Twit Pertama Pendiri Twitter Ditawar Rp35,8 Miliar! Kenalan dulu Yuk Sama NFT alias Aset Digital

digital aset apa

Mengoleksi barang-barang yang langka dengan harga yang mahal menjadi salah satu hobi para orang kaya, mulai dari lukisan, barang antik, atau mungkin sepatu dengan edisi terbatas. Ternyata makin ke sini hobi tersebut juga beralih platform ke dunia maya. Salah satu kabar yang mengejutkan adalah ada yang menawar twit pertama pendiri akun Twitter @jack dengan harga yang fantatis yaitu $2,5 juta atau Rp35,8 miliar! Padahal kalau dibaca isi twitnya mungkin terdengar biasa saja.

Advertisement

just setting up my twttr

Dilansir dari CNN, cuitan singkat tersebut sudah ditawar oleh Sina Estavi yang merupakan seorang CEO dari Bridge Oracles. Mendengar pernyataan tersebut mungkin timbul banyak pertanyaan di kepala seperti bagaimana klaim kepemilikannya hingga kenapa seseorang rela membeli sebuah cuitan dengan harga fantastis. Ternyata cuitan tersebut termasuk NFT. Apa itu? Simak yuk penjelasan selengkapnya!

NFT merupakan singkatan dari Non-Fungible Token yang merupakan aset digital yang bisa digunakan untuk koleksi

Dilansir dari Investopedia, NFT secara lebih rinci berarti aset kriptografik di blockchain (sistem penyimpanan data digital) dengan kode identifikasi unik dan metadata untuk membedakan antara yang satu dengan yang lainnya. Biasanya aset ini digunakan untuk transaksi di beberapa tempat, investasi, dan juga koleksi. Makanya banyak juga seniman yang menggunakan NFT untuk menjual karya seni mereka atau bahkan para developer perumahan yang menjual rumah yang ada wujud nyatanya. Selain itu, contoh aset yang lain seperti kartu olahraga, berbagai item dalam gim, bahkan sebuah esai.

Advertisement

Lalu kamu mungkin penasaran bagaimana sesuatu yang berbentuk digital bisa dimiliki oleh seseorang

NFT memiliki kemiripan dengan bitcoin di mana hal ini memiliki detail kepemilikan untuk memudahkan identifikasi dan transfer antara pemegang token. Informasi lain di dalamnya juga unik dan sulit untuk direplikasi sehingga akan sulit membuat NFT palsu. Aset ini juga dapat dilacak datanya mulai dari siapa yang menerbitkan, siapa pemilik pertama, hingga siapa pemilik terakhirnya. Tak hanya itu, pemilik juga bisa menambahkan metadata atau atribut tertentu pada aset yang dimiliki. Misalnya seorang seniman bisa menambahkan ciri khas mereka pada karya digital dalam bentuk tanda tangan ke dalam metadata.

Advertisement

Nilai sebuah cuitan juga bisa bernilai sampai miliaran rupiah padahal mungkin di luar sana ada berbagai cuitan yang lebih menarik. Kok bisa ya?

Harga yang diberlakukan untuk NFT ternyata tergantung dengan mekanisme pasar. Nilai tersebut akan didapatkan sesuai dengan tingkat permintaan dan penawaran aset. Layaknya barang langka dan barang koleksi lainnya, nilai yang timbul bukan hanya dari modal produksi yang dibutuhkan untuk membuat aset tersebut namun justru muncul dari keyakinan bersama orang-orang yang menganggap barang tersebut berharga. Kode unik pada masing-masing aset yang menimbulkan scarcity atau kelangkaan juga biasanya membuat para kolektor rela mengeluarkan uang yang banyak demi melengkapi koleksinya.

Wah, semakin ke sini cara memiliki aset makin banyak pilihannya ya, bentuknya pun bisa bermacam-macam. Dari sini kamu bisa mulai bikin karya-karya digital juga nih. Siapa tahu kan Instagram Story  atau cuitan sambat yang selama ini iseng kamu buat eh ternyata menarik hati crazy rich yang nggak sengaja melihat.

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE