4 Jawaban yang Mesti Dipersiapkan saat Ditanya Alasan Melamar Pekerjaan oleh Rekruter

alasan melamar pekerjaan

“Boleh diceritakan ke saya, apa alasan anda melamar pekerjaan di kantor kami?”

Advertisement

Sebagai seorang jobseeker, tentu kamu pernah dong ditanyai rekruter dengan pertanyaan di atas? Memang, setiap orang punya jawaban masing-masing versi mereka ketika ditanya mengenai alasan melamar ke suatu perusahaan tertentu, namun nggak semuanya bisa diterima oleh rekruter lo!

Nah, supaya interview-mu berlanjut baik dan kamu jadi kandidat yang layak dipertimbangkan, coba jawab pertanyaan di atas dengan beberapa pilihan jawaban berikut.

1. Jika perusahaan yang dilamar cukup terkenal, kamu bisa menyebut bahwa perusahaan ini merupakan salah satu leading di industrinya

tunjukan antusias | Photo by www.inc.com

“Saya tertarik karena perusahaan X ini merupakan salah satu yang saat ini mampu bersaing di sektornya.”

Advertisement

Tapi sebelum mengatakan hal ini, ada baiknya jika kamu sudah melakukan riset terlebih dahulu. Kamu juga bisa menambahkan alasan yang menyebut bahwa potensi untuk berkembang akan lebih baik.

2. Hubungkan juga keahlian dan pengalaman bekerjamu pada posisi yang dilamar

alasan melamar pekerjaan

hubungkan dengan keahlian | Photo by www.careers.govt.nz

“Sebelumnya saya pernah bekerja sebagai Content Writer, ketika melihat perusahaan ini membuka lowongan untuk mengisi posisi tersebut, saya berniat mencobanya.”

Advertisement

Jika ingin terlihat meyakinkan saat ditanya alasan melamar pekerjaan oleh recruiter, berilah korelasi antara pekerjaan sebelumnya dengan yang kamu lamar saat ini. Berusahalah untuk menunjukkan kepada pewawancara bahwa kamu punya keahlian yang mereka butuhkan. Meski kamu punya banyak pengalaman, ceritakan secara singkat namun tak melewatkan poin pentingnya. Fokuslah pada beberapa kemampuan yang kamu jadikan sebagai kunci. Jika perlu, jelaskan saja skill dan pengalaman yang telah kamu tuangkan di CV.

Jika kamu fresh graduate dan belum punya pengalaman kerja, jawab saja dengan proyek atau skill yang kamu miliki saat ini. Yang terpenting tetap punya hubungan, ya, dengan pekerjaan yang kamu lamar saat ini.

3. Yakinkan pewawancara bahwa pekerjaan ini penting dan bisa membuat kariermu makin bagus

membuat karir makin bagus | Photo by www.glassdoor.com

“Menjadi bagian dari PT. X merupakan salah satu hal yang saya inginkan, karena dari cerita yang saya dengar perusahaan ini bisa membuat karier makin bagus.”

Tunjukan bahwa posisi yang kamu lamar benar-benar bisa membuatmu makin survive. Meski jangan berlebihan, namun kamu bisa bisa menunjukkan totalitasmu pada posisi yang memang kamu lamar. Jangan sampai kamu berkata bahwa pekerjaan ini hanya kamu gunakan untuk mengisi waktu luang atau sebagai batu loncatan saja.

4. Tunjukkan juga bahwa kamu merasa tertantang bekerja di perusahaan ini

alasan melamar pekerjaan

anggap sebagai tantangan | Photo by www.rd.com

“Industri kreatif merupakan lapangan kerja yang challenging dan membuat saya merasa tertantang karena dituntut untuk terus berpikir kreatif.”

Alasan ini akan makin meyakinkan jika sebelumnya kamu pernah mengenyam pendidikan yang sama. Atau, setidaknya kamu pernah magang dan memiliki pengalaman kerja yang bisa jadi pertimbangan. Tapi jika kamu memang belum pernah punya pengalaman di bidang yang sama, tunjukkan bahwa kamu memiliki kemampuan belajar cepat dan mau menerima masukan.

Itu dia 4 jawaban yang bisa kamu berikan jika ditanya mengenai alasan melamar pekerjaan oleh recruiter. Baiknya sesuaikan jawaban di atas dengan kondisimu. Usahakan menjawab dengan tenang dan nggak gelagapan agar pewawancara makin percaya. Nah, biar nggak salah jawab kamu perlu melakukan riset terhadap perusahaan dan posisi yang akan kamu lamar juga, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE