Informasi Lengkap Seputar Gaji Pilot di Indonesia!

Pernahkah kamu penasaran dengan berapa sih gaji seorang pilot? Berikut informasi lengkapnya!

Apakah kamu pernah memiliki cita-cita sebagai seorang pilot? Atau, kamu pernah berpikir untuk masuk sekolah penerbangan? Nah, jika kamu salah satunya, maka kamu wajib tahu serba-serbi gaji pilot!

Advertisement

Profesi pilot maskapai penerbangan memang salah satu pekerjaan yang hampir semua orang idamkan. Selain mendapatkan berbagai tunjangan, gaji pilot penerbangan juga acapkali menjadi perbincangan hangat di kalangan pekerja.

Oleh karena itu, berikut kami berikan informasi lengkap seputar perkiraan gaji pilot serta tunjangan pilot di Indonesia!

Informasi Gaji Pilot

informasi gaji pilot

Credit: Unsplash

Selanjutnya, mari kita membahas dengan lengkap seputar gaji pilot di Indonesia!

Advertisement

Gaji Pilot Maskapai Domestik

Informasi yang paling baru dari IPI, yakni Ikatan Pilot Indonesia, perkiraan gaji pilot di Indonesia dengan posisi kapten ada di kisaran Rp38.000.000 – Rp45.000.000 per bulan.

Berikutnya, menurut kutipan buku Profesi Awak Kabin Udara, Profesi Idaman Saat Ini karya Arista Atmadjati, profesi pilot rata-rata mendapatkan gaji sekitar US$80.000. Jika kamu konversikan ke rupiah, maka kisarannya adalah Rp93.000.000 per bulannya.

Advertisement

Itu baru gaji pilot nasional. Nah, untuk perkiraan gaji pilot internasional, berikut informasi selengkapnya untuk Anda!

Gaji Pilot Maskapai Internasional

Berikutnya, mari kita membahas tentang gaji pilot maskapai internasional.

Tentu saja, gaji pilot yang bekerja di maskapai internasional jauh lebih banyak daripada gaji pilot domestik. Untuk perkiraan gaji, pilot internasional ternyata mendapatkan gaji sekitar US$145.000.

Apabila kamu konversikan ke rupiah, maka kisaran gaji pilot maskapai internasional adalah sekitar Rp169.000.000. Wah, benar-benar angka yang fantastis, ya?

Selanjutnya, kita akan berlanjut ke pembahasan tentang tunjangan yang pilot dapatkan.

Tunjangan Pilot

tunjangan gaji pilot

Credit: Unsplash

Selain gaji, pilot juga tentu saja mendapatkan tunjangan dari maskapainya. Beberapa tunjangan yang pilot dapatkan antara lain adalah asuransi kesehatan dengan coverage all risk dan jatah tiket penerbangan untuk pilot serta keluarganya.

Kesimpulan

Dari informasi di atas, maka kamu dapat mengetahui bahwa gaji yang pilot dapatkan bergantung pada maskapai dan jenis penerbangannya. Sedangkan, untuk rentangnya, gaji pilot berada di rentang Rp39.000.000 – Rp160.000.000. Benar-benar angka yang fantastis, kan?

Namun, penting untuk kamu ketahui, gaji pilot di atas tentunya memerlukan skill juga biaya pendidikan yang tidak murah. Dengan kata lain, apa yang mereka dapatkan pastinya sebanding dengan apa yang telah mereka keluarkan.

Jadi, bagaimana, kamu tertarik untuk menjadi pilot setelah mendengar gaji pilot di Indonesia? Berikan tanggapanmu di bawah, ya!

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE