Botol Isi Udara Dijual Rp1,4 Juta! Ini 5 Bisnis Nyeleneh dan Mahal yang Ternyata Malah Laku~

jualan barang aneh mahal

Katanya orang kalau sudah kepepet, apa aja bisa dijual. Kalau perusahaan yang satu ini entah karena kepepet atau saking kreatifnya, mereka menjual udara. Bukan dalam bentuk tabung oksigen atau balon udara, mereka benar-benar menjual produk utama berupa udara dan menaruhnya di dalam botol. Coast Capture Air adalah sebuah perusahaan dari Inggris yang memiliki ide gila ini. Mereka bahkan berani menjual produk tersebut dengan harga yang cukup tinggi, yaitu Rp1,4 juta.

Advertisement

Ternyata bukan hanya perusahaan ini saja lo yang memiliki ide untuk menjual barang-barang yang kelihatan biasa saja atau bahkan nggak berguna dengan harga yang tinggi. Lalu, apa saja? Simak yuk selengkapnya!

1. Coast Capture Air bukan satu-satunya perusahaan yang menjual udara karena ternyata ada beberapa perusahaan lain yang menjual produk serupa

Sesuai namanya Coast Capture Air menangkap udara yang dimasukkan botol di pantai terbaik wilayah Cornwall, Inggris. Harganya yang mahal disebabkan lokasi mereka menangkap udara seringkali terpencil dan sulit untuk dijangkau. Tak hanya itu, ternyata ada juga perusahaan lain bernama Vitality Air yang juga menjual produk serupa, bedanya menereka mengambil udara dari Kanada. Dilansir dari CBC, mereka bahkan bisa memperoleh pendapatan $300,000 atau sekitar Rp4,3 miliar dalam setahun lo. Bisnis ini awalnya hanya bercandaan antara pendirinya dan dijual sebagai hadiah namun ternyata produk tersebut laku terutama di negara dengan polusi tinggi.

Advertisement

2. Barang-barang bekas yang digunakan oleh artis juga memiliki nilai jual tinggi, bahkan jika barangnya cuma setipis tisu

Fans merupakan target pasar yang empuk bagi suatu brand atau siapapun yang bisa memanfaatkannya. Buktinya tahun 1977, asisten Elvis Parsley menjual gelas berisi air sisa yang diminum Elvis setelah konser dengan harga $455 yang ketika itu merupakan nilai yang tinggi. Bukan hanya itu, tisu yang digunakan Scarlett Johansson dalam The Tonight Show juga dilelang dan berhasil dijual dengan harga $5,300. Makanya tak heran kalau seorang penggemar rela membeli album, foto, poster, atau apapun yang berhubungan dengan idolanya. Bisa kamu jadikan ide bisnis menguntungkan juga!

3. Salah satu hal penting bagi sebuah bisnis adalah website, kalau bisa mengamankan domain yang akan digunakan perusahaan kamu bisa dapat banyak cuan

Mungkin kamu sering mendengar banyak perusahaan besar yang harus membeli domain untuk bisnisnya dengan harga yang mahal karena ternyata sudah dipakai oleh orang lain. Sebagai contoh Facebook yang harus membayar $8,5 juta untuk mendapatkan facebook.com atau perusahaan QuinStreet yang harus membayar $16 juta untuk Insure.com. Ternyata banyak yang menggunakan taktik mengamankan domain ini untuk usaha lo, misalnya ketika akan ada event tertentu di tahun 2021 maka banyak yang sudah ancang-ancang membuat daftar event dan membuat domainnya demi dijual nantinya.

4. Menyediakan jasa untuk memasang iklan mungkin sudah biasa tapi kalau pasang iklannya di wajah? Ini baru nyeleneh

Tujuan suatu perusahaan memasang iklan adalah supaya promosinya dilihat orang makanya biasanya ditaruh di tempat yang strategis. Uniknya, ada saja orang yang melihat peluang ini dengan menawarkan wajahnya untuk dipasangi iklan sehingga semua orang akan melihat ke arahnya dan pensaran dengan produk yang ditawarkan. Dia adalah Kari Smith yang tinggal di Utah. Ia menawarkan sebuah perusahaan untuk memasang iklan di kening dengan bayaran $10,000 dan GoldenPalace.com menyetujui kesepakatan ini.

5. Beberapa jenis sampah memang bisa dijual tapi paling harganya tak seberapa, dengan menambahkan inovasi ternyata ada seniman yang mampu menjualnya mahal

Saat ada sampah mungkin kita langsung berpikir untuk membuangnya atau kalau lebih niat lagi memisahkan dan menjual yang bisa didaur ulang. Ternyata masih ada satu golongan dengan tingkatan paling niat yaitu yang mengelola sampah untuk menjadi produk baru dan dijual kembali. Biasanya sih sampah plastik bisa dijadikan produk fesyen tapi ternyata ada juga seniman yang menjadikannya suvenir dengan harga yang lebih tinggi lo. Justin Gignac menjual balok berisi sampah dengan harga $10 atau sekitar Rp145.000,00 dan naik 10 kali lipat setelah ada penggemar seni yang menyukai ide ini. Hal ini jadi bukti kalau ‘kemasan’ dan branding bisa menaikkan nilai jual produkmu.

Wah, ternyata barang-barang unik yang selama ini kita nggak kepikiran bisa dijual dengan branding kuat dan promosi yang penuh percaya diri ya. Bagaimana? Setelah membaca beberapa bisnis tersebut jadi dapat ide juga untuk menjual sesuatu di sekitarmu?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE