Cara Menjadi Selebgram sampai Mendapatkan Endorse Pertama

Hal-hal yang mesti kamu perhatikan supaya brand tertarik bekerja sama

Kamu tertarik menjadi seorang selebgram? Kelihatannya, profesi satu ini memang tengah dilirik oleh banyak orang. Pekerjaannya yang unik dan menyenangkan jadi alasan mereka tertarik dengan profesi ini.

Advertisement

Cara menjadi selebgram itu bukan cuma dengan banyak-banyakan followers. Ada hal-hal yang mesti kamu perhatikan supaya brand tertarik bekerja sama.

Pastinya, kamu pengen dong dapat endorse rutin dan bisa menghasilkan jutaan rupiah tiap bulan? Kalau kamu penasaran dengan rahasianya, simak baik-baik cara menjadi selebgram pemula berikut ini.

Ciptakan karakter yang kuat (personal branding)

unik

Membangun karakter | Credit: Freepik

Cara menjadi selebgram yang pertama adalah dengan membangun karakter alias personal branding. Inilah faktor pembeda kamu dari selebgram lainnya sekaligus menjadi alasan orang untuk mengikuti kamu.

Advertisement

Apa saja yang termasuk personal branding?

Personal branding biasanya meliputi presentasi konten dan karakter personal kamu. Cari tahu apa hal yang bisa ‘dijual’ dari kelebihanmu lalu tunjukkan itu kepada audiens.

Contohnya Fadil Jaidi, di setiap kontennya dia suka ngisengin bapaknya dengan tingkah-tingkah konyol. Itulah ciri khas yang ia ciptakan.

Advertisement

Bangun interaksi yang nyata dengan followers

interaksi dengan followers

Bangun interaksi dengan pengikut | Credit: Freepik

Jangan beli followers jika kamu ingin serius menjadi selebgram. Sebab, follower instan tidak bisa menghasilkan engagement organik. Kamu pasti sering melihat akun Instagram yang punya 100k followers, tetapi post-nya cuma disukai 100 orang. Nah, itulah risiko beli follower.

Akhirnya, brand pun pasti akan berpikir dua kali kalau mau endorse kamu. Tidak ada minimal followers untuk jadi selebgram karena yang diutamakan adalah interaksi alami. Caranya antara lain dengan membalas komentar, membuat caption yang menarik, menggunakan hashtag, posting di jam ramai, dll.

Bikin konten yang original untuk audiens

membuat konten

Membuat konten original | Credit: Freepik

Selebgram harus membuat konten original, bukan sekadar repost materi orang. Alasannya supaya para followers merasa bisa dapat konten eksklusif dari kamu. Kualitas konten bisa dipoles seiring berjalannya waktu, tetapi orisinalitas adalah yang paling penting.

Fokus pada satu niche lalu buat kontennya secara konsisten. Maksimalkan berbagai jenis postingan Instagram seperti foto, video, story, reels, dan guide.

Tipsnya adalah fokus pada konten visual alih-alih menulis caption panjang. Konten adalah kendaraan yang suatu saat nanti akan membawamu viral dan menjadi selebgram sesungguhnya.

Punya persona, organik, dan original

Cara menjadi selebgram memang butuh proses panjang. Kalaupun ada yang kelihatannya instan, berarti orang tersebut memanfaatkan momentumnya dengan baik. Kuncinya adalah persona, organik, dan original.

Selamat mencoba ya, SoHip. Jangan lupa beri kabar kalau sudah menjadi selebgram!

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE