Jangan Mudah Terinspirasi Kisah CEO Dunia yang Sukses Meski Putus Sekolah, Bukan Itu Intinya…

CEO putus sekolah

Kisah hidup dan perjalanan karier orang sukses memang layak menjadi motivasi bagi banyak orang. Beberapa dari mereka membangun bisnis atau memperjuangkan karier dengan banyak keterbatasan dan itu bisa menjadi inspirasi. Misalnya saja Mark Zuckerberg, pendiri Facebook yang ternyata putus sekolah saat kuliah di Harvard. Sama halnya dengan Bill Gates, pendiri Microsoft dan Steve Jobs, pendiri Apple yang meninggalkan bangku kuliah untuk merintis bisnis hingga akhirnya bisa sukses bahkan masuk jajaran miliarder dunia.

Siapa sih, yang nggak kagum kalau ada orang yang putus sekolah tapi bisa sukses sampai mengalahkan orang-orang yang sekolah?

Namun, kekaguman tersebut kadang justru membuat publik menjadikan orang sukses yang putus sekolah sebagai contoh yang bisa ditiru siapa saja. Bahkan nggak jarang Mark, Bill dan Steve menjadi kiblat bagi anak muda yang putus sekolah dengan berharap bisa sukses seperti mereka. Padahal nggak semudah itu, kan? Pemahaman tentang hubungan positif yang kuat antara putus sekolah dan kesuksesan yang banyak diyakini publik dari contoh orang sukses dunia, justru menjadi sebuah kesalahan. Mengapa demikian? Yuk, coba kita pahami lebih dalam!

Kisah beberapa miliarder dunia yang bisa sukses meski putus sekolah menjadi mitos yang sangat diyakini publik

Mark Zuckerberg sempat kuliah di Harvard, tapi akhirnya keluar | Credit by Anthony Quintano on Flickr

Banyak orang yang ingin putus sekolah menjadikan kisah orang sukses sebagai gambaran jalan hidupnya. “Ah, Bill Gates juga putus sekolah, tapi bisa jadi miliarder,” anggapan semacam ini justru menjadi bumerang karena menganggap kesuksesan seseorang yang putus sekolah sebagai pembelaan diri, padahal hanya mitos belaka. Melansir dari Entrepreneur, orang sukses yang putus sekolah memiliki faktor keberhasilan lain yang lebih besar selain keputusan meninggalkan bangku sekolah. Namun, publik justru menganggap putus sekolah sebagai hal yang lebih diperhatikan, sebab pencapaian Mark, Bill dan Steve memang sangat luar biasa dibanding orang-orang pada umumnya.

Mengapa kisah orang sukses yang putus sekolah justru menjadi mitos? Padahal Mark, Bill dan Steve menjadi bukti kalau orang yang putus sekolah bisa sukses, bukankah itu fakta?

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day