Beredar Daftar Iklan Ikatan Cinta sampai 123 Brand, Keuntungannya Diperkirakan Capai Rp2,1 Triliun!

iklan ikatan cinta

Kalau ibu atau saudaramu sedang nonton sinetron Ikatan Cinta, ada baiknya kamu jauh-jauh dari remote supaya nggak kena bahaya saat nggak sengaja kepencet ganti ke saluran televisi lain. Bisa-bisa perang saudara tak terhindarkan. Pasalnya penonton Ikatan Cinta ternyata cukup militan, bahkan saking nggak mau ketinggalan mereka akan rela mantengin iklan sampai muncul kembali sinetron kesayangannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya seseorang yang membuat daftar iklan di sela sinetron ini yang mencapai 123 produk.

Advertisement

Berkat iklan tersebut, sinetron produksi MNC Pictures yang tayang perdana pada 19 Oktober 2020 ini akhirnya berhasil meraup untung hingga triliunan rupiah lo. Kita simak yuk penejelasan selengkapnya!

Sinteron Ikatan Cinta sempat mencetak rating tertinggi di televisi, cerita yang berbeda jadi daya tarik sendiri

Berdasarkan data Nielsen, PT Media Citra Nusantara Tbk (MNCN) sendiri menjadi saluran televisi yang memiliki pangsa pemirsa paling kuat mencapai 33,2% pada Desember 2020 lalu. Sedangkan Sinetron Ikatan Cinta yang tayang di RCTI sempat mencapai rating tinggi pada tanggal 19 Desember 2020 dengan audience share mencapai 40,4% dan berlanjut hingga mencapai puncak pada 25 Januari 2021 dengan audience share sampai 48,3% dan rating 14,1.

Tak heran, hiburan di televisi menjadi salah satu alternatif mencari hiburan selama pandemi di mana lebih banyak orang menghabiskan waktu di rumah. Selain itu, banyak yang merasa bahwa sinetron yang satu ini memiliki alur cerita yang berbeda di banding dengan sinetron yang lainnya. Ikatan Cinta juga didukung dengan aktor dan aktris yang menjadi favorit bagi kebanyakan orang seperti Arya Saloka, Amanda Manopo, Evan Sanders, dll.

Advertisement

Banyaknya penonton yang berhasil ditarik membuat para brand ngantre buat pasang iklan di sini, hasilnya keuntungan Ikatan Cinta pun meroket

Baru-baru ini anggota grup Facebook Ikatan Cinta RCTI melalui akun Mahdaleni Abdila mengirimkan sebuah gambar di mana ia mencatat jumlah iklan selama sinetron Ikatan Cinta tayang dan jumlahnya mencapai 123 brand, mulai dari merek makanan ringan sampai sepeda motor semuanya berpartisipasi menjadi sponsor untuk sinetron ini. Hal ini yang membuat keuntungan RCTI semakin meningkat karena menurut beberapa sumber stasiun ini mematok biaya iklan Rp20 sampai Rp45 juta di regular time dan Rp100 juta per 30 detik di jam prime time. Ikatan Cinta sendiri tayang pada pukul 19.30 yang masuk ke jam prime time. Sehingga kurang lebih begini perhitungan pendapatan mereka:

Advertisement
  • Rp100 juta x 123 iklan: Rp12,3 miliar
  • Saat ini sudah ada 178 episode tayang sehingga Rp12,3 miliar x 178=Rp2,1 triliun

Estimasi tersebut belum termasuk pada iklan yang tayang pada saat sinetron berlangsung atau biasanya disebut product placement.

Walau iklan di sinetron tersebut didominasi oleh brand-brand yang sudah besar, ternyata UMKM juga bisa memasang iklan di TV dengan biaya yang cukup terjangkau

Ternyata RCTI juga menyediakan inovasi berupa RCTI Ads yang memungkinkan para pelaku UMKM memasang bisnisnya melalui iklan di televisi dengan harga terjangkau. Akan tetapi, saat ini bentuknya masih berupa iklan baris dan hanya tayang di kota tertentu. Jadi, pelaku UMKM bisa menentukan sendiri iklan seperti apa yang ingin ditayangkan, kota tempat tayang, dan waktu tayang. Wow~

Dengan tingginya  rating dan audience share yang didapatkan maka iklan akan ngantre untuk dapat jatah tayang di jam prime time tersebut. Makanya, biasanya saat rating-nya bagus maka sinetron Indonesia akan menambahkan episode demi mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Akan tetapi, ternyata sinetron Ikatan Cinta mencapai rating tertinggi baru selama dua bulan tayang dengan berbagai perbedaan yang mereka buat.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE