Kebanyakan lulusan SMA/sederajat ketika ditanya ingin melanjutkan kuliah ke jurusan apa, nggak jarang mereka bakal menjawab jurusan-jurusan yang populer seperti di fakultas ISIP, Ekonomi, Teknik, Bahasa, dan banyak lainnya. Jurusan-jurusan ini dipandang punya peluang yang bagus di dunia kerja nantinya. Nggak masalah jika di awalnya mesti bersaing dengan ribuan lulusan lain saat mendaftar ke jurusan-jurusan ini.

Padahal, ada beberapa jurusan kuliah yang nggak difavoritkan alias sepi peminat, tapi punya prospek yang bagus di dunia kerja kelak. Kamu, adikmu, atau saudaramu yang lagi bingung mau kuliah di jurusan apa, coba pertimbangkan jurusan-jurusan ini deh!

1. Kamu yang suka sama sejarah dan hal-hal yang berkaitan dengan peradaban kuno, jurusan Arkeologi bisa dicoba

Advertisement

Jika kamu pengen kayak Indiana Jones yang bertualang untuk menyingkap cerita yang tersimpan di balik artefak, jurusan Arkeologi cocok untukmu. Di jurusan ini, kamu akan diberi pemahaman tentang sejarah, terutama peradaban kuno di mana masyarakatnya belum mengenal huruf dan angka.

Selepas lulus, kamu bisa bekerja sebagai Arkeolog di instansi pemerintah seperti Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala dan Pusat Perawatan Arsip, peneliti di badan-badan penelitian seperti LIPI atau Arkeologi Nasional (ARKENAS), jurnalis, hingga pegawai museum.

2. Dengan belajar di jurusan Desain Produk, kamu akan diberi keterampilan untuk menghasilkan karya berupa produk inovatif yang bisa langsung dipasarkan

desain produk via www.its.ac.id

Di jurusan Desain Produk, kamu akan mempelajari perencanaan dan perancangan produk yang nggak hanya fokus pada estetika produk saja, tapi juga pada nilai kegunaannya. Kamu dituntut untuk berinovasi dan menciptakan produk yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat.

Advertisement

Lulus dari sini, kamu bisa bekerja sebagai desainer produk industri di pabrik, jasa konsultasi desain produk pada pengusaha, periset desain produksi, atau merintis usaha sendiri.

3. Kamu yang tertarik dengan teknik pengobatan tradisional, bisa daftar di prodi Pengobatan Tradisional. Dijamin kelak bisa racik obat herbal sendiri!

pengobatan tradisional via malangtoday.net

Keunikan program studi ini adalah kamu akan mempelajari berbagai metode pengobatan tradisional yang menggunakan bahan-bahan yang didapat dari alam dan diolah sendiri. Kamu akan diajari teknik meracik obat herbal, akupunktur, akupresur, teori yin dan yang, plus pengetahuan tentang gizi.

Jika sudah lulus nanti, kamu bisa berkarir di berbagai lembaga riset, di klinik dan rumah sakit, atau membuka usaha pengobatan tradisional.

4. Meski metalurgi kalah populer, tapi prospek kariernya nggak kalah menjanjikan jika dibandingkan dengan jurusan teknik yang lain

teknik metalurgi via akupintar.id

Untuk kuliah di jurusan ini, paling nggak kamu mesti punya ketertarikan pada logam dan mesin. Di jurusan Teknik Metalurgi, kamu aka mempelajari sifat-sifat kimia yang terkandung dalam logam sekaligus fungsinya masing-masing untuk kehidupan sehari-hari. Selain ekstraksi logam, metalurgi juga mempelajari produksinya.

Beberapa industri yang memerlukan tenaga metalurgi adalah otomotif, pertambangan, elektronik, transportasi, penerbangan, bahkan semen dan pupuk.

5. Penyuka matematika dan statistika, bisa belajar di jurusan aktuaria yang prospek kerjanya nggak kalah mumpuninya

aktuaria via akupintar.id

Di jurusan ini, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer untuk pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Bidang matematika seperti ini kerap disebut “Matematika Asuransi”.

Jangan khawatir, pemerintah Indonesia kini mewajibkan setiap perusahaan asuransi mempunyai minimal satu orang aktuaris yang bisa jadi peluang kariermu kelak.

6. Jurusan Oseanografi ini sebenarnya punya peran penting, hanya saja kurang populer. Padahal wilayah Indonesia yang sebagian besar terdiri dari lautan sangat membutuhkan lulusan Oseanografi lo!

oseanografi via m.brilio.net

Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena laut yang dapat diaplikasikan ke banyak bidang, seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana. Perubahan iklim dan dinamika situasi laut juga masih punya peluang untuk dipelajari.

Lulusan Oseanografi bisa bekerja sebagai coastal modeler, oceanographic surveyor, metocean engineer, hydrographic surveyor, oceanographer, marine seismic navigator (offshore navigator), marine environmental scientist, dan masih banyak lagi.

Lagipula, dengan mencoba peruntungan untuk mendaftar di jurusan-jurusan ini, sainganmu tentu lebih sedikit ketimbang jika kamu mendaftar di jurusan lain yang lebih populer. Tapi, baiknya kamu survei dulu, mengingat jurusan nggak terkenal yang prospeknya bagus ini hanya ada di kampus-kampus tertentu. Semoga sukses, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya