6 Waktu Terbaik Kirim Lamaran Kerja Via Email. Niscaya Peluang Dipanggil Interview Makin Besar

Kapan kirim lamaran kerja

Selain memperhatikan isi CV, kamu juga perlu mempertimbangkan waktu pengirimannya. Soalnya kalau ngasal, bisa-bisa lamaranmu malah ketumpuk dengan pesaing lain dan jadi lebih lama di proses. Padahal, makin cepat diproses, makin cepat pula kamu dipanggil untuk menghadiri wawancara.

Advertisement

Nah, biar lamaranmu bisa langsung dicek oleh HRD, cobalah kirim di beberapa waktu terbaik berikut. Bahkan, beberapa ahli dan perekrut pun juga sudah mengiyakannya lo!

1. Kalau bisa, segera kirim lamaran di hari yang sama saat loker dipublikasikan

hari yang sama via www.scotsmanguide.com

Biasanya, di hari pertama lowongan kerja dipublikasikan, lamaran yang masuk baru sedikit. Nah, kamu mesti mengambil kesempatan ini supaya bisa diundang untuk datang wawancara. Agar bisa mengirim lamaran di hari pertama, siapkan CV dari jauh-jauh hari. Jadi, kalau ada info lowongan yang sesuai minat, kamu hanya perlu menyunting cover letter-nya saja.

2. Lamaran yang dikirim di hari kerja akan lebih cepat mendapat respon dan jawaban

hari kerja via www.glassdoor.co.uk

Di akhir pekan, biasanya HRD akan jarang membuka email. Nah, kalau nggak mau lamaranmu menumpuk dan nunggu lama, mending tunggu hingga Senin aja. Alasannya sebenarnya sederhana, hanya karena ini merupakan hari pertama di mana HRD akan mengecek seluruh pekerjaan melalui email untuk seminggu ke depan.

Advertisement

3. Sedangkan pukul 06.00 hingga 10.00 merupakan jam terbaik untuk mengirim lamaran

jam terbaik via www.jobscan.co

Di jam-jam ini, biasanya perekrut belum disibukkan dengan pekerjaan, sehingga mereka akan menghabiskan waktunya untuk menyortir email masuk lebih dulu. Nah, kalau lamaranmu bisa langsung dicek kan berarti peluang untuk dipanggil pun juga jadi lebih cepat.

4. Kamu juga bisa mengirimkan lamaran sekitar pukul 12.30 selepas jam makan siang

selepas makan siang via www.usnews.com

Selain pagi, HRD juga akan mengecek email setelah jam makan siang. Usahakan jangan mengirim lamaran di atas pukul 14.00. Selain kemungkinan diliriknya kecil, email yang masuk pada pukul ini juga biasanya akan dibuka keesokan harinya.

5. Agak mengejutkan, Desember justru jadi bulan paling tepat untuk mengirimkan lamaran kerja

Ya, ini memungkinan sebab biasanya perusahaan akan melakukan evaluasi akhir tahun mengenai SDM mereka. Jadi, jika SDM dirasa kurang memadai, perusahaan akan mulai membuka lowongan di akhir tahun. Meski jadi bulan terbaik, kamu pun harus mampu dan siap bersaing. Sebab, kebanyakan karyawan juga akan memilih untuk resign dan mencari pekerjaan baru (memulai karier baru) di bulan Desember ini.

6. Tapi, jika kamu ingin melamar di bidang kreatif, akhir pekan justru bisa kamu manfaatkan untuk menyebar lamaran pekerjaan

pekerja kreatif via amactraining.co.uk

Beda dengan pemerintahan, industri kreatif cenderung lebih fleksibel terhadap jam kerja. Makanya, nggak perlu khawatir nunggu lama jika memang kamu baru sempat kirim email di akhir pekan. Tapi baiknya, pastikan kamu membuat CV yang kreatif, supaya HRD pun melirik lamaranmu.

Setiap kirim lamaran pekerjaan, pastikan kamu selalu menuliskan subjek dan body email, ya! Jangan lupa juga untuk mengecek kelengkapan informasi dan berkasnya. Nah, karena HRD hanya melihat CV-mu sekilas, kamu perlu membuatnya lebih maksimal lo!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE