Generasi kita sangat beruntung karena hidup di era teknologi yang sudah maju. Kita dianugerahi beberapa kemudahan, terutama dalam menuntut ilmu. Kalau dulu proses belajar itu guru dan murid harus hadir secara fisik di tempat yang sama, sekarang tidak lagi. Sudah tidak terhitung banyaknya materi pelajaran yang bisa kita dapat melalui internet.

Makin ke sini, makin banyak kursus online yang kini tersedia di beragam situs. Dari mulai kursus tentang broadcast media, hingga kursus masak yang menggabungkan unsur sains ala chef ternama dan peneliti Harvard. Hanya dengan duduk manis di sudut kamar, kamu sudah bisa meng-upgrade kemampuan diri lewat kursus-kursus yang ditawarkan secara online. Menggiurkan bukan?

Advertisement

Hipwee mengumpulkan beberapa situs yang menawarkan kelas-kelas yang bisa kamu ikuti di internet. Biar kemampuanmu berkembang, langsung aja yuk disimak deretan situsnya!

1. IndonesiaX, situs berbahasa Indonesia yang memungkinkanmu untuk belajar langsung dengan ahlinya!

Rhenald Khasali,

Rhenald Kasali, salah satu pengajar di IndonesiaX. via www.kompasiana.com

IndonesiaX adalah situs yang menyediakan kursus online dengan pengajar yang langsung dari ahlinya. Buat kamu yang ingin belajar atau sekadar mengenal tentang broadcast media, kamu bisa memilih untuk mengikuti kelasnya Wishnutama yang merupakan pendiri NET. Atau kalau kamu kebetulan ingin belajar tentang manajemen perubahan, kamu bisa memilih kelasnya Rhenald Kasali, akademisi dan praktisi bisnis yang terkenal di bidangnya. Masih banyak lagi kelas-kelas dengan pengajar handal yang bisa kamu temui di sini.

Oh ya, semua kelas yang ada di IndonesiaX ini bisa diikuti dengan gratis lho! Asyik banget kan? Untuk rentang waktu kursusnya dari mulai 2 bulan hingga 6 bulan. Kamu bisa klik di sini untuk mengunjungi situsnya!

2. Coursera, platform pendidikan yang menyediakan kursus dari universitas kelas dunia. Layak banget buat dicoba!

Coursera, buat kamu yang

Dengan Coursera, kamu bisa memperoleh kursus dari universitas ternama dunia! via www.educationnews.org

Advertisement

Buat kamu yang punya cita-cita untuk belajar di universitas ternama dunia namun belum sempat terwujud, kamu bisa lho mengunjungi situs yang satu ini. Di situs ini kamu bisa belajar lintas lini dengan pengajar dari kampus terkenal. Kamu bisa mempelajari social network analysis dari peneliti di Universitas Michigan atau Duke University. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari bidang yang lain sesuai ketertarikanmu, dari mulai topik tentang keuangan hingga psikologi. Semuanya ada di sini!

Serunya lagi setiap berhasil menyelesaikan setiap course dengan kriteria nilai tertentu, kamu bisa mendapatkan sertifikat yang ditandatangani langsung dari dosen pengajarmu. Ini artinya, kamu sama saja dengan ikut berkuliah di universitas besar dunia!

3. Edx, di situs ini kamu bisa belajar tentang ilmu komputer, bahasa, hingga kursus masak ala Harvard yang sains abisss!

Kamu bisa lho belajar masak ala Harvard di Edx!

Kamu bisa lho belajar masak ala Harvard di Edx! via news.harvard.edu

Edx ini menyediakan banyak banget pilihan bidangnya. Dari mulai Matematika, Komputer, bahasa, dan yang paling terbaru adalah kursus memasak! Kursus memasak yang ditawarkan situs ini spesial banget lho. Karena pengajarnya dari chef terkenal dan peneliti Harvard. Jadi, cara memasak yang dipelajari di situs ini dipadukan dengan unsur sains juga. Menarik banget kan?

Waktu yang diperlukan untuk mengikuti kursus ini adalah 14 minggu, dengan estimasi 3-6 jam saja per minggunya. Kursus ini juga ditawarkan secara cuma-cuma alias gratis! Asyik banget kan. Buat kamu yang penasaran dengan kursus yang satu ini, langsung klik aja ya di sini.

4. Music Theory, buat kamu yang merasa not balok itu rumit, bisa loh kamu pelajari di situs ini

Belajar tentang teori musik via Music Theory.

Belajar tentang teori musik via Music Theory. via www.springbeats.com

Mendengarkan musik bisa dibilang sebagai hobinya semua orang. Siapa pun pasti suka mendengarkan musik sesuai dengan genre yang mereka suka. Tapi, pernah nggak sih kamu kepikiran untuk mengenal teori tentang musik itu sendiri? Seperti misalnya mengenal tentang not balok dan teori musik lainnya. Tertarik untuk mencoba? Klik link ini ya! 😉

5. Buat kamu yang lagi berjuang belajar masak, coba intip akun Tasty! Tutorial resepnya gampang banget untuk kamu praktikan!

Halaman Tasty.

Tutorial masak dari akun Tasty via www.wsj.com

Akun Tasty bisa kamu bisa kamu ikuti via Facebook. Kenapa akun ini cocok banget buat kamu yang pemula? Oleh karena resep masakan yang ditutorialkan gampang banget buat diikuti. Durasi videonya juga nggak lama kok! Selain video, resep dalam bentuk artikel juga tersedia. Abis ngunjungin akun ini, bawaannya ingin langsung turun ke dapuuuur aja! Untuk bisa mengunjungi laman Tasty, kamu tinggal search aja di Facebook dengan ketik Tasty. Nanti bakal muncul deh lamannya!

6. Khan Academy. Situs edukatif yang memuluskan jalan Eldeeb – seorang pelajar yang tidak bisa lulus pendidikan formal – untuk menembus Columbia University!

Khan Academy, situs edukatif yang wajib kamu kunjungi!

Khan Academy, situs edukatif yang wajib kamu kunjungi! via www.khanacademy.org

Khan Academy adalah situs yang bisa membantumu mengakses materi edukasi sesuai yang kamu butuhkan. Situs ini banyak membantu orang-orang yang ingin menimba ilmu namun sulit mendapatkan akses ke institusi formal. Lihatlah kisah Moawia Eldeeb, seorang pelajar miskin yang diremehkan sehingga tidak lulus SMA. Latar belakangnya yang berasal dari keluarga sulit membuatnya tidak bisa menamatkan pendidikan formal. Ia bercita-cita untuk menempuh pendidikan setinggi-tinggi. Ia pun lantas mempelajari video-video tentang aljabar tingkat dasar dari Khan Academy. Video-video tersebut sangat membatu Eldeeb dalam memahami aljabar. Hingga akhirnya dia lulus ujian masuk ke Queens College, lalu mendapat beasiswa dari New York Housing Association untuk masuk ke Columbia University.

Daebak! Mau mengikuti jejak Eldeeb menembus kampus impian, main-main ya ke situs ini.

7. Instructables, situs yang asyik buat kamu yang doyan bikin proyek DIY!

Logo situsnya kaya gini.

Logo situsnya kaya gini. via www.instructables.com

Proyek DIY atau Do It Yourself! semakin banyak digemari. Selain bisa menghasilkan produk dan karya yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, DIY juga mengasah keterampilanmu. Nah buat kamu yang hobi bikin kerajinan tangan, dari yang simple hingga yang rumit, sekarang kamu bisa lho mengembangkan keterampilanmu yang satu ini dengan mengikuti kursus online di situs Instructables. Dari mulai caranya bikin amplop undangan hingga langkah-langkah bikin lampu berdesain unik, semua bisa kamu pelajari! Langsung klik aja ya link-nya di sini.

Nah, mulai sekarang kamu bisa lho meng-upgrade kemampuan tanpa harus repot mengikuti kursus yang mahal dan jauh. Selalu ada jalan jika ada niat untuk belajar. Pastinya kemampuanmu juga akan berkembang dengan belajar dari 6 situs di atas! Semoga bermanfaat ya! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya