Belajar 7 Kiat Sukses Berbisnis ala CEO Won In Jae dari Drama ‘Start-Up’. Selalu Berkelas!

learn from won in jae

Nggak terasa ya, kita sudah hampir berada di penghujung serial drama Korea terfenomenal saat ini,  ‘Start-up‘ yang dibintangi sama bintang Korea kenamaan, Bae Suzy dan Nam Joo-hyuk. Drama yang tayang setiap akhir pekan ini sukses mengaduk-aduk emosi penonton dan bikin kita nggak sabar menanti episode terbarunya tayang. Hayo, kamu masuk tim Nam Do San atau Han Ji Pyeong nih?

Advertisement

Lepas dari riuhnya hubungan cinta segitiga mereka, ada yang nggak kalah menarik nih untuk dikulik, yakni peran berkarisma CEO Won In Jae yang dibintangi oleh Kang-Han Na. Di drama ini, sosoknya digambarkan sebagai seseorang ambisius, cerdas, sedikit oportunis dan kaku. Sering cekcok dan bersaing dengan sang adik, Won In Jae ini sebenarnya punya teladan berbisnis yang menarik untuk dikulik lo. Ya, doi memang nggak sesempurna itu dan bisa salah juga dalam beberapa kesempatan. Tapi mostly, perannya sangat elegan dan berkelas saat berbisnis. Simak deh 7 kiat bisnis dari sosok Won In Jae yang sudah dirangkum Hipwee ini!

1. Won In Jae pandai membaca pasar dan melihat peluang

Credit: Photo by Vlada Karpovich from Pexels via www.pexels.com

Terbukti saat momen Hackhaton di Sandbox, dia berhasil masuk 40 besar orang yang pandai membaca tren.  Kemampuan membaca tren pasar ini penting untuk kelanggengan sebuah bisnis.

2. Ia berhasil menyadari bahwa membangun bisnis dari 0 itu butuh usaha ekstra dan waktu yang lebih panjang. Dan dia tidak mengeluh soal itu

Credit: Photo by Christina Morillo from Pexels via www.pexels.com

Meski sempat memuncaki kesuksesan di bawah Nature’s Morning dan berakhir ‘dikhianati’, hal itu memberikan pelajaran berharga untuk Won In Jae untuk membangun bisnisnya dari 0. Ia menyadari butuh waktu dan proses yang cukup panjang untuk bisa meraih kembali kesuksesan dengan usahanya sendiri tanpa bayang-bayang ayahnya yang seorang konglomerat.

Advertisement

3. Para penonton mungkin banyak yang sebal sama ‘keangkuhan’ Won In Jae di hadapan Seo Dal Mi. Tapi lepas dari hubungan personal mereka berdua, Won In Jae terbukti berhasil membina relasi yang baik dengan rekan-rekan kerjanya dan dipercaya oleh para bawahannya

Credit: IMDB via www.imdb.com

Kamu mungkin kesal ya sama sikap judes dan kaku Won In Jae? Tapi di luar ‘panggungnya’ bersama Seo Dal Mi, Won In Jae sepertinya pandai membangun relasi dengan rekan kerjanya. Terbukti ia cepat berhasil menggaet banyak investor baru di awal usahanya membangun bisnis. Ia bahkan jago membangun relasi yang baik dengan para bawahannya, terbukti dengan keberanian para bawahannya yang loyal untuk resign dan ikut dengannya membangun bisnis dari 0.

Pun jangan lupa saat pembagian saham, semua pegawainya sudah paham dan percaya 100% dengan segala keputusan Won In Jae soal persentase pembagian saham. Beda dari Dal Mi yang dapat dukungan penuh dari Do San yang didorong oleh ‘perasaan personal’ untuk selalu memihak Dalmi.

4. Dengan pandai membaca tren pasar, Won In Jae jago menggali ide bisnis dari hal-hal sehari di sekelilingnya

Credit: Photo by Oleg Magni from Pexels via www.pexels.com

Seo Dal Mi juga pandai membaca tren, itu benar. Tapi Won In Jae berani mengambil keputusan untuk mempekerjakan Seo Dal Mi yang ‘gagal’ di putaran pertama untuk bisa melihat perspektif baru. Ia juga melihat peluang bagus saat mendanai proyek self-driving car yang dicetuskan Dal Mi yang terinspirasi nenek mereka. Kalau Won In Jae patokannya sama perasaan doang dan nggak peka, wah peluang bagusnya pasti sudah lepas tuh!

Advertisement

5. Ada banyak alasan Won In Jae untuk menolak Seo Dal Mi bekerja dengannya dalam rangka ‘balas dendam’, tapi secara profesional dia mau membuka diri demi melihat potensi dan peluang yang ada

Credit: IMDB via www.imdb.com

Lagi-lagi, Won In Jae bekerja secara profesional. Mengesampingkan perasaan ingin balas dendam dan jengkel sama saudaranya sendiri. Dia bahkan mempercayakan Dalmi untuk menjadi CEO bisnis baru mereka, Cheonmyeong Group.

6. Sadar betul bahwa dia sebenarnya sangat punya privilese untuk berlari lebih cepat menuju kesuksesan. Tapi dia enggan memanfaatkannya karena percaya dengan kemampuan yang dia miliki. Percaya diri itu penting!

Credit: Photo by KristopherK from Pexels via www.pexels.com

Sempat terbuai dengan kesuksesan semu yang diperolahnya dari Nature’s Morning, Won In Jae dengan berani memulai dari 0 usahanya di Sandbox. Banyak kesempatan saat dia bisa memilih jalan pintas melalui tawaran investasi dari ayah tirinya, namun dia teguh menolak. Bahkan saat ditegur sama Seo Dal Mi soal ‘privilese’, Won In Jae dengan tegas mengatakan koneksi dan segala macam hal yang dia dapatkan itu ia usahakan sendiri saat yang lain lengah berleha-leha, misalnya. Privilese itu memang bisa jadi jalan pintas, tapi bukan satu-satunya jalan kesuksesan. Harus punya kepercayaan diri!

7. Last but not least, Won In Jae akhirnya menemukan ‘The Why” alias alasan di balik segala usaha bisnis yang dia lakukan. Hei, ini sekilas terlihat sepele tapi penting untuk membangun value bisnismu!

Credit: Photo by Polina Zimmerman from Pexels via www.pexels.com

Sekilas ini kayak kurang penting ya, padahal memahami alasan fundamental di balik bisnis yang dijalankan akan menjadi motivasi untuk selalu memperjuangkan bisnis kita. Sebaiknya alasannya adalah yang membawa kebaikan dan berkat buat banyak orang, supaya usaha yang dijalankan makin kaya manfaat daripada mudarat.

Meski terkesan berkarisma dan ‘orang sukses banget’, ada 1 hal penting dari Won In Jae yang nggak baik untuk kita tiru yakni kurangna work-life balance. Iya, demi mengejar kesuksesan, Won In Jae kerap kali lembur berlebihan, membuat lingkar pergaulannya terasa sangat eksklusif dan kaku serta selalu menjaga jarak sama keluarga. Padahal pada akhirnya, dunia kerja bukanlah segalanya untuk hidup kita. Ya profesional penting sih dalam bekerja, tapi penting juga kok untuk sedikit tone down ambisi kita, melihat sekeliling serta lebih peka sama relasi kita sama keluarga dan sahabat.

Semoga apa yang Hipwee Sukses bagikan ini bermanfaat. Ayo semangat yang lagi nungguin episode terbaru ‘Start-Up’ yang bakal keluar malam ini! Hehe…

Gabung dan Berlangganan Newsletter

Berlangganan Newsletter dari Kita Mulai Bersama

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE