Salah satu syarat mutlak untuk mengajukan KPR alias Kredit Pemilikan Rumah adalah membayar uang muka atau Down Payment (DP). Jadi, sebelum membeli rumah, mengumpulkan cukup uang untuk membayar DP adalah hal yang perlu dipersiapkan. Menabung memang bisa jadi cara yang efektif. Tapi cara ini butuh waktu yang nggak singkat, mengingat jumlah minimum DP sebesar 10 sampai dengan 20 persen dari nilai rumah yang akan dibeli. Belum lagi kalau penghasilanmu pas-pasan.

Selain dengan menabung, ada beberapa cara yang bisa kamu upayakan untuk mengumpulkan DP KPR. Simak ulasan Hipwee Sukses berikut, yuk!

1. Lakukan investasi reksadana dengan modal minim namun keuntungannya lumayan dalam jangka waktu yang relatif cepat

reksadana via id.techinasia.com

Advertisement

Reksadana adalah kumpulan dana yang dikelola untuk membeli saham, obligasi, atau instrumen keuangan lainnya lewat kantor pengelola reksadana. Sistemnya sederhana, kamu hanya perlu berinvestasi mulai dari 50 ribu saja. Selanjutnya, manajer investasi yang akan mengelola modal yang kamu beri.

Pilihlah jenis reksadana pasar uang untuk tujuan mengumpulkan DP rumah, jatuh temponya pun kurang dari satu tahun. Reksadana jenis ini termasuk aman meskipun return atau keuntungannya relatif kecil.

2. Cari developer yang menawarkan program cicil DP untuk memudahkanmu yang belum punya cukup uang untuk membayar uang muka

cicilan DP via finance.detik.com

Meski memudahkan, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengambil program cicil DP. Pertama, harga rumah dengan program cicil DP tentu lebih tinggi dibandingkan jika kamu langsung mengambil KPR. Kedua, jika kamu berhenti membayar DP sebelum selesai program cicilannya, maka uang yang sudah dibayarkan hangus, kecuali kamu bisa mengalihkannya ke orang lain atau mengambil KPR ke bank.

Advertisement

Seperti ini kira-kira program cicil DP bekerja:

  • Mencicil DP ke developer dalam waktu tertentu, misalnya 1,5 tahun. Jumlah DP ditentukan di awal. Nah, selama mencicil DP, kamu belum berhubungan dengan bank.
  • Setelah DP selesai dicicil, kamu baru mengajukan KPR ke bank. Bank akan meminta developer untuk menunjukkan bukti pembayaran DP kamu.
3. Memanfaatkan dana hasil top up KPR atas kepemilikan rumah yang masih KPR untuk membeli rumah baru

top up KPR via economy.okezone.com

Bagi mereka yang sudah memiliki rumah meskipun masih KPR, maka bisa memanfaatkannya untuk membeli rumah lain dengan persetujuan bank.

Begini caranya:

  • Mintalah bank melakukan penilaian ulang atas rumah yang sudah dimiliki. Biasanya, nilai rumah akan meningkat karena kenaikan harga tanah.
  • Dengan peningkatan nilai rumah, kamu bisa meminta bank memberikan top up alias pinjaman lagi atas rumah tersebut. Nah, tambahan pinjaman ini yang digunakan untuk mengambil rumah lagi.
  • Karena sudah membayar selama jangka waktu tertentu, kamu bisa mengambil pinjaman lagi. Tentu saja hal ini akan memperpanjang pinjaman KPR yang sudah ada.
4. Menabung emas juga bisa jadi solusi yang cukup membantu menambah dana untuk mencicil DP KPR

menabung emas via logobranding.id

Emas merupakan instrumen yang sudah dikenal sebagai alat investasi yang aman dan nilainya meningkat. Kamu bisa menabung emas mulai dari 1 gram sampai jumlah yang besar. Cicilannya pun sangat murah, bisa dimulai dari lima ribu rupiah saja per hari, seperti yang sudah pernah Hipwee bahas di sini.

Keuntungannya, kamu nggak perlu menyiapkan tempat penyimpanan karena selama kamu menabung emas, maka penyimpanan dilakukan oleh penyelenggara tabungan emas. Pun bisa langsung dijual dan hasilnya akan langsung masuk ke rekeningmu. Kamu bisa menabung emas di PT Antam dan Pegadaian.

5. Pinjam uang ke perusahaan untuk uang muka KPR. Nggak semuanya bisa sih tapi coba aja

pinjam uang di perusahaan via uangteman.com

Beberapa perusahaan bersedia memberikan pinjaman lunak kepada karyawan untuk menalangi uang muka rumah. Tapi mungkin jumlahnya belum tentu mencukupi kebutuhan uang muka karena sangat tergantung pada kebijakan perusahaan. Biasanya sih gajimu akan dipotong perbulannya untuk melunasi pinjaman. Makanya sebelum negosiasi pekerjaan, pinjaman lunak dari kantor bisa jadi salah satu fasilitas yang bisa kamu pertimbangkan.

Selain menabung, kamu bisa coba pakai cara-cara ini untuk mengumpulkan uang DP KPR. Semangat, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya