Rahasia menaklukkan keseluruhan hari adalah memulai sejak pagi. Orang-orang sukses mengerti bahwa mereka harus berancang-ancang sejak dini. Tengok saja perkataan mantan CEO Apple, Steve Jobs: “Aku selalu bangun di pagi hari dan bertanya pada diri sendiri: ‘Jika ini hari terakhirku di dunia, apakah aku mau melakukan apapun yang harus kulakukan hari ini?’ Jika jawabannya ‘tidak’, aku tahu aku harus mengubah sesuatu.”

Selain Jobs, masih banyak orang ternama lain yang memiliki kebiasaan pagi hari yang unik. Siapa dan apa saja mereka?

1. Steve Reinemund, mantan CEO Pepsi: berdoa di pagi hari

Steve Reinemund, CEO Pepsi: berdoa via www.businessinsider.com.au

Steve selalu menyempatkan diri untuk berdoa demi mengawali rutinitasnya. Menurut Steve, sikap berserah diri bisa membuatnya lebih sadar dan terbuka pada apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Selain berdoa, mantan CEO yang kini menjadi dekan sekolah bisnis Wake Forest University ini akan bangun jam 5 pagi, berlari sepanjang 6 kilometer. makan sarapan sambil membaca koran, dan menyempatkan diri mengobrol dengan anaknya yang masih ABG.

“Sangat penting untuk menyempatkan diri berdoa dan mengingat kata-kata Tuhan di pagi hari. Sebagai manusia, kita perlu lebih dari sekadar uang.”

-Steve Reinemund, mantan CEO Pepsi

Advertisement


2. Obie Mckenzie, Direktur Pelaksana BlackRock: mengobrol dengan istri sepanjang jalan ke kantor

Obie Mckenzie dan istri: selalu mengobrol sepanjang perjalanan ke kantor via jamaica-gleaner.com

Kesibukan Obie Mckenzie sebagai Direktur Pelaksana BlackRock — sebuah perusahaan internasional di bidang manajemen investasi — membuatnya harus menciptakan waktu khusus untuk sang istri. Selama 1.5 jam perjalanan ke kantor, ia pun akan mengobrol dengan istrinya. Obrolan mereka bisa tentang apa saja, biasanya tentang hal-hal sederhana. Obie mengatakan bahwa obrolan sederhana itulah yang dapat mempertahankan “ikatan”-nya dengan istrinya hingga sekarang.

3. Michelle Gass, CCO Kohl’s dan mantan Presiden Starbucks: bangun jam 4.30 pagi untuk lari

Michelle Gass, selalu lari dari jam 4:30 pagi via briansmale.photoshelter.com

Michelle Gass adalah otak di balik kesuksesan Starbucks Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Selama 16 tahun menjadi presiden perusahaan kopi itu, Michelle tidak pernah absen berlari pagi setiap hari. Tidak tanggung-tanggung, ia akan bangun jam 4.30 agar bisa melaksanakan aktivitas itu.

“Saya bisa sukses karena merawat diri sendiri,” kata Michelle Gass. “Dan saya melakukannya dengan berlari.”

4. Craig Newmark, pendiri Craigslist: mengangkat telepon dan mendengar keluhan pelanggan

Craigslist adalah layanan pemasangan iklan baris yang terkenal di Amerika. Pemiliknya, Craig Newmark, punya kebiasaan pagi yang unik. Dia akan terjun langsung ke bagian layanan konsumen dan mengangkat telepon. Craig akan menjawab keluhan konsumen dan memprosesnya.

“Saya menyempatkan diri mengobrol dan mendengarkan pelanggan kami. Itu membuat saya tetap rendah hati,”

– Craig Newmark, CEO Craigslist

Craig Newmark pertama kali menjelaskan kebiasaannya ini lewat forum pertanyaan di Quora. Sejak itu, beberapa CEO perusahaan lain mulai mengikuti jejaknya.

5. Tony Robbins, penulis buku motivasi dan motivator: menciptakan kalimat penyemangat baru

Anthony Robbins, menggunakan pagi untuk menyemangati diri via www.grabow.biz

Bahkan motivator seperti Tony Robbins tidak punya hidup yang sempurna. Dia harus mendedikasikan satu jam waktu paginya untuk refleksi, evaluasi, dan menciptakan kalimat penyemangat pribadi. Dia sendiri menamakan programnya “Hour of Power”.

“Saya ingin memastikan bahwa diri saya bahagia. Bukan karena kebahagiaan itu penting atau apa, tapi karena bahagia akan memudahkan hidup ketika saya sedang diberi cobaan.”

– Tony Robbins, motivator

Bagaimana denganmu sendiri? Apakah kamu selama ini sudah punya kebiasaan rutin yang baik saat pagi? Kalau belum, mulailah membangunnya dari sekarang. Jangan sampai kehilangan kesempatan!