5 Cara Agar Kerjaanmu Selesai Lebih Cepat. Ngapain Ditunda-tunda~

Jangan lama-lama kerja, nanti kamu botak~

Siapa yang pernah numpuk kerjaan padahal deadline-nya bentar lagi? Kadang, otak kita nggak bisa munculin ide sampai kita bingung mau mulai dari mana. Di sisi lain, motivasi kita untuk ngelakuin sesuatu juga sering hilang gitu aja. Mungkin kamu udah mencoba yang terbaik, tapi tetap nggak punya cukup waktu untuk menyelesaikan tugas.

Advertisement

Di zaman sekarang, manajemen waktu jadi salah satu keterampilan penting. Semakin cepat kamu menyelesaikan pekerjaan kamu, semakin baik. Kamu juga jadi punya lebih banyak waktu untuk istirahat dan melakukan hobimu.

Cepat bukan berarti kamu bisa asal-asalan, ya! Kamu harus bekerja lebih cerdas dan tetap mendapatkan hasil terbaik. Untuk itu, kamu perlu banget merenungkan cara untuk menjadi lebih efisien dalam waktu yang ditentukan.

1. Buat to-do list

tips kerja cepat

Rencana to-do-list untuk hari ini | Foto oleh Suzy Hazelwood dari Pexels

Tulis hal-hal yang ingin kamu capai di hari itu supaya kamu bisa mengingat tugas yang harus kamu selesaikan. Kamu harus memastikan to-do list yang kamu buat realistis dan praktis. Jangan sampai kamu terbebani dengan tugas-tugas yang nggak bisa kamu selesaikan, ya! Setelahnya, kamu bisa mencoret setiap tugas yang sudah diselesaikan.

Advertisement

Kamu juga bisa, lo, membuat daftar to-do list untuk jangka panjang. Pertimbangkan deadline dan tanggal merah di masa depan supaya kamu bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Dengan begitu, kamu bisa menikmati liburanmu tanpa terganggu.

2. Singkirkan hal-hal yang mendistraksi

tips kerja cepat

Mematikan ponsel saat bekerja | Foto oleh Lukas dari Pexels

Hindari hal-hal yang bisa mengganggu pikiranmu. Kalau bisa, matikan televisi, ponsel, atau hal-hal lain yang memberimu hiburan. Kamu nggak akan bisa bekerja cepat kalau perhatianmu terus teralihkan. Kamu mungkin akan tergoda untuk istirahat sebentar dan malah keterusan. Semua ini cuma akan memperlambatmu.

3. Buat daftar prioritas

tips kerja cepat

Jadwal harian dengan waktu per jam | Foto oleh cottonbro dari Pexels

Urutkan beban kerjamu dari yang paling berat sampai yang paling ringan. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa memutuskan tugas mana yang paling penting dan mengatur waktu dengan lebih efektif. Mulai melakukan tugas yang paling sulit atau penting terlebih dahulu dapat membantu meningkatkan produktivitasmu, lo. Di kemudian hari, kamu tinggal mengerjakan tugas yang mudah atau kurang penting.

Advertisement

4. Kelompokkan tugas yang mirip

tips kerja cepat

Wanita bekerja dengan macbook miliknya | Foto oleh Christina Morillo dari Pexels

Atur aktivitasmu dengan mengelompokkannya ke dalam tugas serupa. Dengan begini, kamu fokus ke tugas-tugas yang terkait dan nggak perlu pindah-pindah antara tugas yang berbeda. Misalnya, kamu mendedikasikan sebagian waktu untuk membaca dan menanggapi semua e-mail terlebih dahulu, kemudian menjadwalkan daftar panggilan telepon secara berurutan.

5. Pasang timer untuk setiap pekerjaanmu

tips kerja cepat

Alarm di atas meja belajar | Foto oleh JESHOOTS.com dari Pexels

Kamu nggak bisa terus-terusan mengulur waktu. Dengan memasang timer atau mengatur deadline pribadi, kamu bisa menciptakan rasa urgensi di pikiranmu. Nggak cukup kalau cuma pasang timer, mindset-mu pun harus diganti supaya bisa bekerja sesuai tenggat waktu. Dipastikan, kamu akan menyelesaikan tugas sebelum waktu yang ditetapkan.

Kamu bisa menggunakan timer atau stopwatch untuk menghitung berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mengerjakan tugasmu. Sebagai contoh, umumnya, kamu mengerjakan tugas A selama 2 jam. Besok-besok, coba atur timer yang lebih cepat untuk tugas A, misalnya 1 jam setengah. Cobalah untuk selalu menetapkan deadline tertentu untuk setiap tugas supaya pekerjaanmu jadi lebih cepat, ya!

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE