Ketika mendengar kata pensiun, maka yang ada di bayangan kita adalah duduk santai sambil minum teh di teras rumah, tanpa harus memikirkan deadline pekerjaan. Meski nggak lagi punya kewajiban untuk datang ke kantor setiap hari, mengisi hari-hari dengan kegiatan yang bermanfaat tentu menjadi keinginan bagi para pensiunan. Apalagi, ada fakta yang menyebutkan bahwa mereka yang berusia di atas 65 tahun dan masih berkegiatan akan lebih sehat dibanding mereka yang nggak melakukan apapun.

Nah, agar otak dan fisik tetap aktif, pekerjaan sambilan ini bisa kamu rekomendasikan untuk orangtuamu yang sebentar lagi menginjak masa pensiun.

1. Sambil bersantai di rumah, membuka toko kelontong bisa jadi sumber pemasukan yang lumayan buat pensiunan

Buka toko kelontong via tunggutoko.blogspot.co.id

Usaha toko kelontong sangat digandrungi bagi para ibu rumah tangga, termasuk mereka yang telah pensiun dari pekerjaannya. Selain nggak butuh banyak effort untuk mengerjakan dan bisa dimulai dengan modal yang pas-pasan, toko kelontong ini punya prospek yang bagus. Dengan menjual barang-barang keperluan sehari-hari, maka peluang untuk laku cepat juga cukup besar. Terlebih jika dibuka di sekitar pemukiman yang jauh dari minimarket. Nah, tinggal manfaatkan ruangan di teras atau garasi rumah untuk area berjualan, ‘kan?

2. Menekuni usaha agrobisnis juga bisa dilakukan jika orangtuamu punya cukup lahan. Budidaya ternak atau tanaman, misalnya

Jadi peternak ayam via beritadaerah.co.id

Advertisement

Bagi pensiunan yang memilih untuk kembali ke kampung halaman yang jauh dari perkotaan yang padat, budidaya ternak atau tanaman adalah prospek usaha yang lumayan. Bermodal lahan yang cukup, beberapa bibit ternak atau tanaman, serta keterampilan, maka orangtuamu bisa memulai usaha yang menyenangkan ini. Untuk budidaya ternak, mereka bisa memilih bisnis peternakan ayam kampung, kambing yang bakal ramai saat musim kurban, atau budidaya ikan lele atau ikan hias. Sedang untuk menyalurkan keterampilan berkebunnya, orangtuamu bisa memilih budidaya tanaman herbal atau tanaman hias yang banyak diminati pasar.

3. Menjadi penulis lepas pun nggak jadi masalah. Siapa tahu orangtuamu memang senang menuangkan opininya dalam bentuk tulisan

Penulis lepas via www.thebalance.com

Bukan hanya kalangan anak muda saja yang bisa berkarier di dunia kepenulisan. Selain membutuhkan ide-ide segar untuk dijadikan karya tulisan, beberapa media juga membutuhkan orang yang kaya pengalaman dengan pandangan dan opininya. Orangtuamu bisa memanfaatkan hal ini untuk dijadikan ladang berkegiatan dan juga sumber pendapatan. Meski upahnya nggak seberapa besar jika dibanding dengan yang didapatkan penulis reguler, namun kegiatan ini bisa jadi media untuk menyalurkan opini dan segala isi pikiran yang tersimpan di kepala.

4. Biar nggak merasa di rumah sendirian, sarankan orangtuamu yang akan pensiun untuk buka usaha kost atau kontrakan

Bangun kost-kostan via blog.sewakost.com

Usaha kost atau kontrakan ini tentu bukan usaha yang main-main. Terutama jika orangtuamu tinggal nggak jauh dari sekolah, kampus-kampus, dekat dengan pusat perbelanjaan ataupun area perkantoran. Salah satu tantangannya adalah perlunya modal yang cukup besar untuk membangun ruangan beserta kamar-kamar dengan segala fasilitasnya. Namun, jika ditelateni, usaha ini prospeknya akan bagus di jangka panjang. Keuntungan lainnya, setidaknya orangtuamu nggak akan merasa kesepian karena ada anak kost atau anak kontrakan yang tinggal di sekitar rumahnya.

5. Pensiunan yang memang hobinya jualan tapi nggak punya banyak modal, menjadi reseller adalah solusinya

Reseller-an via www.nextavenue.org

Menjalankan usaha sebagai seorang reseller memiliki banyak kemudahan. Diantaranya; nggak perlu modal besar, hampir nggak ada ruginya karena nggak perlu membeli stok barang, hanya butuh modal marketing saja untuk bisa menawarkan barang pada siapa pun dan di manapun. Tinggal mencari supplier yang cocok dan menjualkan kembali dengan harga yang telah dinaikkan sesuai dengan keuntungan yang diambil sebelumnya. Bisnis ini akan lebih mudah lagi jika orangtuamu melek internet dan bisa mengoperasikan media sosial.

6. Agar ilmu dan pengalaman yang didapatkan bisa dibagikan, nggak ada salahnya jika pensiunan menjadi seorang konsultan

Jasa konsultasi berbayar via www.deseretnews.com

Profesi ini bisa menjadi pilihan bagi mereka yang telah bekerja dan menekuni satu bidang dalam kurun waktu yang lama. Terlebih jika sebelumnya orantuamu pernah bekerja di perusahaan konsultan, maka nggak ada salahnya bagi mereka untuk membuka jasa konsultan sendiri. Adapun fokus usahanya adalah untuk memberikan saran dan arahan kepada klien tentang usaha yang tengah dikerjakan. Tentunya klien akan lebih yakin untuk berkonsultasi dengan orang yang telah berkompeten di bidangnya, bukan? Sebagai konsultan paruh waktu yang berbayar, orangtuamu dapat menentukan sendiri mengenai jam kerja, gaji hingga klien mana saja yang ingin dibantu.

7. Buka konter pulsa sebagai usaha sambilan juga cukup menjanjikan yang nggak bikin capek badan

Buka usaha konter pulsa via infomultiguna.wordpress.com

Usaha yang cocok untuk pensiunan berikutnya adalah buka konter pulsa. Jangan dulu diremehkan, usaha ini cukup menjanjikan mengingat pulsa merupakan kebutuhan primer yang hampir setiap orang membutuhkannya. Modalnya pun nggak butuh banyak, sesuaikan saja dengan kondisi keuangan. Tinggal siapkan ponsel pribadi dan pasang plakat atau tulisan “sedia pulsa” di depan rumah, maka orangtuamu siap jadi juragan pulsa deh. Meski nggak banyak keuntungan yang didapatkan, setidaknya orangtuamu punya kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan.

8. Atau, orangtuamu bisa membuka usaha di bidang kuliner. Mengelola rumah makan sendiri atau hanya menerima pesanan, keduanya sama-sama menguntungkan

Buka usaha kuliner via www.testasrestaurants.com

Karena sudah menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang, bisnis kuliner nggak akan pernah ada habisnya. Semakin hari, bisnis kuliner terus berkembang dengan aneka rasa dan model sajian. Jika punya modal lebih, orangtuamu bisa membuka rumah makan, restoran atau juga kafe dengan konsep yang mereka minati, tentu dengan melihat peluang pasar juga. Namun, tak mengapa jika mereka hanya ingin menerima pesanan saja, katering atau jajanan khas misalnya. Jangan lupa, untuk menjalankan kedua peluang usaha ini, tentu dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang dunia kuliner dan masak-memasak.

Pensiun memang dimanfaatkan sebagai momen untuk istirahat dari dunia pekerjaan. Namun bukan berarti orangtuamu bakal baik-baik saja jika hanya duduk diam setiap harinya tanpa melakukan kegiatan yang bermanfaat. Beberapa peluang kerja paruh waktu ini bisa jadi pengalihan mereka untuk tetap berkegiatan agar otak dan fisiknya tetap aktif dan terjaga kesehatannya. Asalkan intensitasnya cukup dan nggak terlalu berat, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya