Mengulik Peluang Bisnis Kosmetik yang Kian Apik dan Menyenangkan. Plus Menguntungkan!

bisnis kosmetik

Saat ini makin banyak orang yang memperhatikan penampilan mereka sehingga produk-produk fashion and beauty juga makin dicari. Melihat peluang ini jadi makin banyak pula pebisnis yang menggeluti bidang ini sehingga persaingannya pun jadi makin ketat. Meskipun begitu, pasar yang besar membuat peluang berbisnis di bidang tersebut tetap terbuka lebar apalagi pilihannya ada banyak, salah satunya adalah bisnis kosmetik dan perawatan wajah.

Advertisement

Nggak perlu bikin produk-produknya sendiri, kamu bisa lo membuka toko kosmetik baik online maupun offline dengan berbagai brand yang sudah dikenal selama ini. Kalau tertarik, simak yuk penjelasan selengkapnya berikut ini!

Peluang bisnis kosmetik ternyata masih terbuka lebar, bahkan ketika pandemi terjadi bisnis ini masih kokoh berdiri

Masih terbuka/ Credit: waewkidja on Freepik via www.freepik.com

Dilansir dari Antara, Kemenperin menyatakan bahwa tahun 2020 lalu pertumbuhan industri kimia, farmasi, dan obat tradisional termasuk kosmetik di dalamnya tumbuh sebanyak 9,39% dan berkontribusi sebanyak 1,92% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Bahkan dalam kondisi pandemi seperti saat ini nilai ekspor produk-produk ini mencapai Rp4,44 triliun yang memberikan kontribusi cukup besar untuk devisa. Sehingga jika ingin membuka usaha di bidang ini, masih ada peluang besar yang bisa diambil.

Ada beberapa pilihan jenis bisnis kosmetik yang bisa dijalankan, bisa disesuaikan dengan keahlian yang dimiliki

Brand sendiri/ Credit: Zughelawa on Freepik via www.pexels.com

Ada beberapa alternatif untuk memulai bisnis yang satu ini, bisa membuat sendiri atau menjual lagi produk bikininan orang lain.

Advertisement
  • Jika memiliki kapabilitas untuk membuatnya, misalnya memang lulusan jurusan kosmetik, apoteker, atau dokter kulit, maka kamu bisa memproduksi make-up ini sendiri dan memberikan label dengan brand milikmu. Tentunya setelah mendapatkan surat izin edar dari BPOM ya.
  • Jika tak ingin terlalu boros pada biaya produksi karena harus membeli peralatan sendiri maka kamu bisa juga menggunakan jasa maklon yang kini semakin populer. Tak hanya menangani kaus dan produk fesyen, kini banyak juga lo maklon kosmetik.
  • Kamu juga bisa menjadi distributor, reseller, atau membuka toko dengan berbagai merek kosmetik yang sudah terkenal jika tak ingin menjual satu brand spesifik milik sendiri.

Untuk memulai usaha ini, ada beberapa tips yang bisa diterapkan supaya bisnismu lancar dan bisa bersaing

Bisnis make-up/ Credit: Anderson Guerra on Pexels via www.pexels.com

Meskipun masih menjadi pemula, kamu tetap memiliki peluang yang sama kok untuk bersaing dengan orang-orang yang lebih dulu berbisnis di bidang ini. Asal menggikuti beberapa tips berikut ini.

  • Walaupun sama-sama kosmetik tapi ada banyak sekali jenis dan harga yang bisa ditetapkan, mulai dari yang high end atau yang dijual dengan harga murah. Pastikan untuk menentukan target pasar yang paling menguntungkan supaya bisa menyesuaikan produk dan teknik pemasarannya.
  • Tak harus langsung memiliki toko yang besar, kamu bisa kok menjualnya secara online lebih dulu. Bahkan, kalau awalnya belum punya modal, kamu juga bisa lo menjadi dropshipper atau reseller terlebih dulu.
  • Pastikan brand yang kamu jual memiliki reputasi yang baik dan tak bermasalah. Cek juga bahan-bahan yang dikandung serta izin edarnya. Begitupun jika membuat sendiri, pilihlah bahan-bahan terbaik yang tak berpotensi membahayakan konsumenmu.
  • Product knowledge adalah salah satu hal yang harus dikuasai sehingga ketika ada konsumen yang ingin berkonsultasi tipis-tipis, kamu tetap bisa membantu mereka menemukan produk terbaik.
  • Jangan lupa untuk tetap mengikuti tren jika ingin tetap menjadi signifikan, selain itu hal ini juga akan membantumu dalam memenuhi kebutuhan pasar.
  • Jangan lupa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk-produk yang kamu jual. Sesekali mengadakan giveaway atau live streaming juga bisa jadi strategi jitu untuk promosi.

Berbisnis kosmetik cenderung memiliki banyak keuntungan karena produk ini sering dibutuhkan. Walau kelihatan memerlukan modal yang banyak namun kamu bisa saja kok memulainya dari kecil-kecilan bahkan bisa juga dimulai tanpa modal dengan menjadi reseller atau dropshipper. Bagaimana? Tertarik untuk menjalankan bisnis yang satu ini?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE