Siapa sih yang gak pingin ke luar negeri?

Bisa menimba ilmu atau bekerja di negeri tetangga menjadi impian bagi sebagian orang. Selain pengalaman yang didapatkan, terkadang belajar atau bekerja di luar negeri dapat memberi peluang hidup yang lebih baik. Namun, impian ini seringnya berhenti begitu saja di tengah jalan. Kamu merasa berkecil hati karena tidak memiliki nilai yang cukup tinggi untuk program beasiswa, atau minder karena tidak memiliki modal yang cukup besar untuk hijrah ke sana.

Hei, jangan menyerah dulu! Karena sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba. Penasaran apa saja? Di sini akan Hipwee jabarkan untukmu!

1. Au pair – cara sederhana untuk bekerja, belajar, dan tinggal untuk sementara waktu di negara impianmu.

Sudah pernah dibahas di artikel au pair sebelumnya, au pair merupakan solusi bagi kamu yang ingin mewujudkan cita-cita untuk tinggal sementara waktu di negara impian. Mulai dari negara-negara di Amerika, Eropa, dan juga Australia. Gak perlu khawatir kamu gak bisa bahasa Spanyol, Itali, Jerman, dan lainnya. Karena ada beberapa negara yang gak mewajibkan bahasa asal negara tersebut, dengan hanya menguasai bahasa Inggris kamu sudah bisa kok pergi ke sana.

Advertisement

Nantinya, di negara tujuanmu kamu akan memiliki keluarga asuh. Kamu akan bekerja di keluarga tersebut, gak usah khawatir karena au pair sama sekali berbeda dengan TKI. Jam kerjamu akan dibatasi hanya pada working days dan maksimal 8 jam sehari dan kamu akan mendapatkan upah sesuai kesepakatan. Bahkan, di sini kamu benar-benar dianggap keluarga sendiri. Kamu akan makan di meja yang sama dengan mereka, mendapat kamar sendiri, dan mereka juga berkewajiban untuk mengajakmu liburan bersama keluarga. Asik ‘kan?

Gak cuma itu, ada beberapa keluarga asuh juga yang bersedia membiayai kursus bahasa selama kamu tinggal di sana. Kamu bisa mengunjungi website au pair untuk informasi lebih lengkap.

2. Ikut berbagai organisasi dan aktif dalam kegiatan. Siapa tahu dari sini kesempatan pergi ke luar negeri bisa datang.

aktif berorganisasi via rizkibeanpratama.wordpress.com

Ikut berbagai organisasi atau aktif dalam kegiatan gak akan pernah membuatmu merugi. Selain memperluas jaringan, menimbun pengalaman, kesempatan untuk pergi ke luar negeri juga bisa datang. Dengan selalu aktif di dalam organisasi, bukan gak mungkin kamulah yang ditunjuk untuk mewakili organisasi tersebut untuk bergabung dengan event yang dihelat di luar negeri.

3. Cari kerja yang berpotensi mengirimmu ke luar negeri. Mulai dari pegawai negeri, broadcast, travel agent, hingga penulis buku layak dilakoni.

cari kerja yang bisa mengirimmu ke luar negeri via ethariesta.wordpress.com

Sebenarnya banyak pekerjaan yang berpotensi besar mengirimmu ke luar negeri. Gak cuma menjadi staf travel agent saja, bahkan bekerja di media hingga pegawai negeri bisa juga mengirimkanmu untuk pergi ke negara impian. Mungkin saja kamu berpeluang untuk ditugaskan demi meliput event tertentu. Bahkan, profesi seperti pegawai negeri sipil juga bisa membuatmu dikirim ke luar negeri demi studi banding. Banyak juga kok perusahaan swasta yang mau berinvestasi menyekolahkan para karyawannya di luar negeri.

4. Terkadang kampus juga mengadakan program pertukaran pelajar bagi mahasiswanya. Jangan keburu minder dulu, gak ada salahnya mencoba.

student exchange via www.dtu.dk

Jelilah dalam melihat peluang. Oleh karena itu, jangan malas untuk selalu mengecek papan pengumuman. Terkadang ada beberapa universitas yang menjalin ikatan persahabatan dengan kampus dari negara lain. Di sini mereka memiliki program pertukaran pelajar yang gak hanya berfungsi untuk membina hubungan baik. Namun, juga sebagai sarana untuk saling belajar demi memperbaiki mutu pendidikan.

Kamu bisa kok ikut program ini. Jangka waktunya pun beragam, ada yang hanya dilaksanakan selama musim panas saja atau bahkan hingga 2 semester sekaligus. Memang peminatnya bisa sangat banyak, namun jangan minder dulu. Gak ada salahnya kok mencoba, siapa tahu justru kamu yang merasa biasa-biasa saja yang mendapat kesempatan ini.

5. Jangan pandang sebelah mata pada potensi dan hobi sendiri. Siapa tahu pengalaman ke luar negeri justru bisa didapat dari sini.

jangan pandang sebelah mata pada hobi via friday.az

Hobi sendiri gak bisa dipandang sebelah mata, karena kadang potensimu bisa dilihat dan terasah dari sini. Gak perlu malu kalo kamu cuma hobi membaca atau menggambar. Siapa tahu berkat kegemaranmu membaca, kamu bisa jadi penulis hebat. Hobi menggambar juga bisa mengantarmu menjadi pelukis yang bisa pergi ke luar negeri. Bahkan, hobi lain yang terlihat remeh temeh bisa kok menjadi kendaraanmu untuk menggapai mimpi ke luar negeri.

6. Bergabunglah dengan komunitas kebudayaan. Gak usah malu dibilang ketinggalan zaman, toh selain mengembangkan budaya negara sendiri kamu juga bisa pergi ke luar negeri.

bergabunglah dengan komunitas kebudayaan via seleb.tempo.co

Apa budaya lokal dari daerahmu? Jangan malu untuk ikut bergabung dengan komunitas kebudayaan yang ada di kotamu. Jangan takut juga dicap sebagai anak muda yang ketinggalan zaman. Justru ini membuktikan bahwa kamu merupakan anak muda yang tahu cara mencintai kebudayaan sendiri. Karena ini pula artinya kamu gak gampang ikut arus perkembangan zaman.

Gak hanya merupakan wujud mencintai dan merawat kebudayaan sendiri, kamu juga bisa memperluas relasi dari sini. Bahkan, gak heran jika aktivitasmu satu ini bisa menuntunmu untuk pergi ke luar negeri demi unjuk kebolehan budaya dari Indonesia.

7. Jadilah beasiswa hunter. Gak semua beasiswa mengharuskan nilai tinggi kok, tergantung seberapa gigih dan jelinya kamu melihat situasi.

beasiswa hunter via www.mundowalmart.com.br

Gak semua beasiswa mengharuskan nilai tinggi atau menuntut kecakapan bahasa Inggris yang mumpuni. Di sini, yang dibutuhkan adalah semangat juang, pantang menyerah, serta ide-ide segar yang beda dari yang lainnya. Jangan malas untuk mencari informasi mengenai beasiswa dari internet, kampus, hingga dari rekan-rekan yang sudah lebih dulu berhasil meraih beasiswa. Belajar dari mereka tips dan trik kenapa mereka bisa berhasil. Setiap akan menyerah, selalu tanamkan pada diri sendiri “jika mereka saja bisa kenapa kamu tidak?”.

Jadi, sudah siap pergi ke luar negeri?