“Pengin belajar Bahasa Inggris tapi kapan ya? Kerja berangkat pagi pulang malam. Duh, nggak ada waktu.”

“Aku juga pengin les Bahasa Inggris gitu. Cuma belum ada duitnya. Biaya kursus sekarang mahal.”

Waktu yang terbatas dan minimnya dana bisa menjadi halanganmu untuk belajar bahasa inggris. Mau kursus secara khusus, selain waktunya nggak ada, biayanya juga lumayan. Alhasil kemampuan bahasamu masih segitu-segitu aja.

Advertisement

Tapi sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi. Ada banyak cara gratis dan nggak menyita waktu kok untuk belajar bahasa asing. Berterima kasihlah pada internet yang sudah menyediakan berbagai situs dan aplikasi untuk belajar bahasa asing. Jadi sekarang, kamu bisa belajar di mana saja dan kapan saja. Saat terjebak macet misalnya.

Nah, kali ini Hipwee akan bagi-bagi situs-situs dan aplikasi yang bisa membantumu belajar bahasa asing tanpa repot-repot. Cuma modal niat, dan paket data. Yuk langsung disimak!

1. Di Duolingo.com kamu bisa bahasa asing secara gratis selamanya. Akan ada tutor yang mereview kemampuan bahasa asingmu juga lho!

Duolinggo

Duolingo via www.1news.id

Sebagai salah satu website terbesar untuk belajar bahasa asing, Duolingo punya metode belajar yang asyik melalui permainan. Di sini kamu bisa memilih metode belajar. Ada metode santai (5 menit/hari), biasa (10 menit/sehari), serius (15 menit/hari), atau gila (20 menit/hari). Tinggal pilih deh mana yang kamu mau. Kamu juga bisa memilih tingkat apa yang ingin kamu pelajari. Jika kamu bingung, ada tes kemampuan awal yang bisa kamu coba dulu. Selain Bahasa Inggris, kamu juga bisa belajar bahasa asing lainnya seperti  Jerman, Perancis, Italia, Belanda, dan lain sebagainya. Serius atau santai-santai aja, kamu yang tentukan. By the way, Duolingo juga tersedia dalam aplikasi yang bisa diinstall di ponselmu. Jadi kamu bisa belajar di mana saja dan kapan saja.

2. Kalau kamu lebih suka metode pembelajaran visual, coba main-main ke learnalanguage.com untuk meningkatkan kemampuan bahasamu

Learn a language!

Learn a language! via www.gokampus.net

Advertisement

Bila belajar Bahasa Inggris dengan membaca modul yang penuh dengan tulisan, atau kamus yang penuh dengan kata-kata bisa membuatmu pusing, mungkin kamu memang seorang pembelajar visual. Situs learnalanguage.com bisa cocok untukmu karena mereka menyediakan pembelajaran kosa kata bahasa asing dengan basis visual. Ada lebih dari 1.400 kata yang bisa kamu pelajari. Ada juga audio interaktif yang bisa membantumu latihan pengucapan kata dengan benar. Nggak cuma Bahasa Inggris, banyak juga tersedia bahasa asing lainnya.

3. Di openculture.com selain belajar bahasa kamu bisa belajar budaya mereka juga lho. Lumayan untuk menambah pengetahuan

Open Culture

Open Culture via www.pinterest.com

Seperti dua situs sebelumnya, Openculture juga menawarkan pembelajaran berbasis audio, sehingga kamu bisa berlatih pronounciation atau pelafalan. Kelebihannya, di Openculture kamu bisa belajar bahasa sekaligus belajar budaya di sana. Kamu akan diajak belajar lewat sastra dan juga film. Cocok banget untuk kamu yang sedang ngebut belajar Bahasa Asing. Bukan cuma itu, di Openculture kamu bisa belajar berbagai bidang ilmu lho. Mau belajar tentang astronomi? Ada. Mau belajar tentang hukum atau filsafat? Ada. Banyak pilihannya, tergantung kamu ingin belajar apa.

4. Kalau selama ini kamu kesulitan menghafal kosa kata bahasa asing, langsung belajar memrise.com. Dengan metode permainan, menghafal jadi fun!

Memrise.com

Memrise.com via sur.ly

Memrise mempunya metode unik sendiri untuk belajar bahasa asing, yaitu dengan cara mengajak pengguna menghafal kosa katanya. Nah, biasanya kamu sering lupa dan ketukar-tukar. Misalnya kosa kata irrigation, precipitation, dan cultivation. Dalam satu level, kamu akan diminta untuk menghafalkan arti 3 kata tersebut melalui berbagai pertanyaan. Kalau kamu salah, pelajaran akan diulangi lagi. Kalau kamu sudah benar menjawab semua pertanyaan, kamu akan diberikan tambahan kosa kata lagi. Dengan cara seperti ini, yang kamu hafal semakin bertambah setiap harinya. Kelas-kelas yang tersedia juga beragam. Kamu bisa ikut kelas TOEFL, IELTS, dan banyak lagi. Tapi syaratnya, Bahasa Inggrismu harus bagus dulu, karena bahasa pengantar yang digunakan di sini adalah Bahasa Inggris.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya