Jeff Bezos Mundur dari Jabatan CEO Amazon, Tulis Surat untuk Karyawan Berisi Cerita dan Rencananya

jeff bezos mundur ceo

Beberapa waktu belakangan ini mungkin nama Jeff Bezos dikenal sebagai orang paling kaya di dunia yang saling menyalip dengan Elon Musk pendiri Tesla. Menyebutkan nama Jeff artinya tidak bisa dilepaskan dari jabatannya sebagai CEO Amazon yang selama ini diemban. Akan tetapi, pada 2 Februari kemarin ia mengumumkan bahwa akan mundur dari jabatannya menjadi seorang CEO di perusahaan tersebut setelah 27 tahun jatuh bangun membangun idenya dari 0.

Advertisement

Dilansir dari CNN, posisi ini selanjutnya akan dipegang oleh Andy Jassy yang merupakan CEO dari anak perusahaan Amazon divisi bisnis sistem cloud yaitu Amazon Web Service, sedangkan Jeff akan melanjutkan kariernya dengan menjabat sebagai Ketua Dewan Eksekutif Amazon.

Melalui surat yang dibagikan kepada seluruh pegawainya, Jeff menuliskan cerita awal Amazon dibentuk dan bagaimana kondisinya sekarang

Sebelum menjadi orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai $196,2 miliar, ia mengawali Amazon sebagai situs yang digunakan untuk transaksi jual beli khusus buku. Dalam suratnya yang dikirimkan kepada seluruh e-mail pegawai Amazon, Jeff juga mengaku bahwa kala itu internet belum sepopuler sekarang.

Perjalanan ini berawal sekitar 27 tahun yang lalu. Amazon hanyalah sebuah ide, dan tidak memiliki nama. Pertanyaan yang paling sering saya tanyakan saat itu adalah, ‘Apa itu internet?’ Syukurlah, saya tidak perlu menjelaskannya dalam waktu yang lama.

Advertisement

Kini perusahaannya memiliki 1,3 juta karyawan dengan ratusan juta pelanggan dan bisnis. Perusahaan ini juga menjadi salah satu perusahaan yang mampu bertahan dengan baik bahkan terus melesat walaupun sedang pandemi. Jeff menekankan bahwa perusahaannya bisa sejauh ini karena akarnya adalah ‘penemuan’ di mana ia dan seluruh pegawai melakukan hal gila bersama sampai membuatnya terasa normal.

Tak hanya menceritakan awal Amazon, ia juga menceritakan apa hal yang selanjutnya akan dikerjakan

View this post on Instagram

A post shared by Jeff Bezos (@jeffbezos)

Advertisement

Walau sudah menjadi orang paling kaya di dunia, ia tak lantas memilih untuk tak melakukan apa-apa setelah mundur di usia 57 tahun. Melalui suratnya pula, ia mengatakan bahwa akan menjabat sebagai seorang Ketua Dewan Eksekutif Amazon yang memiliki peran untuk membuat berbagai inovasi demi kemajuan perusahaan.

Peran saya sebagai Ketua Eksekutif, saya bermaksud untuk memfokuskan energi dan perhatian saya pada produk baru dan inisiatif awal.

Tak hanya itu, Jeff juga akan lebih fokus dalam pada kegiatan sosial melalui lembaga yang ia dirikan yaitu Bezos Earth Fund yang agenda utamanya adalah melindungi planet bumi.

Jeff yakin mundurnya ia dari jabatan CEO dan digantikan oleh Andy Jassy adalah pilihan yang tepat karena Andy sudah bekerja hampir selama dirinya dan terkenal di perusahaan ini sehingga Jeff percaya bahwa ia akan membawa Amazon menjadi lebih baik di tangannya. Kita tunggu saja kira-kira gebrakan apa yang akan mereka lakukan bersama-sama.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE