5 Jenis Kemasan Boks untuk Bikin Jualanmu Naik Kelas. Simak Trennya Hingga Trik Berinovasi!

box packaging trend

Kemasan menjadi daya tarik tersendiri ketika seseorang hendak membeli sebuah barang, mulai dari bentuknya yang cantik atau bahannya yang kokoh semua akan mendapat penilaian walaupun mungkin kadang dilakukan secara tidak sadar. Oleh sebab itulah, produk yang biasa bisa saja naik kelas dengan pengemasan yang tepat dan sesuai dengan tren saat ini. Jika dulu produk-produk banyak yang menggunakan plastik, kini sudah banyak yang mengalihkannya kepada bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan seperti menggunakan kertas atau kardus.

Advertisement

Kemasan ini bukan hanya berlaku untuk berbagai jenis barang saja lo. Kini makanan pun juga banyak yang menggunakan kemasan boks. Nah, kita simak yuk kemasan seperti apa yang menjadi idola dan bagaimana menerapkannya kepada produkmu!

1. Kemasan minimalis akan memberikan kesan elegan bagi produk yang kamu jual, desain bisa dimanfaatkan untuk menonjolkan brand

Minimalis/ Credit: Font in Use via fontsinuse.com

Kini kemasan ini diminati karena terlihat kekinian, sesuai dengan gaya hidup yang dipegang milenial, sederhana, dan elegan. Dilansir dari Slice Design, produk yang ada di dalamnya juga akan terlihat mahal sehingga konsumen akan lebih tertarik dan bangga saat mampu membelinya atau bahkan memberikannya sebagai hadiah. Merek juga bisa lebih ditonjolkan dengan konsep yang satu ini.

2. Floral menjadi salah satu pattern yang tak pernah ketinggalan zaman, ia mampu memberikan kesan yang manis dan segar

Floral/ Credit: The Packaging Insider via thepackaginginsider.com

Salah satu jenis motif yang paling sering digunakan sejak dulu salah satunya adalah motif floral.  Motif yang satu ini akan memberikan kesan manis, segar, dan feminin. Biasanya produk yang tepat adalah produk-produk kecantikan seperti sabun hingga parfum atau kemasan untuk pakaian wanita. Bentuknya yang beragam bisa disesuaikan dengan brand usaha yang dibangun.

3. Jenis mailer box kini juga sedang menjadi primadona, selain lebih personal bisa dijadikan trik marketing juga

Mailer box/ Credit: Pack Help via packhelp.com

Kemasan yang satu ini biasanya bisa didapatkan dengan custom. Ketika dibuka kamu bisa menaruh sapaan dan surat hangat kepada pembeli yang akan menghadirkan kesan personal supaya mereka merasa spesial. Di dalamnya bisa pula menyisipkan merek hingga tagline yang diangkat untuk menaikkan awareness. Dilansir dari Build A Box, kemasan dari hasil custom seperti ini akan meningkatkan branding hingga 68% lo.

4. Boks yang memberikan pengalaman berupa kemudahan atau fungsi lain selain sebagai kemasan akan mendapatkan nilai plus dari konsumen

Ada permainannya/ Credit: The Jakarta Post via www.thejakartapost.com

Kemasan yang bisa memudahkan atau memberikan fungsi lain ke pelanggan bisa menambah nilai produkmu misalnya kotak teh dengan bukaan yang membuat mengambilnya jadi lebih mudah dan produk sisa tetap aman. Contoh yang lain adalah kemasan yang bisa digunakan untuk bermain gim hingga digunakan kembali sebagai tempat penyimpanan barang.

5. Walau namanya boks tapi kamu berhak berinovasi untuk membuatnya memiliki bentuk yang berbeda lo

Advertisement

Bentuk rumah/ Credit: Pinterest via www.pinterest.com.mx

Jika kamu menganggap boks berbentuk kotak terlalu membosankan maka kamu bisa berinovasi dengan membuatnya menjadi berbagai bentuk yang lain, begitupun dengan warnanya yang bahkan bisa dibuat gradiasi. Akan tetapi tetap pilih bentuk-bentuk dan warna yang merepresentasikan produkmu ya. Bisa membuatnya minimalis bisa juga bold sesuai branding yang ingin dibangun.

Walau terlihat mudah namun membuat produk naik kelas melalui kemasan boks pada dasarnya susah-susah gampang. Yang terpenting adalah menyesuaikan dengan citra produk serta sebisa mungkin memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi konsumen baik saat melihat atau ketika membukanya. Semangat dan moga makin laris ya jualannya!

xx
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE