma nafsu impulsif sesaat

Sesekali nabung buat beli sesuatu yang sudah lama diidamkan nggak dosa kok via www.pexels.com

11. Jangan malas berburu barang diskon atau kupon, tentu untuk barang-barang yang pasti kamu butuhkan, bukan cuma sekedar kalap mata doang

Belanja diskon sih boleh, tapi jangan beli yang nggak perlu ya! via www.insightsquared.com

12.Bergabung dengan komunitas daring jual beli barang bekas juga termasuk dalam gaya hidup frugal, lho. Jadi barang-barang nggak terpakai di rumah kamu nggak numpuk sia-sia

Manfaatkan barang bekas jadi uang yuk! via www.pexels.com

13. Saat bepergian keluar kota, rajin-rajinlah berburu tiket murah di banyak situs daring. Untuk transportasi harian juga kamu bisa manfaatkan yang murah, misalnya lebih memilih nebeng daripada bawa kendaraan sendiri :p

Kalau nebeng, ingat tawarin patungan bensin juga ya via www.pexels.com

14. Kalau biasanya kamu suka nggak sabar untuk membuang odol, sabun mandi botol atau shampoo botol yang masih sisa sedikit di dalamnya, saat menjalani hidup frugal produk tersebut harus digunakan sampai tetes terakhir. Pokoknya jangan mau rugi~

Pantang buang sebelum kosong total :p via www.banbanpret.com

15. Frugal beda lho sama kikir. Kalau frugal, kamu justru harusnya berinvestasi pada pakaian atau produk dengan kualitas baik meski agak mahal. Tapi durasi pakainya lama dan tentu saja nyaman dipakai dan nggak gampang rusak

Invetasilah pada pakaian bagus dan tahan lama meski agak mahal via www.popsugar.com

Masih banyak cara hidup frugal lain yang bisa kamu lakukan, pada intinya sih semua sama yaitu tentang mengelola uang dengan baik dan merawat barang kepunyaan supaya bisa awet. Saat menjalani hidup frugal, nggak ada cerita kamu beli sesuatu karena hawa nafsu belaka atau boros listrik dan air di rumah. Yuk jalani hidup frugal, terus sisa uangnya ditabung buat beli barang impian kamu atau tabungan masa depan 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya