Info Gaji Bidan di Indonesia 2022, dari PNS Sampai yang Swasta

Bidan merupakan salah profesi yang terbatas pada kesehatan perempuan, terutama tentang reproduksi, kehamilan, hingga pasca melahirkan. Selain itu, profesi bidan juga memberikan konsultasi perawatan kepada ibu dan balita.  Lantas, berapa gaji bidan di Indonesia tahun 2022 ini?

Bekerja di rumah sakit atau puskesmas instansi pemerintah (PNS)

gaji bidan di rumah sakit swasta

Sedang melakukan USG | Foto oleh MART PRODUCTION dari Pexels

Advertisement

Tidak jauh berbeda dengan gaji PNS pada umumnya.  Bidan PNS juga mempunyai pendapatan per bulan yang ditentukan oleh pangkat serta golongan. Kamu akan berkesempatan mendapatkan gaji pokok, serta tunjangan dari negara. Biasanya, bidan PNS praktik kerja di fasilitas kesehatan milik pemerintah. 

Pangkat dan golongan gaji bidan PNS di instansi pemerintah terbagi menjadi dua, bidan terampil dan bidan ahli. 

Bidan terampil terdiri dari bidan pelaksana, bidan pelaksana lanjutan dan bidan penyelia, dan masing-masing mempunyai golongan berbeda. Yang termasuk golongan bidan terampil akan mendapat gaji mulai dari  Rp1.926.000 hingga Rp2.781.800 per bulan. 

Advertisement

Sementara itu, untuk bidan ahli juga terbagi menjadi 3, yakni bidan pratama, bidan muda dan bidan madya. Gaji yang diperoleh oleh seorang bidan ahli mulai dari Rp2.456.700 hingga Rp3.149.900 setiap bulannya. 

Gaji bidan puskesmas non PNS di rumah sakit swasta

Selanjutnya adalah pembahasan gaji bidan puskesmas non PNS. Ternyata pendapatan gaji non PNS di Rumah Sakit swasta jauh lebih besar, loh. Mereka mendapat upah per bulan mulai Rp3,24 juta sampai Rp7,70 juta per bulan.  Namun bidan non PNS tidak mendapat tunjangan. 

Gaji bidan desa

gaji bidan desa

Foto oleh Gustavo Fring dari Pexels

Advertisement

Tidak sebanding dengan gaji bidan di Rumah Sakit, seorang tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan di desa mendapat upah cukup rendah. Dari data di tahun 2021, gaji bidan desa PTT ada yang menerima hanya Rp200 ribu. Namun angka tersebut belum termasuk bonus dari desa. 

Demikianlah rincian gaji bidan di Indonesia, mulai dari PNS  instansi pemerintah, hingga yang bertugas di daerah tertinggal. Secara umum, gaji bidan D3 ini masih tergolong cukup, karena besaran ini belum termasuk bonus yang kamu terima. Semoga bermanfaat. 

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE