6 Cara Menghemat Uang Pribadi, Tanpa Sadar Pundi-Pundi Uang Tersimpan Rapi

Cara menghemat uang

Pengen nabung, tapi kok susah banget sih. Selalu aja kepakai uangnya 🙁

Advertisement

Sebenarnya nggak ada yang sulit untuk menambah pundi-pundi tabungan. Sebab, menghemat uang nggak harus dengan cara yang terasa begitu menyengsarakan hidupmu, seperti harus mengirit makan atau menahan-nahan hasrat belanja. Kamu bisa berhemat dengan cara-cara yang kadang dirimu sendiri tak menyadarinya. Tahu-tahu kamu punya uang simpanan atau pengeluaran bulananmu sedikit berkurang saja.

Kalau mau tahu cara berhemat yang selow, nggak harus sengsara dan berjalan tanpa pernah kamu sadari. Cek dulu nih uraian yang Hipwee Sukses buat di artikel kali ini.

1. Iseng-iseng ikut program tabungan berencana, tahu-tahu dalam satu tahun uangmu terkumpul begitu saja

cara menghemat uang

tabungan berencana | Credit by money.usnews.com

Cobalah ikuti program tabungan berencana dari bank. Sebagai awalan, nominal uang yang terpotong otomatis dari rekeningmu nggak usahlah terlalu banyak, taruhlah 100 ribu. Hitung saja seberapa banyak 100 ribu rupiah yang terkumpul dalam setahun tanpa kamu sadari? Lumayan lo!

Advertisement

2. Memilih belanja dengan uang tunai daripada kartu kredit atau debit yang bisa buatmu lupa daratan

cara hemat uang sederhana

uang cash | Credit by archive.boston.com

Cara menghemat uang selanjutnya adalah prioritaskan uang tunai saat sedang melakukan transaksi. Kepada uang tunai ini kamu bakal bersyukur, kalau sampai detik ini kamu tak harus berurusan dengan hutang piutang kartu kredit, atau pusing saat melihat nominal di tabungan yang rasanya cepat sekali habisnya. Bagaimana nggak cepat habis kalau sebentar-sebentar “kartunya digesek”?

3. Mengumpulkan uang receh dari kembalian belanjamu, 500 rupiah lama-lama bisa jadi ratusan ribu

ngumpulin uang belanjaan | Credit by www.usnews.com

Mulai sekarang, jangan lagi membiarkan uang receh dari kembalian belanja tercecer begitu saja. Pastikan kamu punya satu tempat untuk menyimpannya. Nanti ketika sudah penuh, bawa ke bank untuk ditabung. Karena 500 rupiah itu kelak akan jadi 100 ribu rupiah juga.

4. Bukan pelit, tapi jangan pernah mau uang kembalian belanja ditukar permen atau didonasikan

Advertisement
cara menghemat uang

kembaliannya jangan permen | Credit by www.platosclosetboyntonbeach.com

Mbak, kembalian permen aja mau?

Mbak, lima ratus rupiahnya mau didonasikan saja?

Bukannya pelit, tapi sesekali kamu pun perlu bilang tidak saat uang kembalianmu ingin didonasikan. Kembali lagi ke poin sebelumnya, bukankah nominal 500 rupiah pun lumayan untuk ditabungkan sendiri? Apalagi kalau kamu berbelanja di toko itu berkali-kali. Ini adalah salah satu cara menghemat uang yang paling efektif dan terkadang tidak disadari oleh banyak orang.

5. Jadi pemburu barang diskonan, bikin hasrat belanjamu lebih ramah di pengeluaran bulanan

pemburu barang diskonan | Credit by indiaopines.com

Eh besok ada midnight sale, ke sana yuk!

Nggak ah ngirit.

Sebenarnya berbelanja barang-barang yang di diskon itu salah satu bentuk pengiritan untukmu. Kamu cuma perlu membatasi diri barang apa yang harus kamu beli. Pastikan juga barang yang kamu beli memang kamu butuhkan alias bermanfaat.

6. Memanfaatkan jatah makan siang kantor, kalau ada sisa bisalah jadi makan malam nantinya

cara menghemat uang

makan siang di kantor | Credit by www.glassdoor.com

Eh, makan siang masih ada banyak tuh. Ada yang mau bawa nggak?

Aku mau bawa! Hehehe..

Nggak perlu malu atau sungkan untuk membawa sisa makan siang dari kantor. Selama masih cukup banyak dan layak makan, lebih baik dibawa untuk bekal makan malammu nanti. Kalau dalam sebulan saja kamu bisa beberapa kali mengirit uang makan, kebayang kan sudah berapa nominal yang bisa masuk ke tabungan?

Itu dia enam cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat uang jajan supaya tidak cepat habis. Jadi, cara mana saja nih yang mau atau sudah kamu terapkan? Berhemat itu harus senyamannya kamu. Jangan terlalu memaksakan diri dan sampai buatmu terbebani. Berhemat dengan cara yang selow saja, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tukang catat yang sering dilanda rindu dan ragu

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE