Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak jenis pekerjaan yang tersedia. Mungkin semakin berlipat gandanya kebutuhan, semakin kreatif manusia menciptakan cara untuk mencari penghasilan. ssApalagi didukung oleh teknologi canggih yang bisa didapat dengan harga ramah semua lapisan. Termasuk ponsel pintar yang selalu kamu bawa ke mana-mana itu.

Selama ini stigma orang selalu seragam, bahwa menghabiskan banyak waktu di depan smartphone adalah buang-buang waktu dan tanda ketidakproduktifan. Padahal selain bisa untuk telepon, sms, chat, main game, main media sosial buat nyari gebetan ataupun ngepoin kegiatan mantan, ponsel pintarmu bisa menghasilkan uang. Dengan 7 cara yang akan Hipwee bahas ini, meskipun nggak bisa dijadikan penghasilan bulanan, tapi lumayan untuk menambah uang jajan.

1. Online shop sudah menjamur di Indonesia dan dunia. Menjadi dropshipper adalah solusi cerdas untuk kamu yang cuma punya modal smartphone

Olshop yuk, sis. via www.fastcompany.com

Online shop adalah hal yang sudah sangat biasa di Indonesia dan di dunia. Mulai dari penjual kecil-kecilan yang kantornya di rumah, sampai perusahaan besar yang bergerak di bidang mall online, semuanya semakin menjamur saja. Mencari uang melalui usaha online shop memang menjanjikan modal yang dibutuhkan nggak besar, namun bisa meraup keuntungan yang besar. Buat kamu yang hanya cuma punya modal smartphone saja, kamu bisa menjadi dropshipper, yaitu orang yang menjualkan barang orang lain. Sistemnya, kamu mempromosikan dagangan orang lain ke jaringan yang kamu punya. Bila ada yang berminat, kamu menghubungi supplier barang dan memintanya mengirimkan ke alamat yang bersangkutan. Dengan dropshipper, kamu bahkan tak perlu mengeluarkan modal uang duluan, selain untuk beli pulsa.

2. Menjadi buzzer bisa memberimu uang berjuta-juta hanya dengan smartphone kesayangan. Syaratnya, kamu juga harus punya follower berjuta-juta

Jadi buzzer via zona.loop.co.id

Advertisement

Untuk kamu yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk berkelana di media sosial, menjadi buzzer adalah pilihan yang menjanjikan. Buzzer adalah orang yang bisa melempar sebuah topik percakapan atau isu di media sosial, sehingga memengaruhi masyarakat. Buzzer juga bisa berarti seseorang yang bertugas menyampaikan pesan kepada follower-nya tentang suatu hal. Namun tentu saja, kamu harus punya follower yang jumlahnya ribuan sampai jutaan. Dan untuk mendapatkan follower sebanyak itu kamu tentu harus membuat konten media sosial yang menarik dan punya ciri khas. Kalau kamu mau jalan pintas, kamu bisa membeli follower dari promo-promo yang sudah banyak beredar. Hehe. Seorang buzzer bisa meraup keuntungan jutaan sekali melempar isu. Semakin banyak follower yang kamu punya, semakin kamu dianggap berpengaruh, sehingga, semakin banyak pula uang yang akan kamu hasilkan.

3. Rajin main game online Android sampai dapat level tinggi, lalu jual deh kepada yang membutuhkan. Lumayan kan?

Game Clash Of the titans via www.gamespot.com

Kalau yang ini khusus untuk yang maniak main game. Mungkin kamu-kamu yang diputusin pacar karena terlalu mementingkan game daripada pacarmu, bisa menghibur diri dengan cara ini. Beberapa game yang bisa komersil seperti Clash Of Titans dan Pokemon Go, bisa kamu jadikan sumber penghasilan. Caranya, kamu harus rajin main sampai mendapatkan level yang tinggi. Setelah levelmu tinggi, jual saja akunmu kepada orang yang terobsesi pada level game semacam itu. Setelah itu kamu bisa membuat akun baru dan menjualnya lagi ketika sudah sukses. Seru ‘kan? Bukan cuma karena kamu senang bisa main game melulu, juga karena kamu dibayar untuk itu.

4. Di game online Marketglory, kamu bisa menukar uang virtual dengan uang beneran. Sekaligus belajar ketatanegaraan. Yakin nggak mau coba?

Game Marketglory via www.marketglory.com

Game MarketGlory ini sempat booming tahun lalu. Sederhananya, MarketGlory adalah game simulasi ekonomi, politik, sosial, dan militer sebuah negara, yang transaksinya menggunakan uang virtual. Di game ini, kamu bisa membangun sekolah, organisasi, menjalankan perusahaan dan membentuk perangkat militer. Intinya, kamu akan diajak menjadi seorang negarawan yang baik di sini. Kamu diharuskan untuk fight dan work untuk mendapatkan uang, yang kemudian bisa kamu pakai untuk membeli koran, susu, dan bahkan membuat perusahaan. Nah, uniknya, uang virtual yang kamu punya itu bisa ditukar dengan uang nyata. Semakin banyak uang virtual ataupun aktivitasmu di sana, kamu akan mendapatkan poin-poin energi. Nah, poin energi inilah yang bisa kamu tukarkan dengan dollar.

5. Download dan buka aplikasi bisa dapat duit? Itu bukan mustahil. Di Whaff Reward kamu bisa menambah pundi-pundi kekayaan hanya dengan modal Android bermemori besar

Whaff rewards, ladang uang via wts-unlimited.blogspot.co.id

Whaff Rewards adalah sebuah aplikasi yang menyediakan aplikasi-aplikasi lainnya. Uniknya, setiap kali kamu men-download aplikasi di Whaff, kamu akan dibayar. Fee download setiap aplikasi berbeda-beda, namun rata-rata sebesar $0,3 per aplikasi. Bila setelah download kamu nggak langsung uninstall, kamu juga akan mendapat lagi. Begitu juga bila kamu rutin mempergunakan aplikasi yang sudah kamu download, kamu juga akan dibayar lagi tergantung berapa kali kamu aktif di aplikasi tersebut setiap harinya. Katakanlah setiap aplikasi kamu dibawa $0,5. Bila kamu download 12 aplikasi, kamu sudah mendapat $6. Dan bila setiap harinya kamu membuka masing-masing aplikasi sebanyak 2 kali, sudah berapa dollar yang kamu hasilkan? Whaff Reward ini terbukti menjadi ladang uang yang bisa kamu manfaatkan. Kurang asyik apa? Kamu download gratis, main-main game cantik, lalu dibayar.

6. Tahukah kamu rajin olahraga bisa bikin ‘kaya’? Dengan aplikasi GymPact, kamu bisa mendapat duit sekaligus sehat jasmani

Nge-gym dan dapat duit! via www.imedicalapps.com

Gympact adalah solusi cerdas untuk kamu yang malas olahraga. Kalau dengan rajin olahraga dan hidup sehat kamu bisa mendapatkan uang, masih mau malas-malasan? Nah, di Gympact, kamu akan mendapatkan uang bila kamu membuat target gym dan bisa mencapainya. Setiap aktivitas work out yang kamu lakukan akan memberimu uang. Uniknya, kamu harus rajin dan rutin mengikuti jadwal yang sudah kamu buat sendiri. Kalau kamu malas-malas-malasan dan work out-nya bolong-bolong dan nggak bisa mencapai target, kamu justru akan dikenai biaya. Biaya yang kamu bayarkan karena malas olahraga itu nantinya akan dipakai untuk membayar mereka-mereka yang rajin work out. Karena ini aplikasi internasional, pembayarannya dilakukan via paypal. Seru kan? Sudah badan sehat dan bugar, dapat uang lagi!

7. Kamu yang punya hobi fotografi, jual saja foto hasil jepretan smartphone-mu di www.twenty20.com. Dari hobi bisa jadi uang jajan, kan lumayan

Jual foto via www.imedicalapps.com

Untuk menjadi fotografer profesional, nggak harus bermodal kamera yang harganya jutaan kok. Kamu bisa memanfaatkan kamera di smartphone-mu. Lagipula saat ini kamera di smartphone juga sudah cukup memadai untuk mengambil gambar baik yang berseni ataupun yang selfie. Bila kamu punya hobi fotografi, kamu bisa mengasah kemampuan fotografimu, menghasilkan banyak foto bagus dengan kamera smartphone, lalu menjualnya di www.twenty20.com. Bayaran yang kamu dapatkan dihitung per-download dari foto yang kamu pamerkan. Daripada cuma kamu upload di Instagram dan mendapat love saja? ‘Kan sayang.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan smartphone kesayanganmu itu. Daripada hanya untuk stalking mantan yang berujung pada kegalauan, lebih baik digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat dan bisa mendatangkan uang. Selain waktumu asyik di depan HP nggak terbuang sia-sia, lumayan kan bisa dapat uang pengganti pulsa. Kalau stalking mantan kamu dapat apa? Paling sakit hati doang ;p

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!