9 Jawaban Aman Ketika Ditanya Rekruter “Alasan Berhenti Kerja” saat Interview

alasan berhenti kerja

Salah satu pertanyaan yang kerap ditanyakan saat interview kerja adalah alasan kenapa memilih resign atau berhenti dari pekerjaan yang lama. Pertanyaan ini terkadang memang membingungkan untuk dijawab. Kalau terlalu jujur, misal karena masalah gaji, bukan nggak mungkin pihak perekrut menilaimu sebagai orang yang mementingkan materi dan berpikir ulang untuk menerimamu sebagai karyawan.

Advertisement

Kunci untuk menjawab pertanyaan ini adalah  menyamarkan jawaban dengan menceritakan kualitas yang kamu miliki. Jadi jangan sekali-kali menjelek-jelekkan perusahan lamamu.

Berikut beberapa pilihan jawaban yang dirasa pas untuk menjawab pertanyaan tentang alasan berhenti dari pekerjaan yang lama saat interview kerja.

1. “Saya harus pindah domisili karena alasan tertentu yang membuat saya harus meninggalkan pekerjaan saya sebelumnya.”

alasan berhenti kerja

pindah domisili | Credit by learning.linkedin.com

2. “Saya tertarik dengan tantangan dan kesempatan baru untuk menggunakan keterampilan yang saya miliki di bidang lain, yang berbeda dari bidang pekerjaan saya sebelumnya.”

ingin mencoba pekerjaan di bidang baru | Credit by www.theladders.com

Advertisement

3. “Tidak ada ruang bagi saya untuk berkembang di perusahaan sebelumnya. Saya sangat siap untuk pindah dan mencari tantangan yang lebih besar.”

nggak ada ruang untuk berkembang | Credit by www.ctrc.com

4. “Saya baru saja lulus dan mendapatkan sebuah gelar. Saya ingin mengoptimalkan kemampuan saya berkenaan dengan bidang studi tersebut.”

alasan resign

baru menyelesaikan studi | Credit by hclworkforce.com

5. “Tujuan dari perusahaan lama saya sudah tidak sesuai lagi dengan visi saya dalam berkarier. Saya tidak berpeluang untuk tumbuh sebagaimana visi tersebut. Jadi, ini adalah waktu yang tepat bagi saya untuk resign.”

nggak sesuai dengan visi berkarier | Credit by houseofbots.com

Advertisement

6. “Job desk dari pekerjaan ini sangat cocok dengan keahlian yang saya miliki, mengingat saya tidak melihat adanya kesempatan bagi saya untuk menggunakan keahlian saya secara maksimal pada pekerjaan saya sebelumnya.”

alasan berhenti kerja

cocok dengan keterampilan | Credit by www.careers.govt.nz

7. “Saya meninggalkan pekerjaan part time sebelumnya karena waktu itu saya perlu lebih banyak waktu untuk keluarga. Namun sekarang keadaannya sudah berbeda dan saya siap untuk bekerja secara full time.”

menjawab pertanyaan tentang alasan resign | Credit by covalentcareers.com

8. “Saya sedang mencari perusahaan dengan lingkungan kerja seperti yang ada di sini. Saya sangat tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai perusahaan ini.”

alasan berhenti kerja

lingkungan kerja yang cocok | Credit by www.jobstreet.com.ph

9. “Saya dibebastugaskan karena kebetulan departemen tempat saya bekerja ditiadakan, berkaitan dengan program restrukturisasi perusahaan.”

alasan resign

bebas tugas | Credit by https://www.careertoolbelt.com

Itu dia 9 jawaban yang bisa kamu persiapkan saat ditanya alasan berhenti kerja atau resign dari perusahaan sebelumnya. Jawaban yang diharapkan setiap perekrut tentunya berbeda antara satu dengan lainnya. Apa pun itu, kamu harus tetap fokus pada visimu ke depan ketimbang membeberkan aib atau pun kejelekan perusahaan yang kamu tinggalkan. Semoga lancar saat menjawab pertanyaan ini nanti, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

CLOSE