Cara Menjadi Reseller, 3 Langkah yang Menentukan Buat Pemula

Produk, modal hingga media yang dibutuhkan

Sebelum membahas cara menjadi reseller, kamu harus tahu dulu bedanya model bisnis ini dengan dropship. Tentunya buat SoHip yang sering belanja online lewat teman atau orang terdekat, pasti nggak asing dengan reseller, kan? Jenis usaha ini beda lo, dengan dropship.

Singkatnya dropship adalah menjual kembali barang milik orang lain dengan mark up harga tanpa harus menyediakan stok. Sedangkan reseller, konsepnya sama, tetapi biasanya kamu harus menjual dengan harga yang sudah ditentukan dan harus punya stok. Setelah paham bedanya reseller dan dropship, mari pelajari tips menjadi reseller pemula berikut ini.

ADVERTISEMENT

Pilih produk yang peluang lakunya besar

Tips menjadi reseller pemula

Cari produk yang tepat / Credit by Freepik

Untuk mengawali bisnis reseller, kamu perlu melakukan riset pasar dulu. Setidaknya cari beberapa supplier lalu pilih yang produknya punya peluang paling besar di pasar. Bagaimana cara mengetahui peluang tersebut? 

Lakukan riset pasar lewat orang-orang di sekitar. Biasanya ini adalah jenis produk dengan niche yang spesifik. Contohnya camilan khas Korea. Reseller camilan mungkin sudah banyak, tetapi yang khas Korea pastinya punya pasar tersendiri. Jenis konsumen dengan niche spesifik umumnya lebih berpotensi melakukan pembelian berulang.

ADVERTISEMENT

Jangan langsung taruh modal besar

Medal menjadi reseller baju

Perhitungkan modal / Credit by Freepik

Apakah ada cara jadi reseller baju online tanpa modal atau produk apa pun itu? Jawabannya, tidak ada karena reseller pasti butuh modal. Reseller hanya untuk yang berani menaruh modalnya, walaupun sebaiknya jangan langsung dalam jumlah besar.

Dalam bisnis ini, pihak supplier biasanya menawarkan paket khusus reseller. Isinya beberapa buah produk dengan harga satuan yang lebih murah. Coba beli dulu satu paket lalu lihat hasil penjualannya. Jika peminatnya banyak, pesan lagi dan seterusnya. 

Menaruh modal besar di awal agak berisiko bagi pemula. Takutnya kamu langsung rugi di awal apabila produknya ternyata tidak laku-laku amat.

ADVERTISEMENT

Manfaatkan penjualan lewat media online

Cara menjadi reseller baju online

Manfaatkan media sosial / Credit by Freepik

Saat ini pemasaran secara online terbukti jauh lebih efektif. Tujuannya adalah menjangkau lebih banyak calon pelanggan potensial. Cara paling sederhana mungkin dengan mempromosikan produk lewat status WhatsApp. Selain itu masih banyak lagi platform lain yang bisa kamu jajaki.

Manfaatkan semua kanal media sosial mulai Facebook, TikTok, Instagram, dan Twitter. Apakah reseller sebaiknya juga jualan di marketplace? Untuk pemula sebaiknya lihat dulu peta persaingan produk yang kamu jual di beberapa marketplace

ADVERTISEMENT

Kunci Cara Menjadi Reseller Pemula

Panduan cara menjadi reseller barusan hanyalah langkah awal yang perlu kamu lakukan. Selanjutnya, silakan pelajari lebih banyak strategi pemasaran agar bisa menang dari kompetitor. Kuncinya adalah riset produk dan ketahui target pasar.

Nah, itulah cara menjadi reseller yang bisa kamu pahami dan praktikkan ketika ingin berbisnis menjadi reseller. Selain beberapa hal di atas, tentunya kamu juga butuh ketelatenan dan konsistensi supaya bisa sukses.

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan