Tak terasa kita akhirnya sudah hampir tiba di penghujung tahun. Susah senang telah kita lalui di sepanjang tahun ini dan tentu bukan saja perkara kehidupan percintaan atau pekerjaan saja, tapi juga soal finansial. Yup, sebagai salah satu penyokong hidupmu, masalah finansial memang akan selalu jadi topik yang hangat untuk dibahas, bukan?

Beruntung kalau di tahun ini kamu tak punya banyak masalah finansial yang berarti. Nah, bagi yang tahun ini merasa kewalahan dan butuh banyak perombakan di tahun depan, 6 resolusi keuangan berikut ini mungkin layak kamu catat dan pertimbangkan agar di tahun mendatang kondisi keuangan bisa membaik bahkan meningkat lebih baik dari tahun ini. Nggak cuma resolusi, Hipwee Tips pun akan memberikan kiat praktis agar kamu bisa meraihnya dengan sukses. Simak baik-baik ulasannya berikut ini ya~

1. Resolusi #1: bebas hutang. Bagi yang masih punya tagihan-tagihan atau kredit yang perlu dilunasi, coba cermati mulai tahun depan

Advertisement

via GIPHY

Jika selama ini kamu masih sering kelupaan dan menunggak bermacam-macam tagihan, coba deh untuk lebih tegas pada diri sendiri dan membuat alarm pengingat tiap bulannya di tanggal-tanggal penting kamu wajib membayar semua tagihan. Bagi yang masih ada hutang, coba prioritaskan anggaran bulanan kamu untuk melunasinya. Yuk, belajar lebih bertanggung jawab dan hidup bebas hutang sesegera mungkin!

2. Resolusi #2: menabung untuk berlibur. Terkesan sepele, padahal setiap orang butuh piknik lo!

Liburan yuk! via travelanders.com

Jangan anggap anggaran liburan nggak penting lo. Kurang liburan atau piknik bisa memicu stres dan menurunkan produktivitas kamu. Bahkan, bisa jadi merusak relasi kamu di tempat kerja atau di lingkungan pertemanan. Nggak usah muluk-muluk, coba deh tetapkan bujet liburan untuk tahun depan, yang memungkinkan untuk diwujudkan. Kalau nggak mampu ke luar negeri, coba saja liburan domestik dulu yang anggarannya relatif lebih terjangkau.

Advertisement

Untuk mewujudkannya, coba deh buat tabungan berencana di bank dengan menetapkan jangka waktu dan jumlah tetap yang akan didebit bank tiap bulan dari penghasilan. Nggak usah lebay, sisihkan saja 5-10 % dari total pendapatan bulanan kamu.

3. Resolusi #3: nggak ada salahnya mempertimbangkan untuk memiliki investasi di bidang yang kamu minati. Bentuknya bisa macam-macam kok!

Nabung emas juga bisa nih~ via jateng.tribunnews.com

Ada banyak investasi yang bisa kamu coba, mulai dari deposito, reksadana sampai tabungan emas. Hipwee sudah sering bahas kok soal ini. Usia muda bukan jadi alasan untuk nggak mencoba berinvestasi kan?

4. Resolusi #4: buat yang kesulitan menabung karena bolak balik kebobolan, coba deh lebih serius menerapkan tabungan khusus yang nggak bisa dengan mudah kamu tarik tunai uangnya

Yuk, buat rekening khusus untuk menabung! via www.pexels.com

Buatlah rekening khusus yang nggak ada kartu ATM yang bisa kamu utak-atik saat tergoda belanja. Mulai mengurangi aplikasi M-Banking di ponselmu juga bisa bantu mengerem nafsu belanja karena godaan diskon lo!

5. Resolusi #5: menabung uang receh dengan cara konvensional: pakai celengan. Sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit!

Nabung receh pun bisa dapat puluhan juta, lo via www.pexels.com

Kalau sebelumnya kamu enggan melirik tabungan tradisional berupa celengan, kenapa nggak dicoba mulai tahun depan? Kamu bisa menabung di celengan yang nggak bisa dicongkel dan diutak-utak sampai benar-benar penuh. Jumlahnya macam-macam, bisa pecahan 500 rupiah, 2.000, 5.000 atau 20.000-an secara konsisten (jumlah uang yang dimasukkan nggak digonta-ganti ya!)

6. Resolusi #6: meski terkesan kaku dan repot, mulai rajin membuat rencana anggaran, mencatat pengeluaran dan taat pada bujet yang ditentukan akan membuat finansial kamu lebih stabil di tahun depan lo!

Yuk, lebih cermat dan rajin! via presspasslatino.com

Memang mencatat pengeluaran itu repot dan membuat jenuh. Tapi percaya deh, belajar tertib dengan keuangan sendiri akan sangat membantu hidupmu di masa depan. Agar nggak kaget, bisa mulai belajar mencatat pengeluaran di pos makanan harian dulu deh. Bisa manual di buku atau pakai aplikasi di ponsel kamu.

#Manusiabolehberencana, tapi pada akhirnya kondisi di depan nanti juga yang akan menentukan. Yang penting, kamu sudah berusaha menata keuangan kamu lebih cermat dan baik. Percaya deh, tak ada usaha yang mengkhianati hasil. Toh belajar mengelola uang dengan baik akan jadi bekal mantap buat berumah tangga kelak kan?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya