Informasi Lengkap Seputar Gaji Kepala Desa!

Saat ini, salah satu profesi yang banyak disegani oleh masyarakat adalah kepala desa.

Beberapa waktu ini, profesi kepala desa kembali marak masyarakat minati. Hal ini tidak jauh dari adanya kepala desa muda yang sempat terkenal di platform YouTube dan TikTok. Selain banyak peminatnya, ternyata gaji kepala desa juga cukup menggiurkan, lho!

Advertisement

Kepala desa merupakan pemimpin paling tinggi di tingkat desa. Jika zaman dahulu jabatan kepala desa identik dengan bapak atau ibu di usia empat puluh hingga lima puluhan, maka kini stigma tersebut sudah berubah.

Pasalnya, kini banyak generasi muda yang berani maju dan menjadi pemimpin di desanya. Dengan demikian, mereka dapat memimpin desa dengan lebih prima. Selain itu, posisi kepala desa juga saat ini banyak diperebutkan oleh masyarakat.

Hal ini tentu saja tak jauh dari gaji kepala desa yang ternyata cukup menjanjikan. Nah, jika kamu penasaran, maka di artikel ini kamu akan mendapatkan informasi lengkap seputar perkiraan gaji kepala desa.

Advertisement

Akan tetapi, sebelum kita lanjut, kira-kira gaji kepala desa itu dari mana, ya?

Asal Gaji Kepala Desa

Pernahkah kamu penasaran, sebenarnya gaji kepala desa itu asalnya dari mana?

Advertisement

Ternyata, sesuai dengan apa yang tercantum di Peraturan Pemerintah Nomor Sebelas Tahun 2019, asal gaji kepala desa dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa atau APBDesa.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang asal gaji kepala desa. Maka selanjutnya, kita dapat membahas, berapa sih rata-rata atau perkiraan gaji kepala desa?

Perkiraan Gaji Kepala Desa

Berdasarkan atas apa yang telah pemerintah cantumkan di Pasal Delapan, Ayat Dua, Peraturan Pemerintah Nomor Sebelas Tahun 2019, paling sedikit kepala desa harus menerima gaji yakni di angka Rp2.426.000.

Dengan kata lain, jumlah gaji kepala desa perbulan merupakan hasil perhitungan dari seratus dua puluh persen dari gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berada di golongan II (A).

Selanjutnya, kepala desa juga mendapatkan beberapa tunjangan. Berikut informasinya.

Tunjangan Kepala Desa

Berikutnya, khusus untuk tunjangan kepala desa, ada dua sumber.

Pertama, dari tanah bengkok. Yakni, dari persentase penjualan tanah di desanya.

Kedua, tentu saja dari tiga puluh persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Akan tetapi, angka tiga puluh persen itu nantinya akan dibagi dengan perangkat desa tinggi lainnya. Seperti sekretaris desa.

Kesimpulan

Jadi, gaji pokok dari kepala desa adalah sekitar dua juta empat ratus dua puluh enam ribu. Sedangkan, untuk tunjangan, harus ada perhitungan yang sesuai dengan jumlah APBDes yang desa terpimpin dapatkan.

Jadi, demikianlah informasi seputar gaji kepala desa. Bagaimana, apakah kamu tertarik menjadi seorang kepala desa?

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE