6 Profesi ini Bergaji Rendah di Indonesia, Tinggi di Luar Negeri. Sesuai Risiko yang Dihadapi~

gaji kerja luar negeri

Ada beberapa pekerjaan yang dilakukan di Indonesia dengan gaji yang relatif rendah padahal biasanya sangat dibutuhkan. Selain itu, keahlian tertentu juga diperlukan agar bisa mengerjakan beberapa pekerjaan ini, belum lagi tenaga yang terkuras. Akhirnya karena tak ada pilihan lain, walaupun memiliki gaji yang kadang tidak sesuai hal tersebut terpaksa dilakukan. Pilihan lainnya, dengan kemampuan yang sama bisa jadi beberapa orang memilih untuk mencari rezeki di negara lain agar mendapat kehidupan yang lebih baik.

Advertisement

Alasan memilih bekerja di luar negeri ya karena pendapatan yang diperoleh bisa berkali-kali lipat daripada yang didapatkan di sini walaupun kemampuan dan tenaga yang dikeluarkan sama. Lalu, pekerjaan apa saja yang digaji rendah di sini ternyata digaji tinggi di luar negeri? Simak yuk beberapa di antaranya!

1. Salah satu pekerjaan yang sering dilakukan banyak warga Indonesia di luar negeri adalah menjadi asisten rumah tangga

ART/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Pekerjaan ini memerlukan keahlian yang mungkin bisa dilakukan oleh banyak orang, syaratnya mau bekerja keras dan tidak gengsi. Jika di sini gaji yang diberikan terbilang sedikit, justru di luar negeri gajinya terbilang lebih tinggi. Di Indonesia, gaji Rp100.000,00 sehari mungkin sudah terbilang tinggi padahal di Hong Kong pendapatan sebulan bisa mencapai Rp4.000.000,00 dengan tugas yang relatif ringan. Bahkan di Kanada, jasa ini dihargai Rp100.000,00/ jam.

2. Tukang ledeng mungkin terdengar kurang populer ya saat membicarakan pekerjaan, namun di luar negeri gajinya cukup fantastis lo

Tukang ledeng/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Tukang ledeng berarti orang yang melakukan pemasangan hingga servis pipa. Akan tetapi, di sini mungkin penghasilannya kurang bisa diandalkan mengingat mungkin jasanya tidak setiap hari diperlukan. Sudah begitu bayarannya pun relatif kecil. Di luar negeri seperti di Amerika Serikat, pekerja yang satu ini bisa mendapatkan gaji hingga ratusan juta lo dalam setahun.

Advertisement

3. Tukang sampah di sini mungkin menjadi pekerjaan yang cukup dihindari. Pasalnya, yang dikerjakan rasanya tidak sepadan dengan uang yang didapat

Tukang sampah/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Harus berkutat dengan sampah entah bekas apa setiap hari namun memiliki gaji yang tidak seberapa, paling pol mungkin hanya sekitarRp2.000.000,00. Padahal jasanya sangat dibutuhkan agar sampah tak terus menumpuk di pekarangan. Di Amerika ternyata gaji  yang didapatkan cukup besar lo. Dilansir dari Money US News, mereka bisa mendapatkan hingga $37.260 atau Rp535.146.750,00 lo!

4. Perawat memiliki jam kerja yang dibagi shift sehingga mungkin bekerja di malam hari, namun gajinya ternyata tak cukup tinggi di sini

Perawat/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Perawat menjadi garda terdepan yang ikut membantu dokter dalam merawat pasien. Biasanya shift kerja dibagi hingga ada yang bekerja di saat malam hari, belum lagi perbandingan perawat dan pasien yang harusnya 18:10.000 ternyata baru tercapai 10:10.000 orang. Namun ternyata dilansir dari Lifepal, gaji mereka sekitar Rp2,5juta hingga Rp7juta. Mungkin terhitung tinggi, tapi di negara lain seperti Belanda dan Spanyol, gaji mereka sekitar Rp250.000,00 per jam yang mana artinya satu bulan mereka bisa mendapatkan gaji puluhan juta rupiah.

5. Wartawan merupakan pekerjaan yang berisiko, sementara di sini gajinya kecil ternyata di luar negeri gajinya fantastis

Wartawan/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Mulai dari liputan acara hiburan hingga demo besar-besaran, wartawan selalu diharapkan menjadi nomor satu yang mengabarkan peristiwa tersebut, makanya risikonya tergolong cukup besar. Sedangkan gaji yang didapat di Indonesia, dilansir dari Gajimu hanya sekitar Rp2,5juta hingga Rp5,5juta. Padahal di luar negeri, profesi ini bisa sampai $30.000 atau lebih dari Rp300juta per bulannya lo.

Advertisement

6. Selalu sedia setiap saat adalah hal yang harus dipegang saat menjadi seorang pemadam kebakaran. Apakah gajinya sesuai risiko?

Pemadan kebakaran/ Credit Freepik via www.freepik.com

Jam berapapun ditelpon karena adanya kebakaran atau penyelamatan yang lain, maka pemadam harus selalu siap. Belum lagi moto mereka adalah pantang pulang sebelum padam. Risikonya pun tak kalah menyeramkan yang harusnya membuat mereka mendapatkan gaji yang besar. Di Indonesia gaji pemadam sekitar Rp5juta, namun di luar negeri ternyata mereka bisa memperoleh Rp400juta dalam setahun!

Untuk tenaga dan berbagai risiko yang sudah dikeluarkan, negara-negara lain ternyata memiliki patokan gaji yang lebih tinggi daripada di Indonesia. Makanya, kadang banyak yang lebih memilih untuk menjadi tenaga kerja di negara terrsebut. Kalaupun akhirnya memilih untuk bekerja di dalam negeri, mungkin karena tak ada pilihan yang lain.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE