Kisah Sukses Bintang Sepak Bola Legendaris, Lionel Messi. Semua Berawal dari Serbet Makan!

Kisah sukses Lionel Messi

Siapa yang nggak kenal Lionel Messi? Pemain sepak bola asal Argentina ini memiliki nama besar. Bahkan orang yang nggak terlalu suka sepak bola saja tahu sosok Messi. Pemain timnas Argentina ini lahir di kota Rosario, Argentina dengan nama lengkap Lionel Andres Messi Cuccittini.

Advertisement

Sebelum menjadi pemain seperti sekarang, pemain berusia 33 tahun ini memang memiliki bakat dan ketertarikan lebih pada sepakbola semenjak belia. Messi kecil bahkan merupakan pemain unggulan yang bergabung dengan tim junior Newell’s Old Boys dari tahun 1995 sampai tahun 2000. Tapi siapa sangka, kehidupan dan kesuksesan Messi melambung tinggi setelah ia pindah ke tim junior Barcelona. Simak yuk bagaimana perjalanan kariernya!

Nggak banyak orang yang tahu kalau karier dan kesuksesan hidup Lionel Messi ‘berawal’ dari serbet makan

Serbet makan untuk transaksi Messi/Credit: Pandit Football via www.panditfootball.com

Bagi sebagian orang, serbet makan berfungsi sebagai perlengkapan makan. Namun bagi beberapa orang serbet makan jadi hal yang penting. Salah satu orang yang meraih kesuksesan berkat serbet makan adalah Lionel Messi. Diceritakan proses perpindahan Messi dari tim junior Newell’s Old Boys ke Barcelona berjalan cukup alot.

Saat kesepakatan mulai menemui titik terang, Direktur Teknik Barcelona, Carles “Charly” Rexach dan Messi kebingungan untuk menulis surat keterangan resmi karena nggak ada kertas. Yang ada di tempat itu hanyalah serbet makan. Alhasil perjanjian tersebut ditulis di atas serbet makan tersebut. Dalam serbet tersebut tertulis kesepakatan perpindahan Messi pada tanggal 14 Desember 2000. Siapa sangka kan, kesuksesan seorang Messi berawal dari serbet makan?

Advertisement

Messi memiliki bakat bermain bola sejak kecil, namun ia mengasahnya dengan kerja keras dan latihan. Hasilnya ia menjadi pencetak skor Barcelona terbanyak sepanjang sejarah klub tersebut

Lionel Messi sedang menggiring Bola/Credit: Instagram via www.instagram.com

Messi adalah pemain yang dikenal lincah dan sangat berbakat memainkan bola. Hal tersebut merupakan bakat alami yang dimiliki Messi sejak lahir. Namun Messi sadar bahwa kesuksesan hanya bisa diraih dengan kerja keras. Selama bergabung dengan tim Barcelona, para penggemar sepak bola melihat tahun demi tahun perubahan Messi. Semua itu adalah hasil kerja kerasnya.

Hasil dari kerja keras tersebut mulai terlihat. Sampai hari ini Messi adalah pemain dengan gol terbanyak Barcelona sepanjang sejarah. Karena kesuksesannya di klub, Messi kemudian diangkat menjadi kapten di timnas Argentina. Di usia 21 tahun Messi sudah dinominasikan untuk Ballon d’Or dan Pemain Terbaik Dunia FIFA. Semua kesuksesan yang diterima Messi sejak masih muda adalah hasil kerja keras dengan memberikan seluruh kemampuannya sepanjang permainan. Nggak heran ada kegembiraan tersendiri saat kita melihat bola berada di kaki Messi.

Sempat diremehkan karena posturnya yang pendek, Messi membuktikan diri bahwa ia memiliki mental yang kuat. Ia juga selalu belajar menerima kekalahan yang memberinya prestasi sebagai pemain terbaik dunia tiga kali

Advertisement

Messi memegang piala penghargaan/Credit: Instagram via www.instagram.com

Karier Messi nggak selalu berjalan mulus. Ia bahkan pernah diremehkan oleh pemain lain karena posturnya yang pendek. Selama bertahun-tahun ia selalu berhadapan dengan pemain-pemain tangguh berpostur lebih besar darinya. Hal tersebut adalah rintangan sekaligus pecutan bagi karier Messi. Ia berhasil membuktikan diri lebih baik dari orang-orang yang berpostur lebih tinggi darinya. Messi adalah pemain dengan mental sekuat baja.

Selain bermental kuat, Messi juga adalah orang yang legowo dan mampu menerima kekalahan seburuk apapun kegagalan tersebut. Pada tahun 2012 nama Messi sempat dihujat dan hancur setelah ia dan tim Barcelona kalah dari Chelsea pada Liga Champions. Messi kemudian berhasil bangkit dari keterpurukan. Hasil dari perilakunya tersebut adalah prestasi. Messi menjadi pemain keempat yang memenangkan tiga piala Ballon d’Or dan pemain kedua yang memenangi Ballon d’Or dua kali berturut-turut pada tahun 2010 dan 2011.

Hal yang membedakan Messi dengan rivalnya adalah sikap rendah hati dan loyalitas yang ia berikan pada klub yang telah membesarkan namanya. Messi terhitung telah 16 tahun berkarier di tim profesional Barcelona

Lionel Messi setia pada Barcelona/Credit: Instagram via www.instagram.com

Nggak seperti kebanyakan pemain sukses lain, Messi adalah pemain yang cukup loyal. Jika pemain lain sering berpindah-pindah klub, Messi adalah sosok yang setia dengan klub Barcelona. Sudah banyak klub lain yang menawarinya pindah dengan penghasilan yang jauh lebih besar, namun ia tetap setia dengan Barcelona. Terhitung Messi telah 16 tahun sejak 2005 membela tim profesional kota Katalonia tersebut.

Meski begitu Messi adalah sosok pemain yang rendah hati. Ia nggak banyak bicara kasar. Perlakuannya begitu lembut dan rendah hati. Messi juga merupakan sosok pesepak bola yang sering membantu orang yang kesulitan. Sebab menurut Messi, kesuksesan bukan soal uang, namun soal kesempatan membantu orang yang sangat membutuhkan.

Nah, itu dia kisah sukses dan hal yang bisa kita petik dari sosok Lionel Messi. Semoga saja Messi bisa terus berkarier dan kembali memperlihatkan permainan terbaiknya lagi pada para penggemar sepak bola di seluruh dunia. Amin!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE