Ya ampun, lupa gue! Deadline-nya hari ini!

Mati awak, tugasnya dikumpul hari ini! (nepok jidat)

Duh, kunci kosan beta mana ya? Manaaa?

Hutang ke si Ucup udah gue bayar belom ya?

Menjadi orang yang lupaan itu nggak enak ya. Apalagi kalau udah berhubungan dengan masalah pekerjaan dan tugas kuliah. Sering lupa bisa menyebabkan beberapa pekerjaanmu jadi terbengkalai. Duh, repot jadinya. Sangat disayangkan kalau kamu masih muda dan gampang lupa. Biar kamu nggak gampang lupa lagi, kali ini Hipwee bakal merangkumkan cara  untuk meningkatkan daya ingat. Dipraktikan ya, Guys!

1. Tidur yang nyenyak dan cukup waktu membantu meningkatkan daya ingatmu. Karenanya jangan sering-sering begadang ya..

Tidur yang cukup ya, Guys! via www.psfk.com

Begadang jangan begadang, begadang tiada artinya,

Begadang boleh saja, asal ada.. (Hayo, asal ada apa?)

Begadang memang bikin ketagihan. Tapi jika dilakukan terus-terus jelas nggak baik buat kesehatan. Karenanya tidurlah yang cukup. Setidaknya untukmu yang berusia 20-an tahun, tidurlah 7-9 jam perhari. Sebab ketika tidur, otak kita beristirahat. Tak hanya itu, waktu tidur yang cukup juga dapat meningkatkan daya ingat. Namun, nggak berarti juga kamu harus tidur sepanjang hari ya. Tetap saja, tidurlah dengan waktu yang cukup, nggak berlebihan tapi juga nggak kurang.

2. Tahukah kamu jika mengikuti organisasi atau bahkan aktivitas sederhana membaca Koran, bisa meningkatkan kinerja otakmu?

Advertisement

Sering-sering baca koran. Kalau nggak, artikel berita online juga bisa. via www.huffingtonpost.com

Jangan biarkan otakmu nggak produktif. Nah, untuk meningkatkan kinerja otak, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas sederhana. Seperti misalnya membaca koran. Sementara itu, mengikuti kegiatan organisasi juga tergolong meningkatkan kinerja otak. Sebab ketika kamu terlibat organisasi, kamu diharuskan untuk bersosialisasi dengan orang lain dan dihadapkan pada tantangan untuk menyelesaikan masalah.

3. Sering-sering berinteraksi dengan orang lain bisa mencegah dari stress, sebab stress bisa menurunkan daya ingat

Ikut komunitas menyulam misalnya. Selain bisa menyalurkan hobi, kamu juga bisa berinteraksi dengan teman baru. via www.projectchemocrochet.com

Berinteraksi dengan orang lain bisa meningkatkan daya ingat. Sering-sering ngobrol dengan banyak orang bisa menambah insight baru buatmu. Mengikuti komunitas atau kelas bahasa adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesempatanmu berinteraksi dengan orang lain. Dengan sering-sering berinteraksi dengan orang lain, kamu bakal terhindar dari stress. Seperti yang diketahui stress bisa menurunkan daya ingat. Baiknya jangan sering-sering mager ya, Guys! Yuk, sibukkan dirimu dengan beragam kegiatan positif!

4. Makanan yang sehat selalu bisa menjaga daya ingat. Perbanyak makan brokoli dan ikan Salmon ya, dijamin deh terhindar dari penyakit lupa!

Brokoli bisa mempertajam daya ingat. via servingjoy.com

Buat kamu yang sering lupa, sepertinya kamu kurang asupan nutrisi dari sayur-sayuran hijau deh. Salah satunya brokoli. Tahu nggak sih, Guys? Kalau ternyata brokoli diperkaya dengan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel otak dan juga memfasilitasi pertumbuhan sel-sel otak. Selain itu, ikan Salmon yang mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi, juga dapat mempertajam memori. Nggak hanya brokoli dan Salmon aja yang bisa meningkatkan daya ingat, telur, kubis, dan stroberi juga demikian.

5. Kamu juga bisa lho menyiasati kelupaan dengan menulis di notes kecil. Catat agenda atau tugas apa aja yang harus kamu kerjain setiap harinya!

Catat agendamu di notebook gitu. Biar nggak lupa! via www.tumblr.com

Jangan malas untuk mencatat. Kamu yang lupaan baiknya punya notebook untuk mencatat agenda apa saja yang wajib untuk kamu selesaikan. Dengan begini kamu nggak akan melupakan tenggat waktu kerjaan ataupun tugas kuliah. Bahkan kamu juga bisa mencatat hutang-hutangmu, Guys! Hhehehe… Biar kamu tetap ingat pernah minjem duit ke siapa aja. Hhehehehe….

6. Aktivitas fisik dan games yang mengasah otak dijamin bakal semakin meningkatkan daya ingatmu!

Games tebak gambar. via rafif-blackops.mywapblog.com

Saat ini udah tersedia banyak games di dunia maya yang bertujuan untuk meningkatkan daya ingat dan mengasah kemampuan otak untuk berpikir. Yakni games tebak gambar atau Duel Otak yang sempat heboh beberapa waktu lalu. Tak hanya itu, olahraga seperti jogging, nge-gym, atau berlari, ternyata merangsang pertumbuhan otak dan sel saraf untuk bekerja dengan baik. Sehingga bisa meningkatkan daya ingatmu. Jadi nggak gampang lupaan deh. Hehehehe…

7. Dehidrasi mengakibatkan masalah memori. Karenanya banyak-banyak minum air putih deh! (Bukan termakan iklan lho!)

Minum air putih 8 gelas setiap hari. via elitedaily.com

Bukannya termakan iklan, minum air yang cukup memang baik untuk tubuhmu, Guys! Karena kalau kamu dehidrasi, energi mentalmu bisa berkurang, sehingga berdampak pada masalah memori. Inilah kenapa begitu gencar kampanye untuk minum air putih 8 gelas sehari. Supaya kamu tetap fokus dan nggak lupaan.

Sering lupa di usia muda, sedikit banyaknya mengganggu kinerja dan produktivitasmu. Coba deh kamu bayangin, kalau di kantor sering lupa sama agenda kerjamu sendiri? Duh, bisa-bisa dimarahin sama atasan! Hhehehe… Nah, semoga cara-cara di atas bisa kamu praktikan ya, Guys! Biar kamu nggak lupaan lagi nih.