5 Rahasia Bisnis Modal Mepet ala Bob Sadino, Biar Buka Usaha Sendiri Nggak Sebatas Wacana Aja

Bisnis modal kecil ala Bob Sadino

Hal terbesar yang membuat seseorang maju mundur ketika akan membuka bisnis adalah modal. Ya memang nggak salah, yang namanya bisnis dan modal layaknya pasangan. Akan tetapi, ada juga orang yang punya modal kecil dan berani untuk terjun ke dunia bisnis. Mungkin kamu pribadi juga menganggap ini sebagai hal yang mustahil dan bertanya dalam hati, “bisa nggak ya mau buka bisnis tapi modalnya cuma kecil?”. Hmm… jangan salah ya, semua bisa terjadi asal kamu punya tekad yang kuat.

Credit: ciputraentrepreneurship.com (CC BY 3.0)

Advertisement

Bisnis di era sekarang nampaknya menjadi sesuatu yang terlihat mudah untuk dilakukan. Mengapa demikian? Salah satunya adalah kemudahan teknologi yang nantinya memudahkanmu dalam berpromosi. Selain itu, kamu pastinya nggak asing dengan sosok Bob Sadino. Pria yang memiliki nama asli Bambang Mustari Sadino adalah bukti nyata seorang yang keluar dari zona nyaman dan memutuskan untuk berbisnis.

Buat kamu yang saat ini hanya punya modal kecil dan ingin berbisnis, rahasia bisnis modal kecil ala Bob Sadino ini bisa kamu jadikan inspirasi lo. Apa aja sih rahasianya? Hipwee udah merangkum khusus buat kamu nih, simak ya?

1. Yang pertama, pilih sektor bisnis yang paling kamu kuasai. Ini akan membuatmu lebih mudah dalam menjalankan bisnis

Di dunia ini pasti semua orang mempunyai sesuatu yang sangat disukai. Dari hal yang kamu sukai tersebut bisa kamu jadikan peluang bisnis. Sebagai contoh, kamu suka masak, maka kamu bisa membuat aneka makanan unik untuk dijual. Contoh lain misalnya, menulis, mendesain, tata rias dan minat lainnya. Berhubung kamu sudah menguasainya, maka nggak perlu banyak riset sehingga actionnya lebih cepat.

Advertisement

2.Yang kedua, membuat skala prioritas. Kamu hanya akan mengeluarkan uang jika memang benar-benar penting

Punya modal kecil bukan alasan kalau kamu mampu mengatur skala prioritas. Dalam hal ini kamu cukup mengeluarkan uang untuk keperluan bisnis saja. Hal ini untuk mengantisipasi agar nggak kekurangan modal. Menentukan skala prioritas juga sangat penting agar keuangan nggak berantakan. Modal kecil memang harus serba hati-hati dalam mengeluarkan uang.

3.Yang ketiga, berani mengambil risiko. Bisnis dan risiko itu udah satu paket. Kamu harus siap

Ketika kamu udah memutuskan membuka bisnis, maka risiko akan selalu ada. Hal tersebut wajar. Nggak ada bisnis yang langsung menghasilkan banyak uang. Segala sesuatunya harus melalui proses. Yang terpenting adalah bagaimana cara kamu menghadapi setiap risiko yang ada.

4.Yang keempat, banyak belajar dari pengalaman orang lain. Setiap  orang yang ditemui pasti selalu memberi pelajaran baru

Advertisement

Kamu pasti nggak asing dengan kata-kata ini, “kosongkan gelasmu ketika bertemu dengan orang baru”. Sebagai pebisnis khususnya pemula, kamu harus banyak belajar dan menjadikan pengalaman orang lain sebagai pembelajaran. Di luar sana ternyata masih banyak pebisnis sukses yang masih banyak belajar. Ibarat ilmu padi, semakin berisi maka akan semakin merunduk.

5.Yang terakhir, hilangkan keraguan saat akan memulai bisnis. Kalau kamu udah yakin, ngapain harus ragu?

Keraguan seringkali membuat orang hanya stay di tempat dan nggak berani keluar dari zona nyaman. Salah satu quote Bob Sadino yang paling menampar adalah,

“Banyak orang tanya, “bisnis apa yang bagus”. Jawabannya, “bisnis yang bagus adalah yang dijalankan, bukan yang ditanya terus.”

Mulai dari sekarang, jangan pernah ragu dengan apa yang udah bikin kamu yakin. Kalau kamu udah memutuskan mau memilih bisnis apa, kini saatnya action.

Kalau kamu, kapan mau mulai nih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A professional Overthinker.

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE