6 Alasan Kenapa Bulan Desember Jadi Waktu yang Tepat untuk Melamar Kerja. Yuk, Siapkan CV-nya!

Melamar kerja bulan Desember

Meski lapangan kerja bisa dibilang cukup banyak, nyatanya masih banyak orang yang kesulitan mendapatkan pekerjaan. Nggak heran, banyak pengangguran yang rela menghabiskan waktunya untuk melamar kerja dan nggak melewatkan setiap kesempatan yang ada. Tapi, tahukah kamu sebenarnya kapan waktu yang punya kesempatan besar untuk melamar pekerjaan? Ya, dari semua bulan yang ada, Desember merupakan waktu yang tepat.

Advertisement

Meskipun Desember identik dengan liburan, berikut beberapa alasan yang menjadikan Desember adalah waktu tepat untuk mencari kerja.

1. Kesempatan lebih terbuka, karena banyak perusahaan yang tengah mencoba mengantisipasi kebutuhan tenaga kerja dengan membuka rekrutmen

kesempatan lebih terbuka via student.blog.dinus.ac.id

Sebagian besar perusahaan akan menargetkan satu posisi baik yang kosong maupun yang baru agar sudah terisi sebelum bulan Januari. Sehingga di awal tahun nanti, perusahaan sudah siap bekerja dengan optimal. Nah, mumpung ada kesempatan ini, jangan lewatkannya begitu saja!

2. Karena banyak yang lebih memilih liburan, persaingan pun jadi lebih rendah

persaingan lebih rendah via www.idntimes.com

Kalau yang daftar kerja lebih sedikit, perekrut pun akan lebih teliti membaca berkas lamaranmu. Untuk itu, manfaatkan kesempatan ini dengan membuat aplikasi lamaran kerja sebaik mungkin agar dilirik oleh perekrut.

Advertisement

3. Kamu juga akan dianggap lebih tekun dan punya peluang selangkah lebih maju

dianggap lebih tekun via mojok.co

Mencari pekerjaan di akhir tahun — yang notabene adalah waktunya berlibur, memberimu kesempatan untuk maju selangkah lebih di depan dibanding mereka yang menunda cari kerja. Kamu juga akan dianggap lebih tekun oleh perekrut karena rela menghabiskan akhir tahun untuk nggak melewatkan kesempatan yang ada. Bagi sebagian perusahaan, ketekunan dianggap sebagai karakter yang bisa membuat seseorang lebih produktif.

4. Akhir tahun juga bisa kamu manfaatkan untuk memperluas networking

perluas networking via www.bizjournals.com

Biasanya Desember dimanfaatkan beberapa kantor untuk menggelar acara. Pada momen ini, kamu bisa mencoba mendekati orang baru dan memperluas jaringan sosialmu. Barangkali, ketika sedang asyik mengobrol kamu ditawari pekerjan yang mengiurkan. Kan, lumayan tuh!

5. Di akhir tahun, suasana hati perekrut juga sedang baik lo!

rekruter baik via www.newmillennia.co.uk

Umumnya, di suasana liburan seperti ini, mood perekrut sedang baik-baiknya. Kamu pun jadi mudah melewati proses pemeriksaan dokumen yang biasanya sangat ketat. Karena lebih bahagia, mereka pun jadi lebih berempati dan memberimu kesempatan untuk melakukan proses wawancara.

Advertisement

6. Kamu akan dianggap sebagai kandidat pertama yang paling niat

pelamar yang baik via www.ihire.com

Karena lebih cepat melamar, maka profilmu akan lebih awal di-review. Kalau memenuhi syarat, bisa jadi kamu akan jadi orang pertama yang dipanggil untuk wawancara. Makanya, jangan tunda sampai awal tahun!

Kalau kamu justru berhenti mencari kerja di akhir tahun, bisa-bisa motivasimu malah menurun. Akibatnya, kamu jadi nggak semangat lagi mencari kerja. Mumpung sedang banyak kesempatan, yuk gunakan peluang ini sebaik-baiknya. Siapkan CV-mu gih, semangat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE