Belum lama ini majalah Forbes mengeluarkan daftar wanita-wanita terkaya di dunia edisi 2017. Daftar ini mengalami peningkatan lantaran dari 2043 daftar seluruh orang terkaya tanpa membedakan jenis kelamin, terdapat 227 wanita di antaranya yang masuk peringkat. Jumlah ini jelas bertambah karena tahun lalu hanya 202 wanita yang masuk di dalamnya.

Siapa saja para wanita hebat yang mampu bersaing dengan para pria di dunia? Tentu mereka bukan sembarang wanita yang telah cukup lama terjun di dunia bisnis. Supaya kamu nggak tambah penasaran dan bisa dengan segera mengetahui sepak terjang para wanita hebat ini, langsung saja yuk simak ulasannya.

1. Peringkat pertama dimiliki oleh Liliane Bettencourt – pemilik saham terbesar untuk L’Oreal dan The Body Shop dengan kekayaan bersih USD39,5 miliar

yang punya perusahaan kosmetik ternama via overtbuzz.com

Percaya atau tidak, wanita yang telah mewarisi perusahaan make-up raksasa L’Oreal ini menjadi wanita terkaya di dunia edisi 2017. Dengan total kekayaan bersih USD39,5 miliar dia pun menjadi orang terkaya di dunia dengan urutan nomor 14. Meski sudah tak lagi berada dalam jajaran L’Oreal dan digantikan cucunya pada 2012, tetap saja harta Liliane Bettencourt masih memuncaki posisi pertama sebagai wanita terkaya.

Di usianya yang sudah 94 tahun, Bettencourt memang masih suka terlibat dalam industri kecantikan. Di sisi lain, dia juga disibukkan dengan aksi sosialnya dengan membangun yayasan Bettencourt’s Foundation yang mengedepankan ilmu pengetahuan alam dan seni. Keberhasilannya ini tak lepas dari jerih payahnya sejak kecil. Ketika sang ayah – Eugene Schuller membangun L’Oreal dari nol, saat itulah Bettencourt mulai aktif bergabung di usia 15 tahun. Setelah ayahnya meninggal, dia pun mengambil alih perusahaan dan membuat berbagai terobosan. Salah satunya menjadikan L’Oreal sebagai perusahaan go public agar terkenal di seluruh dunia. Sikapnya yang berani mengambil keputusan ini patut kamu contoh ya!

2. Meski lebih menyenangi seni dibanding bisnis, Alice Walton tetap saja berperingkat 2 sebagai wanita terkaya di dunia dengan kekayaan USD33,8 miliar

Advertisement

sangat menyukai seni via overtbuzz.com

Lain halnya dengan Liliane Buttencourth yang berkontribusi langsung dalam perusahaan warisan ayahnya, tidak demikian dengan Alice Walton. Putri pemilik Walmart ini tidak turun langsung dalam memajukan perusahaan ritel terbesar itu. Walton disibukkan dengan hobi seninya yang sangat besar. Selain sibuk mengoleksi lukisan, Walton menyalurkan kecintaannya terhadap seni melalui pembukaan Museum di Arkansas, Amerika Serikat bernama ‘Crystal Bridhes Museum’.

Seni adalah hobi. Namun, sebelum waktu walton diisi dengan seni, dia pernah menjadi seorang analis dan membuka bank investasi ‘Llama Company’ pada 1988 yang sayangnya harus tutup 10 tahun kemudian. Meski begitu, Walton tetap semangat menjalani hidupnya.

3. Yang suka ngemil, sudah tahu belum kalau yang punya cokelat M & M – Jacqueline Mars bisa punya harta sebesar USD27 miliar cuma gara-gara usaha itu?

usahanya permen cokelat via masricos.com

Tahu cokelat M & M? Nah, Jacqueline Mars adalah salah satu pewarisnya. Bersama dua saudaranya, Forest dan John Mars mereka memiliki saham warisan permen cokelat Mars Inc sejak 1999 dari sang ayah. Memiliki perusahaan keluarga yang telah dibangun sejak 1931 tidak membuat Mars besar diri. Karena terbukti bersama saudaranya dia mendirikan Mars Foundation yang bertujuan aktif memberikan beasiswa pendidikan, lingkungan, budaya dan kesehatan.

4. Di balik kesuksesan suami, ada istri hebat di belakangnya. Ya, dia adalah Maria Franca Fissolo yang kini kekayaannya USD25,3 miliar

yang punya nutella via www.ilgiornale.it

Jika kamu sering mendengar ungkapan ‘di balik kesuksesan suami, ada istri hebat di belakangnya’ mungkin kata-kata itu tepat untuk menggambarkan sosok Maria Franca Fissolo. Dia adalah wanita yang selalu berada di samping mendiang pengusaha sukses Michele Ferrero. Setelah suaminya meninggal, dia mendapat limpahan kekayaan yang begitu banyak dan menjadi tanggungjawabnya. Sontak, dunia bisnis menoleh kepada Fissolo.

Walau begitu, Fissolo tak senang menjadi pusat perhatian. Dia menyibukkan diri dengan bisnis peninggalan sang suami agar lebih berkembang. Selain menjadi co-owner dari perusahaan Ferrero SpA, dia juga menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO). Perusahaan manufaktur cokelat ini terkenal menghasilkan produk cokelat seprti Nutella, Kinder Eggs, Kinder Chocolate, Ferrero Rocher, dan Mon Cheri.

5. Ini nih wanita otomotif terkaya dunia – Susanne Klatten dengan kekayaan bersih USD20,4 miliar dari BMW

tiru yuk sepak terjangnya via www.stern.de

Posisi nomor 5 ditempati Susanne Klatten – wanita asal Jerman yang menguasi saham mobil BMW bersama saudaranya Stefan Quandt dan ibunya Johanna Quandt. Sebelum terjun di BMW, dia telah mendapat gelar bisnis keuangan dan bekerja di agensi periklanan Young & Rubicam di Franfurt sejak 1981-1983. Sebelumnya dia pun pernah mengikuti kursus marketing dan manajemen di University of Buckingham, dan mendapat gelar MBA dari IMD di Lausanne spesialis periklanan.

Kariernya tak berhenti di sana, karena selanjutnya dia coba bekerja di Dresdner Bank, cabang konsultan manajemen McKinsey, Munich dan bank Reuschel & Co. Namun, ketika sang ayah meninggal, Klatten mewarisi 50% saham di manufaktur kimia dan farmasi Altana dan menjabat sebagai dewan komisaris. Tak main-main dengan tanggungjawab yang diemban, Klatten membawa perusahaan itu menjadi perusahaan kelas dunia. Dan hingga kini dia menyibukkan diri bersama saudara mengurus BMW sejak 1997 sebagai dewan supervisi.

6. Ingat Steven Jobs? Kenalin Laurene Powell Jobs – janda Steven Jobs yang sekarang jadi wanita paling tajir nomor 6 dengan kekayaan USD20 miliar dari peninggalan suami

janda steven jobs via www.nytimes.com

Sepeninggal suaminya – Steven Jobs, Laurene Powell Jobs mendapatkan limpahan kekayaan senilai USD14 miliar yang saat ini telah menjadi USD20 miliar. Harta berlimpahnya itu tak serta-merta membuatnya menjadi seorang janda yang ogah-ogahan bekerja. Lulusan sarjana seni/ilmu pengetahuan dari University of Pennsylvania Wharton School ini tetap aktif menyisakan waktunya dalam bidang sosial. Maklum, wanita yang juga mendapat gelar master di bidang bisnis administrasi Stanford Graduate School of Business ini memang sejak dulu memiliki jiwa sosial tinggi. Dia juga terkenal aktif mendukung para imigran dan masih aktif berinvestasi. Beberapa di antaranya Apple dan Disney, serta dia mendirikan Laurene Powell Jobs Trust untuk mengelola lebih dari 130 juta saham di sebuah perusahaan hiburan.

7. Gina Rinehart – wanita terkaya dari Australia yang terkenal dengan kegigihannya memimpin perusahaan keluarga di bidang tambang berharta USD15 miliar

perusahaan bijih besi yang dia dimiliki via www.skynews.com.au

Gina Rinehart mewarisi perusahaan tambang bijih besi dari ayahnya bernama Hancock Prospecting. Meski mendapat warisan, Rinehart juga dikenal sebagai pebisnis ulung dan pekerja keras. Sehingga ditangan Rinehart perusahaan ayahnya mampu berkembang dengan sangat baik. Dia pun tak segan memberikan kritik keras kepada masyarakat agar mau memperbaiki hidup. Salah satunya mengajak siapapun agar mulai berhenti minum-minuman keras, rajin bekerja, dan kurangi merokok. Baginya, hal itulah yang menjadi penyebab kenapa selama ini kehidupan lebih setiap orang masih sulit tercapai.

8. Kalau pria ada Warren Buffet, kubu wanita ada Abigail Johnson – sang investor handal dengan kekayaan bersih USD14,4 miliar

investor handal via www.wsj.com

Sepak terjang karier Abigail Johnson tidak main-main. Wanita paruh baya yang terkenal akan kepandaiannya berinvestasi ini didapat dari keluarga. Ya, perusahaan Fidelity Worldwide Investment yang didirikan kakeknya ini diteruskan hingga ke Johnson sebagai Chairman. Johnson juga menjabat sebagai Vice Chairman di Fidelity Management and Research LLC (FMR), dan presiden di Fidelity Investments Personal and Workplace Investing. Kehidupannya sendiri memang terbilang baik, namun hal itu tak membuatnya betah berada di zona nyaman.

Dia tetap mengenyam pendidikan untuk mendapat gelar MBA di Harvard University dan pernah bekerja sebagai konsultan. Ketika bergabung di Fidelity Investments pun dia tak langsung menduduki posisi tinggi, melainkan sebagai analis. Dia juga pernah menjadi anggota Komite Regulasi pasar Modal, anggota Dewan Direksi Securities Industry and Dewan Direksi Securities Industry and Financial Markets Association (SIFMA). Johnson menjadi presiden Fidelity Financial Services dan CEO Fidelity Investments setelah ayahnya, Edward “Ned” Johnson, mundur dari jabatannya.

Ternyata kehidupan 8 wanita terkaya di dunia ini nggak cuma santai-santai menikmati apa yang sudah dimiliki. Mereka tetap berusaha, meng-upgrade ilmu, dan mengedepankan jiwa sosial yang tinggi. Meski banyak cercaan dan pernah mengalami hal-hal buruk seperti bangkrut atau diremehkan, mereka tak putus asa. Yuk tiru semangat mereka!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya