Daftar 16 Kegagalan Elon Musk. Ditolak Kerja sampai SpaceX dan Tesla yang Nyaris Bangkrut

kegagalan elon musk

Kalau menyebut nama Elon Musk, berbagai deskripsi dengan kesan positif mungkin akan menyelimutinya; inovatif, orang terkaya selain Jeff Bezos, punya mimpi yang kadang nyeleneh tapi berhasil membuktikan bahwa ia mampu mendapatkannya, serta apa yang ia lakukan langsung jadi tren misalnya saja berkomunikasi melalui Clubhouse. Akan tetapi, ternyata di balik itu semua, Elon Musk nyatanya juga manusia biasa yang sempat mengalami berbagai kegagalan ketika sedang dalam perjalanan meraih mimpinya.

Advertisement

Bukan cuma sekali dua kali tapi pahitnya ditolak dan harus memulai bangkit lagi sudah Elon Musk alami berkali-kali. Bahkan ada yang (dengan rajin) membuat daftar panjang tentang hal ini. Simak yuk ulasan lengkapnya berikut ini!

Elon Musk rupanya sudah mengalami penolakan dan kegagalan sejak tahun 1990-an sampai tahun 2000-an

Elon sudah mulai merasakan pahitnya penolakan sejak tahun 1995 dan kembali merasakan penolakan-penolakan lain hingga tahun 2000.

  • 1995: Ia ditolak saat mendaftar perusahan jasa komputer bernama Netscape, namun dari situ ia malah bertekat untuk membuat perusahaannya sendiri.
  • 1996: Ia bersama saudaranya Kimbal Musk membuat perusahaan sendiri dengan nama Zip2 namun ia justru dipecat dari perusahaan yang ia dirikan tersebut.
  • 1999: Ketika mendirikan X.com dan berubah menjadi PayPal setelah merger dengan Confity, ternyata penemuan ini dianggap sebagai 10 ide bisnis terburuk. Di tahun yang sama, ia juga mengalami kecelakaan dengan McLaren F1 yang nilainya $1 juta saat itu.
  • 2000: Ketika Paypal mulai berkembang, ia malah dipecat dari sana dan parahnya hal ini terjadi ketika ia sedang berbulan madu. Masih di tahun yang sama, ia hampir meninggal karena terserang malaria ketika berlibur.
Advertisement

Tahun 2001 cerita penolakan itu rupanya terus berlanjut tapi obsesinya akan Mars sudah mulai diwujudkan melalui SpaceX

View this post on Instagram

A post shared by SpaceX (@spacex)

Sudah jadi rahasia umum bahwa sosok Elon Musk terobsesi akan kehidupan di Mars, ia bahkan ingin membawa manusia untuk tinggal di sana.

Advertisement
  • 2001: Ia meminta kepada Rusia untuk menjual roket kepadanya supaya ia bisa mengirim tikus atau tanaman ke Mars tapi Rusia menolaknya.
  • 2002: Ia kembali meminta Rusia untuk menjual roketnya tapi permintaan itu kembali ditolak. Hal ini yang memotivasinya untuk mendirikan SpaceX.
  • 2006: Akhirnya ia bersama SpaceX meluncurkan roket pertamanya tapi ketika itu pula ledakan pertama juga terjadi.
  • 2007: Pantang menyerah, tahun ini ia kembali meluncurkan roket keduanya dan kegagalan kedua pun ia dapatkan, roketnya meledak lagi.
  • 2008: Apakah ia kapok? Tentu tidak. Roket ketiga diluncurkan dan mengalami kegagalan kritis bersama dengan satelit NASA.

Tesla yang membawa namanya menjadi orang terkaya saat ini ternyata sempat memiliki berbagai kendala juga

Pada tahun 2003, Elon mendirikan Tesla yang merupakan sebuah perusahaan otomotif dan penyimpanan energi. Walau terdengar lancar tapi ternyata mengalami masalah juga.

  • 2008: Tesla dan SpaceX hampir bangkrut pada bulan Desember.
  • 2013: Kembali lagi ke masalah roket, ternyata kali ini roket yang diluncurkan jatuh di laut.
  • 2014: Tesla Model S memiliki permasalahan dengan pembakaran baterai yang spontan.
  • 2015: Roket keempat diterbangkan dan lagi-lagi mengalami ledakan tapi kali ini ketika baru diluncurkan. Tak hanya itu, ledakan kedua dan ketiga terjadi lagi ketika mendarat di drone ship.
  • 2016: Mobil Tesla model X mengalami keterlambatan pengiriman lebih dari 18 bulan.
  • 2016: Ledakan roket yang kelima terjadi saat diluncurkan bersama dengan satelit Facebook untuk Afrika dengan nilai $300 juta.
  • 2016: Kegagalan kritis roketnya kembali terjadi saat sedang mendarat di drone ship.

Wah, ternyata seorang Elon Musk pun melakukan kegagalan yang sebegitu banyaknya ya. Kayaknya hampir setiap tahun ada saja yang terjadi. Walaupun mungkin ia tak takut kehilangan uang, namun kegagalan berkali-kali yang terjadi secara berurutan biasanya akan tetap saja membuat seseorang jera. Nyatanya Elon tak demikian, ia tetap mau melakukannya lagi dengan kegagalan yang berbeda. Buktinya, kini ia tetap bisa jadi orang terkaya di dunia.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE