Bekerja di zaman yang serba digital seperti sekarang nggak lagi harus datang ke kantor dari pukul 9 pagi dan berakhir pukul 5 sore. Meskipun para praktiknya, masih ada perusahaan atau instansi tertentu yang mewajibkan para karyawannya untuk hadir di kantor sesuai dengan aturan yang ada. Lalu, apa kabar kamu yang orangnya nggak betah berlama-lama di kantor atau punya tugas lain di rumah yang menunggu diselesaikan, mengurus anak misalnya?

Tenang, baca dulu rangkuman Hipwee Sukses tentang beberapa profesi yang sifatnya fleksibel ini. Kamu nggak harus ngantor, kerjaanmu bisa diselesaikan remote dari rumah. Siapa tahu kamu punya keahlian yang sama?

1. Menjadi seorang penulis biasanya nggak menuntut kehadiran fisikmu di kantor, yang penting tulisanmu beres dan siap diedit dan diterbitkan

Cari inspirasi di luar via www.entrepreneur.com

Advertisement

Jika kamu punya keahlian dalam kepenulisan, nggak ada salahnya kamu mencoba profesi sebagai seorang penulis, khususnya di perusahaan online. Banyaknya media daring yang berkembang saat ini biasanya mempekerjakan penulis dan memberikan kelonggaran untuk bekerja dari rumah. Mengingat pekerjaan sebagai penulis juga perlu memperbarui inspirasi setiap hari agar tercipta ide tulisan yang nggak itu-itu saja, bekerja di luar kantor dirasa bisa mewujudkannya. Paling kamu hanya akan datang ke kantor seminggu sekali untuk meeting mingguan membicarakan rencana kerja.

2. Punya hobi berselancar di dunia maya? Jadi social media strategist nggak perlu ngantor tiap hari kok!

Rajin mantengin medsos via www.teamviewer.com

Profesi sebagai social media strategist butuh effort untuk melihat topik yang sedang ngetren di jejaring sosial, termasuk juga memantau aktivitas pesaing. Nantinya, data dari aktivitas pengguna medsos akan dijadikan materi untuk pemasaran sekaligus membangun komunitas. Karena pekerjaan ini perlu kesediaan penuh untuk memantau aktivitas medsos setiap waktu, maka meski kamu nggak diharuskan kerja di kantor, kamu tetap perlu koneksi internet yang lancar di manapun kamu bekerja.

3. Nah, kamu yang punya bakat berjualan, kenapa nggak kamu coba profesi sebagai digital marketer?

Bisa berinteraksi dari mana saja via www.thebalance.com

Pekerjaan digital marketer bersinggungan dengan social media strategist. Bedanya adalah digital marketer lebih berfokus pada bagaimana menjual produk atau jasa lewat teknologi digital. Namun keduanya sama, yakni bisa dikerjakan dari rumah. Selain pintar berkomunikasi dalam rangka memasarkan produk yang kamu wakilkan, kamu juga perlu pemahaman analisis data untuk mendukung kegiatan pemasaran yang kamu lakukan.

4. Kamu yang lulusan sastra Inggris atau jago berbahasa Inggris, asah skill yang kamu miliki dengan menjadi seorang penerjemah

Bisa disambi maskeran juga, ‘kan? via nypost.com

Advertisement

Menjadi seorang penerjemah juga memungkinkanmu untuk bekerja dari rumah lho! Tapi ini khusus penerjemah tulisan, bukan interpreter yang harus bepergian dan menemani orang yang harus diterjemahkan perkataannya. Mirip dengan penulis, modal penerjemah juga laptop plus koneksi internet yang lancar. Kamu pun perlu belajar aplikasi tertentu untuk membantu memudahkan proses penerjemahan. Jangan kaget, pendapatan dari pekerjaan ini juga nggak main-main mengingat proses menerjemahkan juga butuh keahlian khusus.

5. Pekerjaan lain yang nggak mengharuskanmu untuk selalu ada di kantor adalah desainer grafis

Yang penting komunikasi lancar dengan klien via graphicgasoline.com

Secara garis besar, tugas desainer grafis adalah membuat karya visual dengan komposisi, warna dan juga pesan yang ingin disampaikan. Hampir semua perusahaan membutuhkan desainer grafis (khususnya perusahaan periklanan) untuk mendukung produk yang ingin dikenalkan pada masyarakat. Nggak hanya skill mendesain yang mumpuni, penting buatmu untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik agar bisa memahami apa yang klien ingin sampaikan.

6. Profesi sebagai programmer yang adanya di dunia teknologi informasi juga nggak perlu ngantor untuk mengerjakan coding situs atau bikin software

Bikin program komputer via www.goodgamestudios.com

Profesi yang terhitung baru ini juga bisa dijalani di rumah. Yang penting, kamu punya senjata ampuh buat menyusun dan mengelola program ataupun situs di internet. Malah, banyak programmer freelance yang kerja di lebih dari satu perusahaan. Karena memang sebetulnya programmer bisa kerja di mana saja asal bisa mengerti tentang job yang harus dikerjakan.

Nah, jika kamu ingin cari pekerjaan yang cocok dikerjain dari rumah, pastikan kamu memiliki kompetensi di bidang yang cocok dengan beberapa profesi di atas, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya